3 Cara untuk Tetap Termotivasi di Tempat Kerja

Beberapa orang termotivasi secara intrinsik dan memiliki sedikit kesulitan untuk maju dengan pekerjaan yang sulit—terlepas dari apakah mereka mendapat pengakuan atau tidak. Tapi tidak semua orang. Banyak orang tidak tahan diremehkan ketika bekerja keras selama berjam-jam.
Merasa kurang dihargai di tempat kerja? Jika Anda ingin membalikkannya dan mendapatkan lebih banyak pujian dan pengakuan yang layak Anda dapatkan, satu hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah membiarkan kinerja Anda menurun.
Menurut Gallup dari pekerja Amerika, 65% orang melaporkan merasa kurang dihargai di tempat kerja. Dan perasaan itu mengarah pada kenegatifan, moral rendah, dan produktivitas menurun.
Jadi, jika Anda merasa kurang dihargai, setidaknya Anda tidak sendirian. Tetapi dengan itu, berikut adalah beberapa hal praktis yang dapat Anda lakukan untuk menghindari berkubang dalam keputusasaan dan tetap termotivasi.

Fokus pada Kemenangan Kecil
Kita semua pernah mengalami hari-hari di mana sepertinya tidak ada yang berjalan sesuai keinginan kita. Disinilah peran mencari kemenangan kecil akan sangat membantu.
Ketika Anda mencari kemenangan kecil, Anda memaksa otak Anda untuk berhenti secara otomatis berfokus pada rangsangan negatif. Ini melawan bias negatif dan membantu Anda lebih sadar akan hal-hal positif yang sedang terjadi.

Motivasi Diri Anda Dengan Tujuan
Hal yang indah tentang menjadi manusia adalah bahwa Anda memiliki kapasitas untuk menetapkan tujuan Anda sendiri dan menemukan kegembiraan dalam mencapainya. Bahkan, Anda bisa menumbuhkan penghargaan diri.
Karena Anda tidak mendapatkan banyak umpan balik positif dari atasan Anda, Anda mungkin harus menetapkan tujuan Anda sendiri dan melacak kemajuan Anda.
Ketika Anda melakukan ini, Anda dapat menciptakan motivasi internal. Meskipun ini tidak dapat sepenuhnya menggantikan dorongan positif dari atasan, ini berfungsi sebagai penghiburan kecil untuk membuat Anda terus maju selama masa-masa sulit.

Kenali Signifikansi Pekerjaan Anda
Banyak orang merasa kurang dihargai dan kurang motivasi karena gagal melihat pentingnya pekerjaan mereka. Meskipun pada akhirnya terserah pada atasan Anda untuk menyampaikan signifikansi ini, Anda mungkin harus melakukan refleksi Anda sendiri jika Anda tidak mendapatkan dukungan apa pun di area ini.
Pada awalnya, Anda mungkin berpikir tugas tertentu tidak berguna, tetapi gali lebih dalam. Anda tidak hanya melakukan panggilan penjualan. Anda melakukan panggilan penjualan untuk menjual produk yang akan memberikan nilai bagi bisnis orang lain. Jika mereka membeli produk, itu akan membantu mereka mengembangkan bisnis mereka dan menghidupi keluarga mereka. Ini juga akan menambah keuntungan perusahaan Anda, yang akan mengarah pada pertumbuhan dan peluang baru bagi Anda dan rekan kerja Anda.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk mendorong motivasi, meskipun kurangnya penghargaan dalam pekerjaan Anda saat ini. Kuncinya adalah menumbuhkan rasa percaya diri, bahkan ketika tidak ada orang lain yang memberi Anda dorongan yang Anda dambakan.
Penting juga bagi Anda untuk melakukan bagian Anda dalam membangun budaya tempat kerja yang mengutamakan penghargaan. Bahkan jika Anda tidak berada dalam peran manajerial atau kepemimpinan, Anda masih dapat melakukan hal-hal kecil yang membuat orang merasa dihargai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.