MEMPERSIAPKAN TIGA JENIS MODAL UTAMA DALAM MENJALANKAN BINIS AGAR MAMPU BERSAING DENGAN KOMPETITOR

Pada kesempatan ini konsultan bisnis surabaya membahas mengenai modal dalam pengembangan bisnis yang akan dipaparkan pada artikel yang ada di bawah ini.

Apakah Anda ingin menjadi seorang pebisnis sukses? Tentu saja dan pasti jawabannya adalah iya, menjadi seorang pebisnis sukses merupakan impian bagi banyak orang. Dan untuk hal ini adalah karena melihat kesuksesan dari setiap orang-orang yang banyak terekspose sudah menjadi pengusaha sukses dan tentunya kaya.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang pebisnis sukses tidak bisa semudah seperti apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang, Anda harus bekerja lebih keras dan harus bermental baja, serta tahan banting agar bisa menjadi seorang pebisnis yang berhasil dan sukses. Selain itu juga dibutuhkan adanya modal yang harus Anda persiapkan sebelumnya untuk bisa membuka bisnis sendiri. Sehingga Anda akan benar-benar siap untuk terjun langsung ke dunia bisnis yang sesungguhnya.

Untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses, modal yang paling utama adalah berupa pengetahuan dan uang memang sangat diperlukan, namun itu bukanlah satu-satunya yang terpenting. Menurut Rahyono (2011), terdapat modal yang jauh lebih penting dari keduanya dan sangat mendukung keberhasilan dari sebuah bisnis, lalu apa saja modal-modal tersebut? Mungkin baru kali ini Anda akan mendengarnya, dan berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa jenis dari modal-modal tersebut.

1. Modal Kemampuan Kreativitas yang Lebih Unggul.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa dalam dunia bisnis yang sebenarnya, persaingan antar sesama pebisnis sudah semakin ketat dan para kompetitor tentunya memiliki strateginya masing-masing mengembangkan bisnisnya. Sehingga sebagai seorang pebisnis yang nantinya, Anda harus dapat bersaing dengan para kompetitor tersebut dalam usaha untuk bisa memenangkan pasar. Salah satu modal terpenting yang harus Anda miliki untuk memenangkan persaingan tersebut adalah berupa kemampuan kreativitas. Kreativitas sangat penting dalam dunia bisnis, apalagi jika Anda memiliki keterbatasan.

Lalu bagaimana caranya untuk memperoleh modal kreativitas tersebut? Menurut seorang ahli, kreativitas dapat diperoleh dengan cara terus berlatih. Beberapa kegiatan yang dapat melatih kreativitas Anda adalah seperti berpikir kreatif dengan cara bermain game, mencoba sesuatu yang baru, berpikir metafora. Atau dengan menggunakan teori SCAMPER. Teori SCAMPER merupakan kegiatan substitusi, modifikasi, analog, magnifi, put other use, eliminasi, reverse. Misalnya Anda ingin membuat sebuah produk, maka Anda dapat mengambil produk lama atau produk orang lain, kemudian Anda modifikasi sendiri terhadap produk tersebut, sehingga mampu memberikan nilai tambah tersendiri.

2. Mengandalkan Modal Kepribadian.

Yang dimaksud dengan kepribadian di sini adalah Anda harus menyadari apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri Anda, mengetahui apa saja yang menjadi hobi, pengendalian emosi yang baik, memiliki empati yang lebih tinggi dan motivasi yang juga tinggi. Motivasi akan mampu membantu Anda dalam bertahan dan berjuang. Modal kepribadian sebenarnya bukanlah sebuah warisan dari orang tua, Anda harus menyadarinya lalu terus berlatih, berlatih dan melatihnya lagi dan melalui berbagai tahapan proses yang dapat menjadi pembelajaran tersendiri. Memahami dengan benar tentang apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri, namun masih tetap ingat bahwa Anda juga tidak boleh terlalu sombong atas apa saja yang menjadi kelebihan dari diri sendiri.

3. Mengandalkan Modal Profesionalitas.

Modal lain yang tidak kalah pentingnya adalah sikap profesionalitas. Profesionalitas yang dimaksudkan disini adalah profesionalisme dalam bidang pelayanan yang akan diberikan terhadap para pembeli dan profesionalisme perusahaan dalam membuat produk.

Profesionalitas hanya dapat dicapai dengan cara lebih tekun dan teliti dalam mengerjakan apapun, memahami keseluruhan dari proses dan memiliki pengawasan yang lebih baik. Karena itulah, sebagai seorang calon pebisnis sukses, Anda harus berpikir tentang perencanaan yang lebih matang, kemudian mengeksekusi rencana tersebut dengan lebih teliti dan benar sehingga hasil yang akan didapatkan juga akan lebih baik.

Dengan bermodalkan kreativitas, kepribadian, dan profesionalitas yang baik, maka Anda akan bisa mendapatkan berbagai keunggulan dan kemudahan dalam menjadi seorang pebisnis yang sukses. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda memiliki dasar-dasar pengetahuan dan kemampuan lainnya. Untuk mendukung mengembangkan bisnis Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang apa saja yang perlu untuk dipersiapkan sebagai modal utama dalam menjalankan sebuah bisnis, agar Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai artikel diatas dan ingin merapikan bisnis anda dengan system manajemen yang rapid an teratur, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di wa 081-252-982900. Kami siap membantu merapikan bisnis anda.