«

»

Mei 24

ENAM  LANGKAH SUKSES MENDIRIKAN SUPERMARKET

Soft Opening Hanmart Supermarket - Wadung Asri, SurabayaMendirikan supermarket memang tidak mudah kalau tidak tahu caranya. Membutuhkan waktu yang sangat panjang sebab dalam pendirian supermarket seorang pebisnis akan diributkan antara lain : soal bangunan supermarket, soal manajemen supermarket itu sendiri yang terdiri dari banyak hal antara lain pencarian orang yang mengelola, system manajemennya bagaimana, system Informasi teknologinya bagaimana, system category management barangnya bagaimana, serta lain-lainnya. Begitu rumit persoalannya sehingga menyebabkan banyak pebisnis yang tidak sanggup melakukan hal ini, dan pada akhirnya menyerah dan tidak jadi membuka supermarket yang diidamkan.

Kedua ada yang tidak memikirkan hal-hal tersebut di atas, dan langsung tubruk begitu saja. Memang supermarketnya sempat berdiri, sempat ramai dan sayangnya kemudian tutup. Tutup bukan karena pemiliknya kewalahan mengurusnya, tetapi tutup karena bangkrut oleh sebab-sebab ketidak telitian pemilik yang sempat bonek dan meremehkan dalam melakukan set up manajemen supermarket itu sendiri. Contoh ini sudah banyak terjadi, seperti di Palembang sebuah toko supermarket bahan bangunan yang sekarang diambil alih oleh Mitra 10, supermarket itu bangkrut setelah beberapa bulan beroperasi. Sebabnya adalah…ternyata supermarket mengalami banyak kerugian ketika supermarket lakukan grand opening.

Bagaimana langkah-langkahnya agar sukses mendirikan supermarket yang kayaknya begitu ribet bagi pebisnis. Semoga  beberapa tips di bawah ini bisa membantu:

  1. Persiapkanlah pendirian supermarket ini dengan matang dan sebaik-baiknya supaya tidak terlalu keburu-buru, seperti inginnya buka menjelang lebaran sebab momennya pas, tetapi kalau tidak siap sebaiknya jangan melakukan hal ini. Bagi supermarket yang sudah punya pengalaman seperti Carrefour, Gyant, Hero serta lainnya boleh saja karena memiliki tim yang sudah solid, yang dikombinasikan antara tim lama dan baru. Tetapi bagi yang belum pernah mendirikan supermarket sebaiknya jangan coba-coba.
  2. Siapkan atsmofir supermarket sedemikian rupa agar suasana berbelanja menjadi nyaman sehingga membuat betah para pengunjung. Caranya panggilah desain interior yang cukup berpengalaman mendesain ruangan supermarket dengan mempertimbangkan space komersial dan non komersiap. Space di supermarket sangat berharga untuk disewakan pada supplier, sehingga menambah manfaat bagi pebisnis. Selain desain interior, rak , serta asesoris lainnya tambahlah ruangan itu dengan music pilihan.
  3. Siapkanlah data supplier sedemikian rupa, supaya barang-barang yang akan dimasukan di supermarket minimal memiliki barcode, sehingga memudahkan pemberian harga di barang-barang. Kenapa harus melakukan persiapan begitu matang untuk berhubungan dengan supplier, kebangkrutan yang terjadi karena di bagian ini kurang diurus dengan cermat. Sehingga banyak barang yang salah harga. Prosedur untuk supaya valid harga barang-barang itu, sediakan barcodenya, input harga di master barang dengan benar. Baru barang-barang dimasukan ke area toko setelah penempelan barcode dan harga benar-benar sudah dicek sudah benar.
  4. Bangun manjemen supermarket dengan sebaik-bainya. Buatlah struktur organisasi, job description karyawan dan job spesifikasi karyawan, SOP perusahaan, Reward & punisment berupa KPI kerja. Semua ini untuk bisa menyediakan SDM yang tepat dan serba professional. Karena pencarian SDM tidak mudah untuk saat ini.
  5. Siapkanlah software sebagai bagian dari manajemen sehingga transaksi bisa dilakukan dengan baik. Mulai dari mesin kasir, sampai dengan admin support yang teridiri dari bagian pembelian, penjualan, akunting, bagian gudang dan lain-lain yang saling terintegrasi. Dengan adanya software maka operasional supermarket bisa dilakukan dengan baik dan lancar.
  6. Lakukanlah soft opening, sekali lagi soft opening dan jangan grand opening. Kenapa begitu, ketika pertama kali supermarket buka, karyawan kita baru saja dalam posisi belajar. Khususnya bagian kasir, bagian gudang dan pramuniaga. Siapkanlah waktu dengan baik agar mereka lancar mengoperasikan toko, dan lakukan grand opening jika dipastikan semua yang mengoperasikan supermarket telah siap. Hal ini tentu saja untuk mencegah terjadinya kekacauan, kecurangan dan ketidaklancaran.

Design Flyer Opening Hanmart

 

Mudah-mudahan artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca, investor dan para peminat investasi di bidang ritel. Apabila pembaca membutuhkan informasi tambahan serta bimbingan bagaimana melakukan set up Supermarket dengan sukses, silahkan hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com, konsultan kami siap akan membantu. (Frans M. Royan)

 

 

 

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>