PENTINGNYA MEMULAI PERSONALISASI OMNICHANNEL

Personalisasi omnichannel adalah salah satu tren terpanas dalam pemasaran saat ini.

Dan, untuk alasan yang bagus – karena konsumen mengalihkan pengeluaran mereka ke saluran online dan menuntut pengalaman yang dipersonalisasi terlepas dari saluran yang mereka gunakan, menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi di semua titik kontak fisik dan digital menjadi semakin penting.

Dengan membuat pengalaman yang disesuaikan untuk setiap pengunjung di semua saluran, Anda dapat meningkatkan hubungan Anda dengan mereka dan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak produk atau layanan.

Apa itu Omnichannel?

Omnichannel adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman pelanggan yang konsisten, terintegrasi, dan saling berhubungan di semua saluran. Ini termasuk interaksi online, tatap muka, dan seluler. Agar berhasil, perusahaan perlu memastikan bahwa semua saluran mereka terintegrasi dan bekerja sama untuk memberikan pesan dan pengalaman yang konsisten.

Omnichannel menjadi semakin penting karena pelanggan memiliki lebih banyak pilihan terkait cara mereka berbelanja dan berinteraksi dengan merek. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, pelanggan mengharapkan perusahaan untuk menemui mereka di mana mereka berada dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Dengan menggunakan strategi omnichannel, perusahaan dapat menyediakan pelanggan mereka dengan kenyamanan dan personalisasi yang mereka minta.

Baca juga : cara membuat rencana pemasaran omni channel yang efektif di 2023

Apa itu Personalisasi Omnichannel?

Personalisasi Omnichannel adalah praktik menyesuaikan pengalaman pelanggan dengan kebutuhan dan preferensi pembeli individu di semua titik kontak dalam perjalanan pelanggan.

Dengan kata lain, ini menciptakan pengalaman yang lancar dan terkoordinasi bagi pelanggan terlepas dari bagaimana atau di mana mereka berinteraksi dengan merek Anda.

Dengan personalisasi omnichannel, bisnis bisa mendapatkan tampilan 360 derajat dari pelanggan mereka dan interaksi mereka dengan merek. Hal ini memungkinkan bisnis untuk membuat pengalaman individual yang tertarget untuk setiap pelanggan yang lebih cenderung mengubah mereka menjadi penggemar setia.

Manfaat Personalisasi Omnichannel

Di dunia di mana pelanggan dapat membeli barang hampir dari mana saja, semakin penting bagi bisnis untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi – di setiap titik kontak.

Ada banyak manfaat personalisasi omnichannel.

Pertama, ini dapat membantu perusahaan lebih memahami pelanggan dan kebutuhan mereka. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta penjualan dan konversi yang lebih tinggi. Akhirnya, itu juga dapat membantu perusahaan menciptakan keunggulan kompetitif dengan membedakan pengalaman pelanggan mereka dari pesaing mereka.

1. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Salah satu manfaat utama dari pengalaman omnichannel yang dipersonalisasi adalah membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih mulus.

Dengan mempertimbangkan berbagai titik kontak yang dimiliki pelanggan dengan merek, bisnis dapat memastikan bahwa setiap interaksi disesuaikan dengan masing-masing individu. Hal ini tidak hanya membuat pelanggan merasa dihargai tetapi juga membuat mereka lebih mungkin untuk terus berbisnis dengan perusahaan.

Pada akhirnya, personalisasi omnichannel adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong penjualan.

2. Konversi dan Penjualan Lebih Tinggi

Manfaat utama kedua dari personalisasi omnichannel adalah konversi dan penjualan yang lebih tinggi. Ketika pelanggan merasa dipahami dan dihargai, mereka lebih cenderung melakukan pembelian.

Faktanya, studi terbaru menemukan bahwa semakin banyak pelanggan (69 persen) menginginkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan konsisten di berbagai saluran, baik fisik maupun digital. Selain itu, bisnis yang mempersonalisasi pendekatan omnichannel mereka melihat peningkatan penjualan tahunan.

Meskipun ada banyak manfaat dari pengalaman omnichannel yang dipersonalisasi, konversi dan penjualan yang lebih tinggi adalah salah satu yang paling signifikan. Dengan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, bisnis tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan dan nilai seumur hidup pelanggan tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka.

3. Biaya Akuisisi Pelanggan Lebih Rendah

Mendapatkan pelanggan baru bisa menjadi usaha yang mahal, dan bisnis selalu mencari cara untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan.

Baca juga : strategi omni channel untuk Distributor yang ingin usahanya langgeng

Manfaat lain yang paling signifikan dari pengalaman omnichannel yang dipersonalisasi adalah dapat membantu menurunkan biaya akuisisi pelanggan. Dengan menciptakan pengalaman khusus yang memenuhi kebutuhan pelanggan di setiap titik kontak, merek dapat membangun loyalitas, meningkatkan retensi pelanggan, dan mengurangi churn.

Selain itu, personalisasi omnichannel juga dapat membantu merek untuk menargetkan pengeluaran iklan mereka dengan lebih baik, menghasilkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik dan penggunaan anggaran pemasaran yang lebih efisien.

Meskipun ada banyak manfaat personalisasi omnichannel, penting untuk diingat bahwa kunci sukses adalah memahami pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan. Hanya dengan benar-benar mengetahui audiens Anda, Anda dapat berharap untuk menciptakan jenis pengalaman yang dipersonalisasi yang akan membuat mereka kembali lagi.

Hambatan untuk Personalisasi Omnichannel

Personalisasi adalah elemen kunci dari setiap strategi pemasaran yang berhasil, tetapi mungkin sulit dicapai di tingkat omnichannel. Ada sejumlah hambatan yang dapat mencegah pemasar memberikan pengalaman yang dipersonalisasi omnichannel kepada pelanggan mereka.

  1. Pertama, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bisnis saat ini adalah bagaimana menciptakan pengalaman pelanggan omnichannel yang sesungguhnya. Dengan begitu banyak saluran yang dapat dipilih – online, di toko, seluler, email, surat langsung, dan media sosial – mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Dan bahkan jika Anda memiliki rencana, melaksanakannya bisa menjadi suatu tantangan. Itu karena personalisasi bukan hanya tentang mengetahui preferensi pelanggan Anda; ini juga tentang memiliki alat dan data yang tepat untuk memastikan bahwa setiap interaksi relevan dan menarik.
  2. Kedua, ada masalah silo data. Di sebagian besar organisasi, data pelanggan tersebar di berbagai departemen dan sistem, sehingga sulit untuk mendapatkan pandangan holistik tentang pelanggan. Tanpa satu tampilan pelanggan, sulit untuk memberikan pengalaman omnichannel.
  3. Ketiga, ada tantangan untuk membuat pesan yang konsisten di seluruh saluran. Sulit untuk memastikan bahwa pesan yang sama disampaikan di semua saluran, dan ini dapat menyebabkan ketidakkonsistenan dalam pengalaman pelanggan.
  4. Terakhir, ada masalah konflik saluran. 68% pembuat keputusan mengatakan bahwa tim mereka mengalami peningkatan konflik saluran sebagai akibat dari lebih banyak penjualan omnichannel. Di banyak organisasi, tim yang berbeda bertanggung jawab atas saluran yang berbeda, seperti email, web, dan seluler. Hal ini dapat menyulitkan untuk menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan yang berpindah antar saluran. Setiap tim mungkin memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda, yang dapat mempersulit untuk menyelaraskan tujuan bersama dalam memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Hal ini dapat mempersulit penyelarasan strategi omnichannel dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Ini hanyalah sebagian dari tantangan paling umum yang dihadapi pemasar saat mencoba memberikan pengalaman yang dipersonalisasi pada tingkat omnichannel. Namun, mereka yang mampu mengatasi tantangan ini akan memiliki posisi yang baik untuk memenangkan pelanggan yang cerdas saat ini.

Info lanjutan silahkan klik di SINI : info lanjutan

Akhir Kata

Personalisasi bukan lagi barang bagus untuk bisnis – ini adalah kebutuhan. Dalam lanskap persaingan saat ini, pelanggan mengharapkan pengalaman yang terpadu dan dipersonalisasi di setiap titik kontak, dan bisnis yang tidak memenuhi harapan tersebut akan segera tertinggal. Di situlah personalisasi omnichannel masuk.

Personalisasi Omnichannel adalah praktik memberikan pengalaman yang mulus dan dipersonalisasi kepada pelanggan di semua titik kontak – online, di dalam toko, seluler, dll. Ini berarti mempertimbangkan data pelanggan dari semua saluran dan menggunakannya untuk menciptakan pengalaman tertarget dan individual yang memenuhi setiap kebutuhan pelanggan.

Dengan personalisasi omnichannel, bisnis dapat memberikan pengalaman yang konsisten dan nyaman yang menghasilkan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Bimbingan dan pendampingan Strategi omni channel, silahkan hubungi di 081252982900. Kami siap membantu.

Semoga bermanfaat bagi pembaca, apabila ingin mendapat informasi lebih lanjut atau informasi mengenai pelatihan seperti :

  1. Profesional gromming & Negosiasi
  2. Handling objection & technique closing
  3. Body language in selling skill
  4. Sales territory mnanagement
  5. Mengelola piutang penjualan
  6. Sales supervisory management
  7. Leadership & Managerial skill
  8. Distributorship management
  9. Trik menembus Target

Silahkan hubungi kami di 081252982900. Atau KLIK DI SINI untuk dapatkan VIDEONYA.