TANTANGAN DAN OPTIMASI PADA PROSES PICK AND PACK DALAM GUDANG

Proses pick and pack atau pengambilan dan pengemasan adalah salah satu proses penting dalam gudang yang dapat memengaruhi tingkat pesanan sempurna Anda. Kegagalan dalam mengoptimalkannya akan menyebabkan pemenuhan pesanan tertunda dan, pada akhirnya, mengurangi kepuasan pelanggan. Jadi, pada artikel ini, kami akan membahas definisi dari proses pick and pack, tantangan yang terkait dengannya, dan beberapa cara untuk mengoptimalkan proses tersebut.

Apa itu Proses Pick and Pack?
Proses pengambilan dan pengemasan adalah prosedur mengumpulkan barang pesanan dari inventaris dan mengemasnya untuk pengiriman. Proses ini adalah salah satu aktivitas pertama dalam proses pemenuhan pesanan dan sangat penting dilakukan dengan efisiensi tinggi untuk mempertahankan tingkat pesanan yang sempurna di perusahaan.
Prosesnya dimulai dengan menemukan dan memilih barang pesanan dengan cara yang paling efisien dan akurat. Kemudian, item melanjutkan ke proses pengepakan, yang menggabungkan dan mengemasnya dengan aman. Ini untuk memastikan mereka menjangkau pelanggan dalam kondisi bebas kerusakan.

Apa Tantangan dalam Proses Pick and Pack?
Menurut buku Warehouse Management, oleh Gwynne Richards, proses pick and pack terdiri sebanyak 45% dari total biaya operasional. Dengan kesalahan dan ketidakefisienan, proses ini dapat meningkatkan pengeluaran Anda lebih jauh dan berdampak negatif pada proses pemenuhan pesanan. Berikut ini adalah daftar tantangan yang dapat menyebabkan proses pengambilan dan pengemasan menjadi tidak efisien dan mahal:

1. Inventaris Tidak Akurat
Memiliki catatan inventaris yang tidak akurat dapat menyebabkan penjadwalan yang salah dan waktu tunggu yang lebih lama. Misalnya, jika pencatatan stok tidak diperbarui atau data persediaan yang dimasukkan tidak benar, hal ini dapat menyebabkan kebingungan dalam proses pemenuhan pesanan mengenai jumlah stok yang tersedia.

2. Berbagai Faktor Yang Meningkatkan Turn Arounud Time (TAT)
TAT untuk proses pengambilan dan pengemasan mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk mengambil, menggabungkan, dan mengemas item yang dipesan. TAT dapat meningkat karena alasan seperti penempatan produk yang salah, metode pengambilan yang tidak efisien, gudang yang tidak terorganisir, dll. Peningkatan TAT dapat menghasilkan tingkat pengambilan dan pengemasan yang lebih rendah, yaitu jumlah unit yang diambil dan dikemas per jam kerja standar. Ini menunda pemenuhan pesanan, karena pengiriman tidak diambil dan dikemas dengan segera, dan ini pada akhirnya menyebabkan berkurangnya kepuasan pelanggan.

3. Informasi Produk Hilang
Kurangnya informasi produk dapat menyebabkan proses pengambilan dan pengemasan yang tidak efisien karena data sangat penting untuk melakukan proses ini secara efektif. Beberapa data penting yang harus Anda lacak termasuk tetapi tidak terbatas pada:
• Jumlah total SKU menurut kategori produk
• Jumlah rata-rata baris per pesanan & unit per pesanan
• Item yang sering dijual bersama
• Grup produk, seperti grup berbahaya, suhu, dan bernilai tinggi
• Dimensi dan berat produk, dll.

Berikut adalah bagaimana kurangnya informasi produk dapat berdampak negatif pada proses pengambilan dan pengemasan.
• Untuk proses pengambilan. Tidak memiliki akses ke informasi produk seperti jumlah rata-rata baris per pesanan & item yang dijual bersama dapat menyebabkan pemilihan metode pengambilan yang tidak efisien. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan peningkatan waktu pengambilan dan pengemasan serta penundaan pemenuhan pesanan.
• Untuk proses pengemasan. Detail yang hilang seperti kerapuhan dan berat produk dapat menyebabkan kemasan tidak aman yang tidak dapat menahan penanganan selama pengiriman. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan menerima produk yang rusak, yang menyebabkan berkurangnya kepuasan pelanggan dan meningkatkan biaya logistik terbalik.

Bagaimana Mengoptimalkan Proses Pick and Pack di Gudang?

1. Memanfaatkan Teknologi Seluler untuk Meningkatkan Akurasi Inventaris
Persediaan gudang dapat dipelihara secara akurat dengan memanfaatkan teknologi seluler seperti pemindai kode batang & RFID. Berbeda dengan entri data manual menggunakan pena dan kertas, yang rentan terhadap kesalahan manusia, pemindaian barcode atau RFID memungkinkan Anda memiliki cara yang hampir bebas dari kesalahan untuk memasukkan data ke dalam sistem.
Selain itu, jika jaringan nirkabel diatur dengan benar dan pemindai seluler mampu berkomunikasi secara nirkabel dengan sistem manajemen inventaris, jumlah stok dapat diperbarui secara real time segera setelah kargo dipindai dan diambil. Ini memungkinkan gudang untuk selalu memiliki penghitungan inventaris terkini sehingga penjadwalan pesanan seakurat mungkin. Ini juga memungkinkan manajer gudang memiliki visibilitas waktu nyata, yang dapat membantu mereka membuat keputusan bisnis yang efektif.

2. Tata Letak Gudang yang Optimal
Ada korelasi langsung antara tata letak gudang yang efisien dan waktu perputaran yang berkurang. Sebuah desain gudang yang optimal membantu mengurangi waktu tunggu proses pengambilan dan pengemasan, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya operasional.
Untuk mengoptimalkan tata letak gudang, disarankan untuk melakukan Analisis ABC. Melakukan analisis ini akan memungkinkan Anda menempatkan produk paling populer (bernilai tinggi) secara strategis berdasarkan volume pesanan di lokasi gudang yang paling mudah diakses.
Setelah melakukan latihan ini, item dapat ditempatkan, diambil, dan dikemas dengan lebih efisien, sehingga menghasilkan waktu penyelesaian yang lebih optimal.

3. Mengadopsi Business Intelligence untuk Memanfaatkan Data
Karena operasi gudang menahan dan menghasilkan data dalam jumlah besar, penting untuk melacak berbagai data ini karena ini dapat membantu meningkatkan efisiensi proses gudang seperti pengambilan dan pengemasan.
Ini dapat dicapai dengan mengadopsi Business Intelligence, karena teknologi ini mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data produk di dasbor yang mudah dipahami. Manajer gudang kemudian dapat menggunakan data ini untuk membuat keputusan bisnis yang tepat dan mengoptimalkan proses pengambilan dan pengemasan.

Mengoptimalkan proses pengambilan dan pengemasan dapat membantu manajer gudang merampingkan operasi, mencapai tingkat pesanan sempurna yang lebih tinggi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kami harap artikel ini membantu Anda memahami tantangan yang terkait dengan proses tersebut dan cara mengatasinya.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pendampingan dalam pembenahan gudang dan membutuhkan software WMS, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.