↑ Kembali ke Training Scedule

November

KIAT SUKSES MENGELOLA PIUTANG CUSTOMER

Durasi : 1 Hari ( Pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB)

Tempat :  Surabaya, Jakarta, Bandung (Hotel Menyusul)

Event : Terselenggara minimal 12 Orang.

Harga : Rp 1.500.000,- / Peserta.  5 Peserta (1 group) @ Rp 1.000.000,-

Peserta  : Sales Representatif, Collector, Sales Manager, Owner Distributor atau Kepala cabang.

Hubungi : 031-33311179/ 0818521172

©Summary Silabus

Memberikan kredit pada customer seringkali menimbulkan dampak yang tidak di inginkan jika sales force tidak bisa mengelola piutang dagang customer tersebut dengan baik. Seringkali terjadi, karena tidak rutinnya sales force/collector untuk menagih, membuat customer kurang persiapan jika ditagih diluar jadwal. Selain itu pemberian produk yang diluar estimasi juga merupakan peluang terjadinya kredit macet pada konsumen. Selain itu kurangnya fokus dalam pengelolaan piutang dagang customer ini, juga bisa memicu kantor cabang merugi yang disebabkan kurang dilakukan audit piutang dagang di lapangan, skedule kerja collector yang kurang memadai dan kurangnya kontrol pihak atasan secara kesinambungan. Problem piutang dagang bad debt akan menjadi bom waktu jika tidak segera dikeola dengan baik, khususnya dalam pemantauannya. Pada pelatihan ini para peserta akan diberikan banyak pengetahuan bagaimana mengelola piutang dengan baik dan benar, melakukan berbagai pencegahan terhadap piutang bad debt, melakukan tindakan apabila terdapat piutang bermasalah, mengatur proporsi yang harus ditanggung jika terjadi piutang bad debt, serta hal lainnya dalam pengelolaan piutang yang akan menjadi bekal pimpinan cabang, sales supervisor maupun salesman/ collector itu sendiri agar terhindar dari kerugian akibat customer tidak membayar.

MATERI PELATIHAN

Peran piutang penjualan bagi perusahaan dan bagaimana memperlakukannya ( Kenapa AR (Piutang Customer) harus dikelola, Financial cyrcle, Alur sales dan alur kredit, status piutang penjualan, bagaimana memperlakukan piutang penjualan over due dan bad debt, mencatat transaksi penjualan, kesalahan pencatatan dan dampaknya)

Strategi mengelola Piutang penjualan (Track record, matrix prilaku debitur, gunakan route plan tagihan, lakukan negosiasi, melihat isyarat kebohongan customer, gunakan managemen persediaan, gunakan strategi pola kerja, Strategi mengelola piutang penjualan melalui audit lapangan, langkah-langkah audit lapangan, problem yang terjadi setelah audit lapangan, kendala audit lapangan, manfaat audit lapangan)

Strategi mengelola piutang bermasalah dan mencegah piutang bad debt (Mengelola piutang penjualan bermasalah, penyebab piutang bermasalah, dampak piutang penjualan bermasalah, gejala awal piutang penjualan bermasalah, reaksi penerima kredit dan reaksi pemberi kredit, Langkah-langkah selamatkan piutang bermasalah, mencegah piutang bad debt)

Performance sales force, aturan main dan tanggung jawab Sales force (Performance sales force Vs piutang penjualan, Tujuan memasukan AR (Piutang Customer) dalam performance, Gunakan grafik AR (Piutang Customer), rapatkan pengelolaan piutang penjualan, aturan main dan tanggung jawab sales force, Prosedur pelaporan piutang penjualan hilang, Shock terapi piutang penjualan)

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor  cabang, Sales supervisor (Calon pimpinan cabang) dan collector dalam mengelola piutang dagang customer.
  2. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor  cabang , Sales supervisor (Calon pimpinan cabang) dan collector arti pentingnya pengelolaan piutang penjualan terhadap keberlangsungan usaha di kantor cabang.
  3. 3.     Memberikan pemahaman mengenai managemen piutang dagang secara keseluruhan untuk pimpinan cabang, sales supervisor dan collector agar kantor cabang terus meningkat secara penjualan meskipun penjualan tetap dilakukan secara kredit.

METODE PELATIHAN

Ceramah Interaktif, pemutaran film, latihan/workshop & contoh kasus.

BERMINAT MENGIKUTI PELATIHAN INI?
SILAHKAN ISI FORM  PERMINTAAN TRAINING & KONSULTASI!

===================================================================================================================

SALES SUPERVISORY MANAGEMENT

(Menjadi Sales Supervisor Hebat dan Handal Di Perusahaan)
Durasi : 2 Hari ( Pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB)

Tahun: 2015

Tempat :  Surabaya, Jakarta, Bandung (Hotel Menyusul)

Event : Terselenggara minimal 12 Orang.

Harga : Rp 2.750.000,- / Peserta.  5 Peserta (1 group) @ Rp 2.500.000,-

Peserta: Pimpinan cabang, Sales Manager, Sales Supervisor (Calon sales supervisor) dari kantor cabang/Dealer/ Distributor/Agen

®Summary Silabus

Kegagalan utama dalam memastikan kinerja Kantor Cabang/Dealer/Distributor/Agen sesuai dengan keinginan Kantor Pusat adalah kelalaian secara detail untuk mensupervisi kegiatan para Sales Force. Pada prakteknya para penyelia hanya melihat dan mengukur hasil akhir dari pada hasil penjualan kantor cabang/Dealer/Distributor/Agen. Sementara itu “proses” pencapaian menuju volume penjualan yang diinginkan tidak pernah disentuh dengan baik. Misalnya membiarkan sales force team Kantor Cabang/Dealer/Distributor/Agen bekerja sendiri-sendiri, walau sebenarnya para manager lini pertama (sales supervisor) berhak untuk memberikan briefing, petunjuk dan arahan agar sales force Kantor Cabang/Dealer/Distributor/Agen bisa bekerja dengan maksimal. Kendala dalam komunikasi merupakan titik awal para manager lini depan ini tidak bisa melihat proses dengan benar.

Secara pasti jika proses kinerja sales force team Kantor Cabang/Dealer/Distributor/Agen diketahui, dipantau dan turut dikelola dengan baik maka keberhasilan yang diharapkan dalam meningkatkan penjualan dan penyebaran produk dapat tercapai dengan maksimal. Oleh sebab itu para manager lini depan ini perlu keterampilan sales supervisory management dalam mengelola, mengendalikan, mengarahkan dan memastikan kinerja penjualan di Kantor Cabang/Dealer/Distributor/Agen agar dapat beroperasi dengan baik.

Pelatihan ini sangat baik untuk para Penyelia (Pimpinan cabang, Sales Manager, Sales Supervisor)  sebagai landasan dalam melakukan penyeliaan di perusahaan. Secara garis besar pelatihan ini berisi beberapa hal sesuai yang tertera di bawah ini:

®Materi Pelatihan

MENGELOLA DIRI SEBAGAI PROFESIONAL

  1. Apa kriteria Sales Supervisor Unggul?
  2. Bagaimana kedudukan sales supervsior dalam Management?
  3. Apa Tugas Sales Supervisor ?
  4. Management waktu (Logika waktu, Kwadran waktu)
  5. Matrix pendelegasian.

 MENGELOLA PEKERJAAN SECARA PROFESIONAL

  1. Membuat perencanaan
  2. Metode pembuatan perencanaan ( Mind Map/Free Mind)
  3. Menuangkan perencanaan dalam Time table
  4. Teknik pengorganisasian ( Metode PUKAT)
  5. Staffing Sales Force di tengah sulitnya mendapatkan sales force
  6. Pengambilan keputusan  & Gaya pengambilan keputusan.

KEPEMIMPINAN SALES SUPERVISOR

  1. Matrix Kepemimpinan
  2. Komunikasi yang efektif.
  3. Membangun motivasi diri dan anak buah.
  4. Memberdayakan anak buah.
  5. Kerja sama kelompok.
  6. Membuat Goal Setting.

SALES PLAN

  1. 10 Langkah membuat sales plan
  2. 5 Bagian utama dalam sales plan
  3. Rencana pengembangan Wilayah
  4. Mengukur kinerja penjualan
  5. Mengukur kinerja tim penjualan

MENTAL BLOK SALES SUPERVISOR (MATERI BONUS JIKA WAKTU CUKUP)

  1. Apa gejala mental blok
  2. Tingkat keparahan mental blok
  3. Akibat-akibat terkena mental blok
  4. Pra penyembuhan mental blok
  5. Obat penawar mental blok

Tujuan Pelatihan

  1. Untuk meningkatkan Profesional skill para Pimpinan cabang, Sales Supervisor dan calon sales supervisor dalam mengelola dan menjadi penyelia di Kantor cabang/Dealer/Distributor/Agen.
  2. Memberikan pengetahuan akan pentingnya melakukan penyeliaan di-proses dan tujuan akhir agar tujuan/ target dapat tercapai.
  3. Memberikan bekal pada Pimpinan cabang, Sales Supervisor dan calon sales supervisor dalam melakukan pembinaan/penyeliaan terhadap sales force team Kantor cabang/Dealer/Distributor/agen.
  4. Memberikan kemampuan secara managerial pada para manager lini depan dalam mengelola Kantor cabang/Dealer/Distributor/Agen.
  5. Untuk meningkatkan Soft skill, dan mengetahui gejala mental blok anak buah, serta membuat sales plan yang sangat dibutuhkan anak buah dan perusahaan.

Metode pelatihan

Ceramah Interaktif, pemutaran film, latihan/workshop & contoh kasus.

BERMINAT MENGIKUTI PELATIHAN INI?
SILAHKAN ISI FORM  PERMINTAAN TRAINING & KONSULTASI!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>