«

»

Mei 16

TIPS TENTANG BAGAIMANA MEMULAI MEMBUKA BISNIS BARU BAGI PEMULA

Apakah Anda ingin memulai usaha namun masih bingung tentang bagaimana memulainya? Berikut ini adalah panduan singkat tentang bagaimana cara untuk memulai dan membuka usaha.

Setidaknya Anda harus mempersiap tentang apa saja yang Anda butuhkan dalam memulai dan ingin membuka bisnis baru. Banyak orang pada awalnya akan merasa takut untuk memulai untuk membuka sebuah bisnis baru, karena takut gagal atau takut tidak memiliki modal.

Setidaknya terdapat lima poin yang harus Anda lakukan untuk dapat memulai dan membuka bisnis baru. Dan berikut ini adalah lima langkah yang harus Anda lakukan agar dapat memulai dan membuka bisnis baru Anda sendiri :

1. Membangun Jaringan.

Jika ingin memulai dan membuka bisnis baru setidaknya Anda harus membangun jaringan dan relasi yang lebih luas dan semakin banyak. Anda tidak bisa memulai dan membuka bisnis baru jika tidak bisa melakukan networking.

Memperbanyak jaringan sudah menjadi sebuah keharusan dan begitu pentingnya bagi keberlangsungan dari memulai dan membuka bisnis baru. Setiap orang akan dapat menjadi potensi sebagai konsumen atau bisa saja bekerja sama dengan Anda dalam memulai dan membuka bisnis baru milik Anda.

2. Mempersiapkan mental.

Banyak orang yang merasa ketakutan dalam memulai dan membuka bisnis baru, hal ini karena dalam pemikirannya sudah terlebih dahulu tertanam mental ketakutan akan kegagalan atau merasa bingung bagaimana dalam memulai dan membuka bisnis baru. Namun terkadang ada juga orang yang memiliki mental jika ingin memulai dan membuka bisnis baru harus memiliki rencana bisnis yang benar-benar sempurna sebelum akan memulainya.

Rencana dari bisnis usaha ini sangat diperlukan, namun juga tidak harus sempurna karena akan dapat disempurnakan pada saat bisnis sudah berjalan. Seorang pengusaha harus memiliki mental yang fokus dan disiplin. Dua hal inilah yang sangt diperlukan untuk dapat memulai dan membuka bisnis baru yang telah sebelumnya telah dipersiapkan dengan sangat matang. Jika mentalnya harus benar-benar sempurna, lalu kapan akan memulai bisnisnya? Benar bukan!

3. Persiapan Modal.

Modal merupakan salah satu faktor penting namun bukan yang utama dalam memulai dan membuka bisnis baru. Banyak orang yang ingin bisa memulai dan membuka bisnis baru, namun tidak memiliki modal sehingga tidak bisa berjalan dengan baik. Padahal, untuk memulai dan membuka sebuah bisnis baru sebenarnya juga bisa dilakukan tanpa modal atau hanya dengan modal kecil saja.

Modal terbagi menjadi tiga macam, yaitu :

1. Modal sendiri.
2. Mencari modal dari investor atau bank.
3. Modal secara partnership.

Modal sendiri dapat diraih dengan cara menabung, atau bisa juga memulai bisnis sendiri dengan tanpa modal seperi menjadi reseller (pengecer) sebuah barang.

Sedangkan untuk modal dari para investor atau bank, memang dibutuhkan adanya sebuah perencanaan bisnis yang benar-benar baik. Serta permodalan ketiga adalah dari hasil partnership, yaitu menggunakan asset yang sudah ada sebagai modal awal dalam bekerja sama dengan orang lain. Seperti halnya memanfaatkan rumah untuk menjual barang yang dititipkan dan lain sebagainya.

4. Pemasaran atau Marketing.

Seorang pengusaha harus mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari produk yang membedakannya dengan barang yang sejenis. Setelah itu, memadukannya dengan promosi yang menarik sehingga akan dapat menarik orang lain untuk segera membeli produk dari Anda. Marketing juga dapat dipadukan dengan networking, sehingga akan menjadi komunikasi marketing yang saling terintegrasi satu sama lain.

“Harga yang bisa dipadukan dengan berpromosi, seperti 50 orang pembeli pertama akan mendapatkan potongan, atau bisa juga menawarkan produk-produk kepada orang-orang yang masih kita kenal bukanlah sebuah langkah yang buruk bukan?

5. Mulailah dari sekarang.

Keempat langkah tadi tidak akan bisa berjalan dengan baik jika tidak dimulai dari sekarang. Dalam memulai dan membuka bisnis baru seorang pengusaha harus terus mengembangkan diri dengan cara belajar dari pengalaman atau sekedar dengan membaca buku serta mendatangi acara seminar-seminar para pengusaha untuk dapat semakin memotivasi diri sendiri.

Demikianlah lima tips tentang bagaimana cara dalam memulai dan membuka bisnis baru bagi seorang pemula. Semoga bisa bermanfaat dan apabila pembaca membutuhkan informasi atau bimbingan dalam mendirikan usaha baru, dalam berbagai sektor mulai ritel, Distributor atau pabrikan silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu. (Frans M. Royan)

.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>