Apr 22

TIPS PEMBENAHAN MANAJEMEN BISNIS UNTUK MENCEGAH TERJADINYA KEBANGKRUTAN

Dalam menjalankan sebuah bisnis yang sejak awal mula dimulainya sebuah bisnis, tentunya seorang pemilik menginginkan bisnisnya mampu berkembang kearah yang lebih baik dan mampu untuk menghasilkan laba serta dapat mencapai target-target yang sebelumnya telah direncanakan dengan strategi yang sangat matang.

Agar dapat mencapai hal tersebut, maka tentunya diperlukan adanya sebuah kerja keras yang memang harus dilakukan. Tidak jarang selama menjalankan sebuah bisnis, seringkali harus mengalami berbagai hambatan dan rintangan, baik itu berupa hambatan yang lebih bersifat internal maupun dari faktor eksternal perusahaan.

Hambatan-hambatan seperti ini harus bisa dihadapi oleh para pebisnis agar tidak sampai berdampak yang lebih buruk lagi pada perkembangan bisnisnya, terutamanya adalah jika hambatan tersebut berupa kesulitan financial (keuangan) yang semakin lama malah menjadi semakin memburuk.

Jika sebuah perusahaan mengalami kesulitan keuangan yang terus memburuk, maka dikhawatirkan perusahaan tersebut akan beresiko besar untuk mengalami kebangkrutan total. Dan jika sebuah perusahaan sudah benar-benar mengalami kebangkrutan total, maka tentu saja seorang pebisnis harus rela untuk bekerja dengan ekstra keras agar mampu mengembalikan kondisi keuangan perusahaan untuk menjadi lebih stabil seperti sediakala.

Jika perusahaan sudah hampir menghadapi sebuah kebangkrutan total, maka bagaimana solusinya agar bisa mengembalikan kondisi keuangan perusahaan untuk bisa kembali stabil seperti sebelumnya?

Karena itulah, maka berikut ini merupakan beberapa tips tentang bagaimana untuk mengelola keuangan bisnis agar tidak sampai mengalami kebangkrutan total:

1. Secepatnya Melakukan Tindakan Evaluasi Internal Bisnis.

Jika dalam menjalankan roda perputaran bisnis Anda mengalami permasalahan. Khususnya adalah berupa permasalahan financial (keuangan), maka tentunya terdapat adanya faktor-faktor yang sangat mempengaruhinya. Karena itulah, maka Anda harus secepatnya melakukan tindakan evaluasi pada semua hal-hal dan sektor yang berhubungan langsung dengan bisnis Anda, seperti halnya mengevaluasi bagaimana sistem bisnis yang sudah dijalankan selama ini, dan produk perusahaan yang selama ini telah Anda tawarkan apakah sudah berkualitas baik atau tidak? Hal-hal tersebut memang bertujuan agar Anda mampu mengetahui tentang apa saja sumber dari berbagai permasalahan atau yang menjadi penyebab utama dari kerugian tersebut. Apabila Anda memang sudah benar-benar mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya, maka akan menjadi jauh lebih mudah untuk sedikit demi sedikit memperbaikinya.

2. Melakukan Berbagai Pembenahan-Pembenahan Terhadap Sistem Bisnis.

Salah satu yang menjadi penyebab utama dari sebuah bisnis yang mengalami kerugian terbesar adalah terletak pada sistem bisnis yang selama ini telah dijalankan, apakah masih kurang tepat? Ataukah sistem bisnis tersebut memang sudah tepat namun masih perlu dilakukan berbagai pembenahan-pembenahan? Karena sebenarnya sistem bisnis tersebut juga berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang berada dalamnya.

Dengan berbagai kondisi tersebut, maka setidaknya Anda harus melakukan berbagai tinjauan-tinjauan ulang terhadap sumber daya manusia yang sudah ada dalam perusahaan. Apakah sudah optimal atau tidak. Jika jawabannya adalah tidak, maka segeralah untuk melakukan tindakan perbaikan. Dengan begitu Anda akan dapat dengan segera untuk melakukan pembenahan terhadap sistem bisnis dan untuk mencari berbagai informasi dari kesalahan-kesalahan apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya kerugian tersebut.

3. Sesegara Mungkin untuk Melakukan Perubahan Pada Bisnis (Transformasi Bisnis).

Agar bisa mengembalikan kondisi keuangan perusahaan seperti semula memang tidak mudah, Anda harus mulai untuk melakukan berbagai perubahan yang dirasa sangat perlu untuk dilakukan dan memperbaiki apapun yang bisa menyebabkan perusahaan Anda semakin merugi. Perubahan tersebut masih dapat Anda lakukan seperti halnya pada perubahan sistem bisnis, sasaran bisnis, lokasi bisnis, dan tentang bagaimana untuk mengubah strategi pemasarannya. Yang mana hal seperti itu juga harus disesuaikan dengan hasil dari evaluasi bisnis pada poin pertama. Agar penyebab utama dari terjadinya kerugian tersebut dapat ditemukan sebuah solusi yang lebih tepat. Maka diharapkan tidak akan terjadi lagi kerugian-kerugian selanjutnya dimasa yang akan datang.

4. Memperbaiki Manajemen Keuangan Bisnis.

Manajemen keuangan bisnis menjadi poin terpenting lainnya yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Yang mana dengan melakukan manajemen keuangan agar dapat mencegah terjadinya kerugian yang jauh lebih besar lagi terhadap bisnis. Jika perusahaan Anda telah mengalami kerugian, maka setidaknya perhatikanlah bagaimana proses manajemen keuangan dari bisnis Anda tersebut. Apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak. Jika tidak, maka tentunya Anda harus memperbaiki manajemen keuangan perusahaan dengan sesegera mungkin agar kondisi keuangan perusahaan dapat semakin membaik dan tidak sampai mengalami kerugian semakin parah.

5. Memilih Untuk Tetap Fokus dan Lebih Optimis.

Pada saat perusahaan sedang mengalami kerugian, maka tentunya akan menjadikan seorang pebisnis semakin kehilangan fokus dan tidak bersemangat lagi untuk melanjutkan bisnisnya. Akan tetapi hal itu malah justru akan menjadikan Anda semakin lebih dalam terpuruk dan akhirnya bisnis Anda tidak akan mampu untuk bisa tertolong lagi. Karena itulah, maka Anda juga harus tetap fokus dan harus segera bangkit kembali untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan Anda

Tetaplah tenang dalam mempelajari berbagai situasi dan permasalahan yang sedang Anda hadapi saat ini agar dapat segera menemukan solusi yang lebih tepat. Selain itu, Anda juga harus selalu bersikap optimis, karena dengan bersikap lebih optimis maka dapat membantu Anda untuk semakin terdorong dalam memperbaiki keuangan perusahaan yang hampir mengalami kebangkrutan total tersebut.

Nah, itulah sedikit tips tentang bagaimana dalam melakukan pembenahan-pembenahan terhadap manajemen dalam upaya untuk mencegah terjadinya kebangkrutan total pada perusahaan Anda. Apabila pembaca membutuhkan informasi mengenai lebih lanjut mengenai artikel di atas, atau membutuhkan pembimbingan dalam merapikan manajemen mulai : manajemen system, sumber daya manusia, finance accounting, Gudang dan logistic, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.