Des 31

TIPS MENDAPATKAN SUPPLIER UNTUK BISNIS RITEL START UP ANDA

Apabila Anda memang berencana untuk memulai sebuah bisnis ritel atau bisa juga berupa bisnis layanan, maka Anda pastinya harus memulai langkah awal dengan cara mencari distributor terbaik tentunya cocok sebagai tujuan pembelian (supplier) bagi bisnis ritel milik Anda. untuk saat ini jenis industri distribusi (grosir) sudah mulai semakin berkembang pesat, sehingga untuk bisa menemukan dan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan para pemain distributor tersebut adalah menjadi sangat penting, terutama bagi seorang pebisnis pemula yang baru saja mulai merintis dari awal untuk merambah ke dalam dunia bisnis toko ritel.

Berikut adalah beberapa tips untuk bisa menemukan perusahaan distributor terbaik dan beberapa jenis strategi terbaik tentang bagaimana dalam menjalin hubungan kontrak kerjasama yang baik dengan mereka:

1. Pelajari Alur Dan Skema Dari Perputaran Saluran Distribusi Produk.

Jenis industri distributor-distributor besar yang sudah sangat terfragmentasi, dengan lebih dari 50 distributor yang mampu menghasilkan sekitar 25% dari pendapatan industri. Distributor yang banyak melayani para agen-agen atau yang turun tangan langsung untuk melayani para pengecer lainnya melalui berbagai macam jenis saluran distribusi dan rantai pasokannya.

Pada bagian teratas dari rantai pasok adalah pihak brand produsen (termasuk juga para importir atau distributor eksklusif yang juga menjual kepada para pedagang-pedagan besar). Berikutnya adalah pihak grosir atau distributor daerah (yang bertugas untuk mendistribusikan barang-barang secara lokal) dan saluran selanjutnya adalah para broker/pemborong/agen (yang bertugas untuk menjualkan barang-barang kepada jenis usaha kecil lokal seperti bisnis ritel dan toko-toko yang menjual produk bersifat independen). Maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah hanya dengan mencoba untuk menjaga dan mempertahankan jaringan-jaringan atau hubungan-hubungan bisnis yang baik dengan mereka semua.

2. Volume Adalah Sama Halnya Seperti Uang.

Bisnis distributor merupakan salah satu dari jenis bisnis yang bersifat volume sentris. Semakin Anda mampu membeli dalam jumlah yang besar, maka akan semakin rendah pula untuk harga grosirnya, dan juga akan semakin tinggi pula jumlah keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan darinya. Oleh karena itu, sebagai salah satu jenis dari usaha kecil (ritel) yang masih baru, maka menjadi hal yang sangat tidak mungkin bagi Anda untuk dapat bernegosiasi dengan jenis-jenis perusahaan distributor besar seperti mereka yang sudah terbiasa untuk menargetkan pembelian dengan volume yang sangat tinggi.

Karena itulah, cara terbaiknya adalah dengan memilih jenis perusahaan distributor yang masih bisa memberikan keringanan berupa volume pembelian yang lebih kecil. Karena jenis perusahaan distributor yang bisa menjual dalam jumlah volume pembelian yang berskala kecil biasanya akan menjual dan mengirimkan produknya kepada jenis-jenis usaha yang jauh lebih kecil juga, dan pada saat Anda sudah mulai mampu untuk bergerak maju dalam menggerakkan roda perputaran dagangan dan meningkatkan jumlah volume penjualan Anda, maka Anda akan dapat maju dengan lebih cepat dalam rantai pasokan untuk dapat bernegosiasi dengan kategori volume pembelian yang bisa jauh lebih tinggi lagi dengan harga yang lebih rendah.

3. Meluangkan Sedikit Waktu Untuk Riset dan Untuk Menemukan Perusahaan Distributor Baru.

Untuk bisa menemukan perusahaan distributor yang cocok agar bisa dijadikan sebagai supplier bagi bisnis ritel Anda memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, akan tetapi terdapat sejumlah cara terbaik yang mungkin bisa Anda coba agar sedikit lebih mempercepat waktu yang Anda habiskan untuk membantu proses penelitian setiap masing-masing distributor yang Anda temukan, cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

• Mencari Data Distributor dari Internet.

Temukan perusahaan distributor serta pelajari produknya untuk membantu Anda dalam menentukan supplier yang cocok bagi bisnis ritel Anda (hal ini juga akan menunjukkan tentang bagaimana supplier nasional mampu bersaing), kemudian tambahkan lokasi terdekat Anda pada setiap masing-masing pencarian, sehingga hasilnya Anda akan langsung dilokasikan dengan distributor terdekat. Anda juga masih bisa mencarinya dari halaman YellowPages.com dan juga dari asosiasi online, direktori perdagangan, atau dari direktori grosir (distributor) dikota Anda.

• Pameran Perdagangan.

Pameran perdagangan merupakan salah satu tempat yang paling bagus untuk menentukan dan menemukan perusahaan distributor terbaik jika Anda memiliki anggaran dan waktu senggang untuk mengikutinya. Direktori tradeshow juga dapat sangat membantu Anda dalam menentukan acara berdasarkan jenis industri dan lokasinya.

• Majalah-Majalah Seputar Dunia Perdagangan.

Periksalah setiap iklan dan klasifikasikan perusahaan-perusahaan distributor dalam setiap kategori yang cocok dengan jenis bisnis ritel milik Anda.

• Tanyakan Dilokasi Sekitar (Diluar Jangkauan Para Pesaing).

Mungkin saja menjadi hal yang sangat tidak tepat apabila Anda bertanya langsung kepada para pesaing Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis ritel, apalagi jika mereka memang sudah lama ada jauh sebelum bisnis Anda mulai berdiri, dari mana mereka memperoleh persediaan barang-barangnya, akan tetapi alangkah jauh lebih baik jika Anda menanyakannya secara langsung dari orang-orang disekitar Anda apabila Anda sedang berada jauh di luar kota untuk menghadiri suatu acara networking bisnis lokal, seperti (Chamber of Commerce, Pusat Pengembangan Jenis Usaha Kecil, dan lain sebagainya). Hal itu tentu saja tidak akan menjadi masalah karena mereka juga memilik kepentingan yang saling membutuhkan sama seperti Anda, apalagi jika sebenarnya mereka juga membutuhkan adanya saluran-saluran khusus untuk proses distribusi mereka kepada jenis bisnis-bisnis kecil semacam bisnis ritel seperti milik Anda.

• Berbicara Langsung dengan Brand Dari Produsen.

Pihak produsen dari brand terkadang juga masih dapat menjual seperti distributor, namun biasanya hanya masih dalam tahap volume yang masih sangat tinggi. Namun, mereka mungkin saja masih bisa merekomendasikan atau mengarahkan Anda kepada perusahaan distributor-distributor atau grosir yang biasa membeli kepada produsen tersebut untuk bisa menjualkan kepada jenis usaha kecil seperti jenis bisnis ritel milik Anda.

• Melakukan Uji Kelayakan Dari Anda Sendiri.

Sekarang! Apabila Anda sudah menemukan distributor yang benar-benar cocok untuk dijadikan suplier bagi bisnis ritel Anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji kelayakan dengan cara menanyakan kembali kepada pihak distributor tersebut tentang diskon volume, kebijakan pengembalian, dan juga waktu untuk pemrosesan order. Sebelum Anda menandatangani kontrak kerjasama apapun dengan mereka, maka tidak ada salahnya bukan mempersiapkan langkah-langkah dalam hal menegosiasikan seputar persyaratan harga, jumlah minimum order pembelian, jadwal pengiriman, dan lain sebagainya. Tambahkan pula perjanjian seperti ini pada syarat dan ketentuan-ketentuan perdagangan, dan juga jangan lupa untuk mempertimbangkan memiliki ulasan pengacara sebelum benar-benar terjadi proses penandatanganan.

Apakah Anda sudah menemukan perusahaan distributor yang tepat untuk dijadikan sebagai pemasok/supplier bagi bisnis ritel milik Anda? Tampaknya hal itu terlihat seperti sebuah tanggungjawab yang terlalu menakutkan bukan? Namun sebenarnya tidak, jika Anda memang sudah tahu caranya. Carilah distributor yang berkualitas dengan cepat seperti tips-tips diatas. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dalam upaya untuk menemukan distributor terbaik dan cocok bagi bisnis ritel milik Anda, apabila anda membutuhkan konsultan untuk pembangunan toko ritel anda atau membuat distributor anda yang baru serta kantor cabang baru, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.