«

»

Agu 23

TIPS MEMBANGUN HUBUNGAN KERJASAMA BISNIS YANG BAIK DENGAN PEBISNIS LAIN UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS

Sebenarnya banyak sekali jalan yang bisa ditempuh bagi para pebisnis dalam usaha untuk semakin mengembangkan sayap bisnis mereka. Dan salah yang paling banyak dilakukan oleh seorang pebisnis adalah dengan menjalin hubungan kerjasama dengan sesama para pelaku bisnis.

Manfaat yang bisa didapatkan dari hal ini adalah sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah:

1. Dapat dengan mudah berbagi ilmu.
2. Berbagai pengalaman.
3. Saling bertukar pendapat tentang strategi bisnis.
4. Mendapatkan suntikan tambahan modal untuk bisa mengembangkan sayap bisnis mereka.

Karena itulah, sangat tidak mengherankan apabila sekarang ini hampir dari setiap perusahaan harus berlomba-lomba dalam membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik agar dapat semakin memperlancar perjalan bisnisnya.

Nah, untuk membantu para pebisnis pemula yang ingin membangun kerajaan bisnisnya dengan jalan kerjasama. Maka berikut ini adalah beberapa tips sukses tentang bagaimana caranya untuk membangun hubungan kerjasama bisnis yang baik dan optimal yang bisa Anda coba mulai dari sekarang.

1. Terlibat dan sering berkumpul dengan berbagai komunitas bisnis atau bisnis yang sejenis.

Salah satu cara agar Anda dapat memiliki banyak relasi adalah dengan cara masuk sebagai bagian dari sebuah komunitas bisnis yang sesuai dengan bidang yang Anda jalankan saat ini. Tujuannya adalah selain untuk memperluas relasi (jaringan bisnis) sebenarnya juga bisa menjadi sebuah media dalam berpromosi untuk bisnis Anda. Semakin banyak Anda bergaul dengan para pebisnis, maka akan semakin banyak pula sumber-sumber ilmu dan pengalaman baru yang akan Anda dapatkan dan akan sangat berguna bagi perkembangan bisnis Anda di kemudian hari.

2. Jangan terlalu pelit untuk berbagi informasi dan ilmu.

Alangkah lebih baiknya apabila Anda bisa saling berbagi informasi dan ilmu. Berbagi informasi dan ilmu dengan sesama rekan bisnis akan semakin memberikan peluang besar bagi Anda untuk dapat memperluas jaringan bisnis dan semakin menumbuhkan kepercayaan dari mereka. Dengan cara saling bertukar informasi dan ilmu, maka Anda dan mereka akan sama-sama saling diuntungkan, pengetahuan Anda pun juga akan semakin bertambah. Yakinlah bahwa dengan semakin banyak memberikan ilmu, maka akan semakin banyak pula Anda untuk menerima ilmu lain yang sangat berguna bagi bisnis Anda.

3. Jangan sampai aktif hanya pada saat butuh saja.

Bergaul dengan komunitas bisnis tentunya harus tetap Anda jaga dengan baik, terutama dalam berbagai situasi dan kondisi apapun. Jangan sampai Anda hanya mendekat dengan mereka pada saat Anda memang butuh kemudian akan langsung meninggalkan mereka setelah Anda mendapatkan apa yang sudah lama Anda inginkan.

Jika Anda mendapatkan suatu kendala dalam berbisnis, dalam forum komunitas inilah Anda akan bisa sharing dan meminta solusi, begitu pula sebaliknya, Anda juga bisa membantu atau memberikan solusi terhadap rekan-rekan Anda yang kebetulan sedang menghadapi kendala dalam bisnisnya. Jika Anda sudah loyal dengan komunitas tersebut, maka hubungan kerjasama yang akan terjalin juga akan menjadi semakin lebih baik, dan tentunya bisnis Andapun akan semakin mampu untuk berkembang pesat.

4, Usahakan untuk selalu berlaku jujur dan tulus dalam menjalin hubungan kerjasama bisnis.

Modal terpenting dalam membangun kerjasama bisnis adalah berupa kejujuran dan ketulusan, bahkan tidak hanya sekedar penting seperti menjalin hubungan dengan para pelanggan, namun juga dengan komunitas bisnis juga sama pentingnya. Kejujuran dan ketulusan harus lebih dikedepankan agar hubungan yang sudah terjalin dengan baik bisa selalu sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Jadikan setiap hubungan dalam sebuah komunitas seperti layaknya hubungan keluarga. Walaupun sebenarnya antara satu pebisnis dengan pebisnis lainnya bisa jadi biasanya saling bersaing dalam bisnis yang sedang dijalankan, namun pada saat berada dalam komunitas harus bisa saling membantu satu sama lain.

Itulah beberapa tips penting tentang bagaimana caranya dalam membangun hubungan kerjasama yang yang baik dalam berbisnis dengan para pebisnis lain dengan tujuan untuk semakin melebarkan perkembangan sayap bisnis Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>