Jan 22

TIPS DALAM MEMANTAU DAN MENGAMATI BAGAIMANA PERGERAKAN BISNIS PARA KOMPETITOR

Kompetisi dalam dunia bisnis sangat tidak mungkin untuk bisa dihindari. Meskipun Anda telah mendirikan sebuah bisnis yang bergerak pada jenis dan bidang yang berbeda dan terbilang masih baru sekalipun, para kompetitor akan selalu bermunculan untuk bertarung dan berusaha untuk lebih unggul dari bisnis milik Anda. Terjadinya kompetisi dalam dunia bisnis seharusnya tidak boleh melemahkan tekad Anda dalam berbisnis. malah justru berbagai pergerakan bisnis dari para competitor tersebut seharusnya dapat dijadikan sebagai suatu penyemangat dalam upaya untuk mengembangkan inovasi bisnis agar kualitas produk dan dari sisi pelayanan yang Anda berikan dapat menjadi semakin lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, memantau berbagi pergerakan bisnis dari para kompetitor sangat perlu untuk dilakukan. Namun seorang pengusaha seperti Andapun terkadang masih terlalu enggan dan merasa sedikit ragu untuk memantau bagaimana pergerakan bisnis dari para kompetitor. Alasannya cukup sederhana, yaitu sama sekali tidak ada waktu untuk melakukannya dan sebagai pebisnis Anda tidak terlalu mempedulikan dengan apa yang dilakukan oleh para kompetitor.

Padahal dengan cara memantau bagaimana pergerakan bisnis dari para kompetitor sebenarnya bertujuan agar daya saing bisnis Anda terhadap para kompetitor dapat semakin lebih ditingkatkan lagi. Namun faktanya, banyak diantara para pengusaha yang sama sekali tidak mengetahui bahwa sebenarnya pergerakan dari bisnis merekapun diam-diam juga sudah dipantau oleh para kompetitor. Sehingga para kompetitor dapat mengambil peluang tersebut dari apa yang masih sama sekali belum pernah terpikirkan oleh Anda sendiri.

Lalu bagaimana untuk memantau setiap pergerakan bisnis dari para kompetitor?

1. Menjadi Ghost Shopping (Konsumen Bayangan).

Konsumen bayangan atau biasa disebut dengan Ghost Shopping sebenarnya bukanlah hal yang baru pada semakin ketatnya kompetisi dari dunia bisnis. Menjadi ghost shopping banyak sekali dilakukan, bahkan oleh perusahaan-perusahaan besar sekalipun untuk memantau bagaimana pergerakan bisnis dari para kompetitor. Biasanya cara yang sering dilakukan agar bisa menjadi konsumen bayangan adalah dengan datang langsung ke toko-toko atau dealer-dealer dari para kompetitor tersebut dan berpura-pura untuk menjadi pelanggannya.

Para ghost shopping seperti ini akan berusaha untuk mencari tahu dan mengorek apapun yang berhubungan dengan bisnis kompetitor seperti: bagaimana kualitas dari produknya, seberapa bagus tingkat pelayanannya, sampai dengan bagaimana prinsip pelayanan purna jualnya. Karena tidak jarang juga diantara para konsumen bayangan seperti ini yang membeli produk dari para kompetitor untuk mengetahui bagaimana pelayanan purna jualnya. Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, konsumen bayangan seperti ini akan selalu mengunjungi website para kompetitor. Lalu mereka akan mencoba bagaimana sistem pembeliannya, sistem pembayaran, sistem pengiriman barang sampai pada bagaimana pelayanan purna jualnya.

2. Memantau Media Sosial Kompetitor.

Media sosial sudah menjadi media marketing yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Berbagai kampanye produk dan promo seringkali dilakukan oleh banyak pengusaha untuk meningkatkan penjualan produknya. Namun tidak ada salahnya bukan bagi Anda untuk mengikutinya dengan cara “follow” dan “like” dari media sosial para kompetitor tersebut. Perhatikanlah bagaimana kampanye produk yang sedang mereka jalankan, bagaimana bahasa marketing mereka dan bagaimana tanggapan masyarakat terhadap kampanye marketing tersebut. Jangan pernah merasa ragu untuk turut aktif di media sosial mereka dengan cara meninggalkan komentar. Hal ini harus Anda lakukan agar Anda semakin mengetahui bagaimana cara mereka akan menanggapi berbagai komentar-komentar yang diberikan terhadap produknya di media sosialnya.

3. Tandai Website Para Kompetitor.

Memantau pergerakan bisnis kompetitor di zaman seperti sekarang cukup mudah. Banyak diantara pelaku bisnis, termasuk Anda dan kompetitor Anda, akan membuat website untuk memperkenalkan produknya pada setiap calon pembeli. Maka tidak ada salahnya bukan untuk bookmark website para kompetitor Anda tersebut. Dengan cara menandai website para kompetitor, maka Anda akan dapat mengetahui bagaimana dan perubahan seperti apa saja yang telah dilakukan oleh para kompetitor Anda.

Namun, yang harus selalu diingat adalah Anda jangan sampai semakin terjerat dengan yang dikerjakan oleh para kompetitor. Jika hal itu sampai terjadi, malah akan semakin menciutkan semangat Anda dalam menggerakkan roda bisnis, sampai dikira Anda hanya sebagai seorang peniru saja. Apabila hal itu terus berlangsung, maka kredibilitas Anda sebagai seorang pebisnis juga akan diragukan dan para pelanggan juga akan semakin menjauhi Anda.

4. Memprakarsai dan Mengikuti Berbagai Forum Bisnis.

Forum bisnis merupakan sebuah wadah dari berkumpulnya para pebisnis-pebisnis handal. Jika Anda ingin dapat memantau bagaimana pergerakan bisnis dari kompetitor secara bersamaan, maka dengan cara seperti ini mungkin bisa Anda lakukan. Dengan jalan memprakarsai pembentukan dan mengikuti berbagai forum dan komunitas bisnis sejenis ini, maka Anda akan dengan sangat mudah bertemu dengan para kompetitor. Disini pula Anda akan sering mendengarkan dan mendapatkan banyak sekali ide-ide baru yang nantinya akan dapat Anda gunakan bagi bisnis Anda.

5. Membuat Survey Kepuasan Pelanggan.

Cara yang terakhir untuk memantau bagaimana pergerakan bisnis para kompetitor adalah dengan membuat survey kepuasan pelanggan. Dengan cara seperti ini, Anda akan mendapatkan data yang lebih jelas tentang bagaimana produk serta penilaian konsumen terhadap pelayanan dan produk Anda serta pelayanan dan produk dari kompetitor Anda. Cara seperti ini terbilang lebih efektif namun membutuhkan dana yang lebih mahal. Namun data yang nantinya akan dihasilkan jauh lebih baik dan lebih lengkap apabila dibandingkan dengan cara-cara yang lainnya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang tips bagaimana dalam mengamati dan memantau bagaimana pergerakan bisnis dan langkah-langkah apa saja yang telah dilakukan oleh para kompetitor dalam upaya untuk memenangkan persaingan bisnis. Mengamati competitor tak lepas dari analisa pesaing yang dapat digunakan dalam pembuatan strategy bisnis, re-desain system manajemen agar survive, serta pembangunan manajemen autopilot. Untuk kebutuhan training dan pembangunan manajemen outopilot, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membatu !

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.