Mar 13

TIPS BAGAIMANA DALAM MEMULAI UNTUK BERBISNIS EKSPOR (PENGIRIMAN PRODUK KE LUAR NEGERI)

Peluang bisnis sebenarnya bisa dimulai tanpa adanya batasan pilihan, dan salah satunya adalah dari berbisnis ekspor. Banyak sekali diantara produk-produk lokal yang semestinya bisa di ekspor ke berbagai negara. Bisnis ini merupakan bisnis yang cukup menguntungkan apalagi bagi para pengusaha yang memiliki lokasi bisnis di daerah-daerah yang berdekatan dengan pelabuhan yang banyak sekali disinggahi oleh kapal-kapal barang, terutamanya adalah kapal yang berasal dari Negara-negara lain.

Tips Dalam Memulai Untuk Berbisnis Ekspor

Untuk memulai berbisnis ekspor, memang dibutuhkan adanya perencanaan yang sangat matang agar bisnis mampu berjalan dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan dalam memulai untuk berbisnis ekspor.

1. Mempersiapan berbagai perlengkapan dan estimasi biayanya.

Apabila Anda sudah membulatkan tekad untuk berbisnis ekpor, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk melakukan ekspor. Agar produk Anda cukup mudah untuk bisa dikenali orang, maka buatlah sebuah brosur dan katalog produk yang mudah dimengerti. Anda bisa menyewa dan membayar kepada seorang fotografer agar hasil dari jepretan produk dari Anda terlihat lebih cantik dan menarik. Dan pastikan bahwa produk Anda adalah berupa produk yang memiliki kualitas yang baik. Anda juga bisa memberikan jaminan atau garansi apabila produk tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Selanjutnya, Anda bisa menentukan harga atau biaya ekspornya. Untuk menentukan biaya ekspor, maka Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu atau sekedar bertanya kepada pengusaha lain.

2. Memilih dan menetapkan produk ekspor serta Negara tujuan ekspor.

Hal ini merupakan langkah terbaik selanjutnya dalam memulai untuk berbisnis ekspor. Anda harus mencari tahu dan menentukan barang-barang apa saja yang harus Anda ekspor agar dapat memperoleh omset yang jauh lebih besar. Anda bisa mencoba browsing dari Internet, mengikuti forum bisnis, bertanya langsung kepada pengusaha ekspor, atau bahkan apa saja yang masih memungkinkan untuk bisa Anda lakukan sendiri. Anda juga bisa mencari tahu tentang tren-tren terbaru atau produk-produk apa yang sedang booming dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

3. Menyediakan katalog atau dari etalase online melalui website.

Anda juga bisa membuat katalog atau berupa etalase online melalui website atau dari blog untuk semakin memudahkan para pembeli dalam mengakses produk. Anda bisa mencantumkan bebrapa informasi penting seperti foto produk, keterangan, keunggulan,harga , serta tentang bagaimana cara untuk menghubungi penjual secara lebih cepat. Dengan adanya informasi tersebut maka diharapkan adanya kredibilitas dari Anda sebagai seorang eksportir akan langsung diterima di hadapan para calon pembeli Anda.

4. Mendaftarkan website Anda pada portal bisnis internasional.

Langkah selanjutnya, Anda bisa mendaftarkan blog/website milik Anda kepada portal-portal internasional yang menyediakan forum bisnis internasional. Jadi Anda akan bisa segera menemukan wadah terbaik sebagai tempat dimana para eksportir dan importir dapat bertemu.

5. Menyiapkan beberapa model surat untuk berkorespondensi dengan para pembeli dan calon pembeli Anda.

Dalam berbisnis ekspor, Anda membutuhkan beberapa dokumen-dokumen penting dalam bertransaksi. Anda juga harus membuat format surat sebagai sebuah dokumen jual beli yang perlu Anda dokumentasikan selama jangka waktu tertentu. Surat ini tentunya akan menjadi sangat berguna dalam memenuhi prosedur-prosedur dari transaksi internasional. Model-model surat itu seperti Introduction Letter, Offer Sheet, Sales Contract, dan lain sebagainya.

6. Sampel produk sebagai penarik minat dari para buyer Anda.

Dalam upaya untuk menarik minat para pembeli, Anda bisa memberikan beberapa sampel produk bagi mereka. Sampel yang akan Anda berikan sebagai pancingan untuk meyakinkan para pembeli, bahwa Anda adalah penjual yang terpercaya. Selain itu, juga bertujuan untuk memberitahukan bagaimana kualitas dari produk-produk Anda. Terdapat beberapa jenis metode dalam pengiriman sampel ini, yaitu:

1. Sample & cost courier free.
2. Sample free + cost courier beban importer.
3. Sample + cost courier beban importir.

Yang harus Anda perhatikan dari biaya terbesar pada proses ini adalah pada pengiriman. Dan seorang importir tidak akan selalu menaruh minatnya pada beberapa sampel yang telah Anda kirimkan tersebut. Jadi bersiaplah untuk meletakkan beban terhadap nilai ini pada pos-pos akun yang lainnya.

7. Melakukan pemasaran melalui instansi pemerintah dan swasta.

Dalam melakukan bisnis ekspor ini, pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai salah satu jaringan yang mampu menjadi alat utama untuk mendapatkan keuntungan dan sebagai upaya untuk pengembangan bisnis ekspor Anda. Banyak diantara penjual-penjual kecil yang telah menghentikan usahanya hanya karena tidak adanya jaringan pemasaran yang baik. Karena itu manfaatkanlah lembaga-lembaga, seperti: Dinas KUKM di bawah Kementerian KUKM, Kementerian Perdagangan, ITPC, dan lain sebagainya. Anda juga harus menghubungi lembaga-lembaga tersebut secara langsung agar dapat mendaftarkan perusahaan milik Anda untuk dapat diikutkan ke dalam event-event pemasaran di luar negeri yang telah mereka lakukan selama ini.

8. Rajin mengikuti event-event seperti pameran produk.

Melakukan bisnis eksportir membutuhkan adanya modal untuk berbagai perlengkapan produk dan lain sebagainya. Namun apabila modal yang Anda memiliki sedikit lebih banyak, maka Anda sangat dianjurkan untuk mengikuti event-even seperti pameran agar dapat memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pameran-pameran luar negeri, agar Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan para eksportir-eksportir lain agar bisa bertukar pikiran dan saling mengenalkan produk ekspor masing-masing. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan customer atau setidaknya partner bisnis dari berbagai negara di dunia internasional.

9. Aktif untuk melakukan pemasaran online secara lebih konsisten dan berkelanjutan.

Anda sebagai seorang pebisnis eksportir, dalam menjalankan bisnis ini harus memiliki jadwal khusus untuk pemasaran online Anda. agar mampu menjadikan para customer merasa percaya dan berminat kepada produk Anda, maka Anda juga harus lebih sering aktif dalam melayani customer dan melakukan pemasaran secara online.

Nah, itulah beberapa tips bagi Anda yang berkeinginan untuk memulai bisnis ekspor dengan memproduksi produk baru sendiri atau bisa juga dengan menjualkan produk dari industri-industri kecil dalam negeri lainnya. Selamat mencoba semoga bisa bermanfaat dan salam sukses bagi Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan informasi terkait artikel diatas, atau membutuhkan bimbingan dalam ekspor produk, serta membutuhkan software portal kepabeanan, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.