Mei 13

TANDA-TANDA PERUSAHAAN ANDA SEGERA BERALIH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI KEUANGAN YANG BISA DIANDALKAN

Terlalu seringnya ditemukan diantara sekian banyak manajemen bisnis yang sama sekali tidak dapat mengetahui berapa besar, bahkan sama sekali tidak mengetahui berapa detail pastinya omset dari penjualan bisnisnya. Mereka hanya bisa mengetahui kisaran rata-rata dari perkiraannya omzetnya saja, atau bahkan ada yang membutuhkan waktu sampai berhari-hari, bahkan berminggu-minggu hanya untuk merekap seberapa besar omset penjualannya dalam setahun. Hal seperti ini biasanya banyak terjadi pada sebagian besar dari manajemen bisnis dengan omzet besar namun masih mengandalkan pencatatan transaksi keuangan mereka yang dilakukan dengan metode pencatatan yang manual dengan skala bisnis yang begitu besarnya, memang benar-benar sesuatu yang sangat tidak sebanding.

Keputusan bagi setiap manajemen bisnis yang sudah mulai banyak yang beralih dengan penggunaan teknologi program keuangan dinilai sebagai salah satu solusi pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan omzet tersebut. Namun banyak diantara para pebisnis yang lebih senang untuk menunda-nunda penggunaan teknologi informasi program keuangan ini dengan berbagai macam alasan, sampai akhirnya laporan keuangan mereka menjadi kurang akurat, bahkan sama sekali tidak akurat.

Sebagai seorang pebisnis, setidaknya Anda juga harus bersikap sedikit lebih peka dengan bagaimana kondisi manajemen bisnis Anda saat ini agar dapat dengan cepat untuk memutuskan kapan saat yang paling tepat jika harus segera beralih dari pencatatan akuntansi yang manual kepada penggunaan teknologi program keuangan ini.

Berikut ini merupakan beberapa tanda-tanda dimana manajemen bisnis Anda memang sudah saatnya untuk beralih menggunakan teknologi program pencatatan transaksi keuangan:

1. Data-data transaksi banyak yang tidak akurat.

Data-data transaksi banyak yang menjadi tidak akurat, terlebih lagi jika sudah menyangkut piutang para pelanggan yang menandakan bahwa semakin banyaknya piutang pelanggan yang menjadi tidak bisa tertagih tepat waktu karena banyak diantara bukti-bukti transaksinya yang telah hilang, sehingga dapat mempengaruhi kelancaran kas bisnis jika benar-benar tidak bisa tertagih. Akan menjadi jauh lebih buruk lagi jika pihak manajemen sama sekali tidak mengetahui tentang adanya piutang yang sudah melewati batas jatuh temponya dengan waktu yang sangat lama, yang karena hal seperti itu sama saja artinya dengan banyak piutang yang tidak mungkin bisa tertagih lagi. Permasalahan semakin tersendatnya piutang seperti ini akan menunjukkan bahwa begitu lemahnya sistem manajemen bisnis milik kita.

Sama halnya dengan manajemen stok. Tanpa adanya informasi yang lebih akurat terkait dengan jumlah stok dan dari gudang mana barang-barang tersebut ditempatkan akan semakin membuka adanya peluang untuk terjadinya tindak penyimpangan. Dan semua hal itu tidak akan Anda alami jika Anda cepat tanggap untuk segera menggunakan teknologi program pencatatan transaksi keuangan. Pihak manajemen dari bisnis akan mampu untuk melakukan kontrol secara penuh jika ingin mengetahui informasi transaksi apa saja yang ingin mereka lihat secara real time. Teknologi dari program keuangan yang baik hendaknya sudah memiliki fitur-fitur untuk pembatasan hak akses dan untuk setiap masing-masing wewenang bagi setiap usernya, sehingga keamanan informasi transaksipun akan tetap terjaga dengan lebih baik.

2. Semakin meningkatkan efisiensi dan produktivitas manajemen bisnis.

Pencatatan transaksi, membuat invoice, surat jalan maupun faktur pajak yang masih dilakukan dengan cara-cara manual membutuhkan waktu yang cukup lama, belum lagi jika terjadi kesalahan penulisan. Untuk jenis pencatatan satu transaksi juga dapat dilakukan berulang kali, seperti transaki penjualan selain dicatat pada buku penjualan, selanjutnya dicatat ke dalam lembar stok, lalu ke dalam buku piutang dan selanjutnya ke buku besar. Proses seperti ini sangat rentan dengan terjadinya berbagai kesalahan pencatatan yang tentunya dapat mengakibatkan terjadinya ketidaksinkronan, dan pada setiap akhir bulan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat laporan keuangan seperti halnya neraca dan laporan laba rugi. Hal-hal seperti ini secara tidak langsung akan dapat mempengaruhi omset bisnis Anda karena begitu rendahnya efisiensi dan produktivitas. Namun jika dengan menggunakan pencatatan keuangan, maka Anda hanya tinggal melakukan input transaksi saja, maka selanjutnya laporan keuangan akan secara otomatis langsung terbentuk.

3. Tugas administrasi yang menumpuk dan tidak fokus terhadap bisnis.

Berbagai tumpukan tugas-tugas administrasi dan pencatatan keuangan secara manual yang bisa menghabiskan banyak sekali waktu, serta deadline dalam mempersiapkan laporan-laporan keuangan yang seringkali menjadikan Anda malah tidak memiliki waktu yang cukup untuk mereview ulang tentang bagaimana strategi untuk manajemen bisnis selanjutnya dan bahkan sama sekali tidak mampu untuk fokus kepada bisnis. Namun dengan menggunakan teknologi dari program keuangan bisnis, maka tugas-tugas administrasi tersebut akan dapat dikerjakan dengan lebih rapi dan cepat. Anda dapat langsung mendelegasikan tugas-tugas administratif langsung terhadap para karyawan karena dengan program keuangan ini Anda akan dapat langsung memantau tentang apa saja yang sudah dikerjakan selama ini.

Hal ini juga akan semakin mempersempit untuk terjadinya berbagai penyimpangan karena semua transaksinya sudah terekam dengan sangat baik dan pihak manajemen juga masih dapat melakukan pemantauan secara langsung terhadap laporan transaksi. Penggunaan teknologi program keuangan akan sangat membantu Anda dalam menciptakan keteraturan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada manajemen bisnsi Anda. Selama manajemen bisnis Anda masih berjalan, maka selama itu pula penggunaan teknologi dari program keuangan bisnis masih tetap Anda butuhkan, dan hal seperti ini merupakan sebuah bentuk investasi terbaik bagi perbaikan dari manajemen bisnis Anda. Terimakasih, semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian dan salam sukses. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bantuan dalam mendesain system manajemen dengan kelengkapan informasi system manajemen, seperti software accounting, pay roll & HRD dan lainnya, silahkan hubung 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.