Agu 27

STRATEGI MENGEMBANGKAN BISNIS SKALA KECIL KE SKALA LEBIH BESAR

Membangun sebuah bisnis merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh seorang pebisnis dalam memulai atau mempertahankan bisnisnya ditengah semakin ketatnya persaingan saat ini. Bukan hanya itu saja, menjalankan sebuah bisnis sudah menjadi sebuah pilihan yang paling tepat dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya sehari-hari, baik dia yang sudah memiliki pekerjaan tetap (sebagai sampingan) maupun bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan tetap (pebisnis mandiri).

Dalam berbisnis juga terdapat berbagai macam jenis bidang yang bisa dijalankan, seorang pebisnis biasanya dan memang sudah seharusnya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan pasar pada saat itu dengan di sesuaikan keahlian atau bahkan hobi yang disenanginya saat ini. Karena jika membangun sebuah bisnis tanpa mampu menyesuaikan terlebih dahulu dengan hal-hal seperti itu, maka Anda akan menjadi semakin merasa kesulitan dalam hal menjalankan bisnis tersebut. Selain itu juga, menjalankan sebuah bisnis hanya berdasarkan seperti apa yang Anda sukai atau sudah sejak lama menjadi hobi Anda akan semakin menciptakan motivasi yang jauh lebih tinggi dalam menjalankannya.

Bisnis dengan skala kecil dari modal yang juga kecil sebenarnya tidak selalu akan menghasilkan pendapatan yang kecil juga, meskipun banyak sekali diantara pebsnis yang beranggapan bahwa modal yang terlalu kecil akan menjadikan bisnis berkembang lebih lama daripada bisnis yang sejak dari awal dibangun dengan modal yang lebih besar. Hal seperti itu juga sebenarnya tidak berpengaruh apapun dan lebih cenderung sama, antara bisnis yang bermodal besar dengan yang bermodal kecil.

Semua bisnis pada dasarnya memiliki kemungkinan untuk dapat berkembang dengan pesat asalkan bisa dikelola dengan baik, dan mampu meminimalkan berbagai resikonya. Sehingga hal-hal semacam ini juga tidak menjadi masalah yang terlalu berarti bagi seorang pebisnis yang saat ini sedang berusaha untuk membangun bisnisnya sendiri dengan skala yang terbilang masih sagnat kecil untuk bisa menuju ke skala yang lebih besar asalkan memiliki keinginan kuat untuk terus maju dan berkembang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin membangun bisnis skala kecilnya terlebih dahulu untuk menuju kepada bisnis dengan skala yang jauh lebih besar lagi.

1. Tetap berusaha untuk berfikir dengan lebih realistis.

Pada saat Anda ingin membangun atau telah menjalankan sebuah bisnis, maka sebaiknya para pebisnis harus mencoba untuk berfikir lebih realistis lagi. Seorang pebisnis harus mempelajari terlebih dahulu tentang bisnis seperti apa yang ingin dia bangun. Hindari untuk membangun bisnis dari skala kecil kepada skala yang lebih besar hanya berdasarkan bayangan semata tanpa membuat suatu perencanaan yang matang dan logis terlebih dahulu.

Juga jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai resikonya yang akan selalu menyertainya, jangan terlalu memaksakan jika tingkat resikonya terlalu besar. Meskipun jika Anda berani untuk mengambil resiko tersebut juga bisa saja sangat menguntungkan bagi Anda. Akan tetapi dengan cara berfikir lebih realistis dan teap logis akan sangat membantu Anda dalam mengurangi terjadinya kesalahan dalam melangkah kedepan, sehingga bisnis tersebut masih dapat berjalan dengan lancar dan masih berkemungkinan untuk bisa berhasil.

2. Mencari partner bisnis.

Membangun sebuah bisnis merupakan satu hal yang menyebabkan terjadinya berbagai resiko, untuk itulah, maka sebaiknya seorang pebisnis harus mencari partner yang bisa diajak bekerjasama untuk mengembangkan bisnis skala kecilnya menuju kepada skala yang lebih besar lagi. Dengan cara mencari partner bisnis baru, maka akan dapat membantu proses bisnis Anda agar dapat berjalan dengan lebih optimal, mulai dari dapat membantu untuk saling bertukar pikiran tentang strategi pemasaran yang paling tepat, menentukan target penjualan, sampai untuk memperluas jaringan relasi yang bisa sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Selain itu, adanya partner juga dapat membagi beban atau kerugian dengan bersama-sama, sehingga tentunya kerugian yang akan ditanggung juga menjadi tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan membangun bisnis sendiri tanpa adanya partner bisnis.

3. Mengetahui modal awal dari bisnis.

Membangun sebuah bisnis dari skala yang kecil menuju ke skala yang lebih besar lagi akan bisa berjalan dengan lancar jika sebelumnya seorang pebisnis sudah mempelajari dan mempersiapkan apapun kebutuhan-kebutuhan dari bisnis tersebut, seperti kebutuhan untuk membeli bahan baku, kebutuhan untuk produksi, biaya sewa lokasi, gaji para karyawan dan lain sebagainya. Karena sudah berkeinginan untuk membangun sebuah bisnis untuk menuju kepada skala yang lebih besar, maka secara otomatis berbagai kebutuhannyapun juga harus bisa dipenuhi dan juga akan menjadi semakin meningkat.

Sehingga dengan cara mengetahui modal awal atau segala biaya-biaya yang wajib dan dibutuhkan dengan jelas akan sangat membantu bagi seorang pebisnis dalam mempersiapkan segala sesuatunya dalam proses mengembangkan bisnisnya untuk menjadi lebih besar lagi. Selain itu juga, cara seperti ini secara otomatis akan semakin menekankan dan memperkecil terjadinya resiko kerugian (bangkrut) yang bisa terjadi kapan saja.

4. Menjaga kualitas produk dan layanan.

Yang paling ditekankan bagi yang ingin mengembangkan bisnisnya adalah tetap mampu menjaga dan terus menjunjung tinggi kualitas dari produk yang akan dihasilkan. Bukan hanya itu saja, seorang pebisnis juga harus mampu dalam menjaga sikapnya untuk melayani konsumen, karena hal seperti ini juga termasuk bertujuan untuk menjaga kualitas dari bisnis yang lebih positif. Meskipun terkadang kebutuhan juga semakin mendorong mereka untuk tetap menaikkan harga, namun untuk menjaga kualitas juga harus tetap dilakukan.

Seorang pebisnis dapat menawarkan harga standart dengan kualitas produk dan pelayanan terbaik agar mampu bersaing dengan para kompetitornya. Jangan merasa takut Anda akan merugi jika hanya lebih mementingkan kualitas dengan harga yang standart, karena konsumen sudah pasti akan lebih memperhitungkan dan mereka akan lebih memilih untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas namun dengan harga standar yang bersaing.

5. Memanfaatkan penggunaan teknologi informasi.

Penggunaan teknologi informasi untuk saat ini memang sudah menjadi salah satu hal yang harus dilakukan pada saat membangun sebuah bisnis. Teknologi akan mampu semakin mempermudah proses bisnis yang nantinya akan dijalankan seperti halnya dengan melakukan penyimpanan data-data dengan lebih mudah, menggunakannya untuk mempromosikan bisnis dengan media sosial, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya. Tentu saja dengan menggunakan teknologi informasi ini akan dapat membantu bisnis skala kecil Anda agar dapat semakin berkembang agar menjadi sebuah bisnis berskala besar dan mampu bersaing dengan para kompetitor Anda.

Demikianlah beberapa strategi tentang bagaimana cara untuk membangun bisnis yang sebelumnya masih berskala kecil untuk menuju kepada skala yang jauh lebih besar lagi. Sebagai seorang pebisnis, mengembangkan bisnisnya sangat perlu untuk dilakukan, selain akan mampu meningkatkan pendapatan juga dapat semakin menambah pengetahuan serta pengalaman Anda dalam dunia bisnis yang sebenarnya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, awali pengembangan bisnis anda dengan system manajemen yang solid dengan pelengkap SOP finance & accounting, SOP operasional dan marketing, SOP logistic dan delivery, serta perangkat lunak software accounting. Jika pembaca membutuhkan bantuan terkait hal tersebut silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu!

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.