«

»

Jul 11

STRATEGI MEMPERBAIKI MANAJEMEN PERUSAHAAN MENJELANG MEA ( MASYARAKAT EKONOMI ASEAN)

Pada era MEA tidak dapat dipungkiri setiap perusahaan wajib mempersiapkan diri untuk berbenah secara manajemen lebih baik. Titik fokus yang harus diperhatikan adalah peningkatan kinerja perusahaan agar lebih maksimal dan bisa bersaing di abad ini. Beberapa kinerja yang perlu ditingkatkan adalah kinerja keuangan perusahaan, kinerja produksi, kinerja penjualan dan pemasaran, kinerja Human recource serta komponen pendukung lainnya.

  1. Kinerja keuangan

Kinerja keuangan kenapa wajib ditingkatkan, khususnya disisi cash flow, hal ini tentu saja agar perusahaan lebih dipercaya oleh mitra kerja sama. Lalu apa yang mesti dilakukan? Beberapa yang harus dilakukan secara internal adalah memperhatikan posisi keuangan perusahaan di customer. Hal ini bisa disiasati dengan pengendalian piutang penjualan di customer dengan memberikan aturan main yang jelas seperti limit kredit ke customer, penalti jika bayar terlambat, serta limit kredit ke customer. Kedua mengurangi pembelian barang tidak bergerak untuk kebutuhan jangka panjang seperti tanah, atau infrastruktur jangka panjang lainnya. Apabila pinjaman di bank cukup tinggi sebaiknya segera tidak menambah pinjaman dalam jangka panjang, serta menyelesaikan pinjaman di bank yang dirasa perlu segera diselesaikan. Ketiga kurangi pinjaman untuk persediaan barang yang tidak moving bahkan dead moving. Kelebihan barang seperti ini tentunya akan menjadi beban bagi perusahaan dalam mengelola cash flow. Cash flow yang baik yang berkaitan dengan pembayaran ke supplier dapat meningkatkan image perusahaan apabila pembelian barang/bahan baku selalu dalam kategori kredit.

  1. Kinerja produksi

Meningkatkan kinerja produksi salah satu indikator persiapan yang mesti dilakukan, sebab peluang pasar ke pasar ASEAN akan terbuka lebar. Dengan demikian selain dapat memenuhi pasar dalam negeri, perusahaan bisa memasok pasar luar negeri. Riset pasar pada saat ini sangat diperlukan untuk persiapan peningkatakan kapasitas produksi. Managemen kinerja produksi sangat efektif sangat dibutuhkan di era persaingan bebas saat ini.

  1. Kinerja penjualan dan pemasaran

Bagi perusahaan yang saat ini lebih banyak bermain di dalam negeri dan sangat kuat posisinya, tentunya perlu mempersiapakan diri agar pasar yang ada tidak tergerus oleh datangnya produk pesaing. Datangnya produk pesaing yang beragam dan dengan kualitas dan budget promosi yang cukup besar dapat menggerus produk dalam negeri. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kinerja penjualan dan pemasaran agar produk dapat dipasarkan lebih luas ke Negara tetangga lainnya, sambil terus memperhatankan pasar dalam negeri.

  1. Kinerja Human recources

Tentu saja bagian ini perlu ditingkatkan kinerja dan profesionalitasnya. Kebutuhan akan SDM yang sangat kreatif, disiplin dan loyal pada perusahaan sangat dibutuhkan di tengah persaiangan yang semakin kencang. Posisi departement HRD menjadi kian penting perannya dalam meningkatkan pengetahuan dan skill para karyawan yang ada di perusahaan. HRD tidak hanya berkutat pada penyediaan data base, pencatatan absensi karyawan, pencatatan cuti, pengobatan dan lainnya. Tetapi perannya menggodok kinerja personal karyawan agar mampu meningkatkan kinerjanya di dalam perusahaan.

Empat poin diatas sudah sangat mendasar untuk ditingkatkan kinerjanya selain yang lain-lain yang merupakan bagian penunjang. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi pada para pembaca.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>