«

»

Nov 03

PREDIKSI BEBERAPA BISNIS YANG TETAP JALAN DI ERA DIGITAL. BISNIS MANAKAH ITU?

Tidak hanya di Indonesia, hampir di sebagian besar belahan dunia saat ini sudah mulai memasuki era serba digital. Perkembangan dunia internet yang begitu pesat. Dari anak-anak sampai orang dewasa sekarang sudah dapat menikmati berbagai kemudahan dari layanan internet yang relatif sangat terjangkau.

Kemajuan dunia internet saat ini begitu menguntungkan bagi para penggunanya, sekarang kita dapat dengan begitu mudahnya mengakses internet sehingga semakin memudahkan kita dalam mencari apapun yang berada di dunia ini.

Dari mulai ilmu pengetahuan sampai dengan mencari uangpun kita bisa dengan mudah mendapatkannya dari era digital dengan akses yang sudah didepan mata. Dunia bisnispun juga mengalami berbagai transformasi pergeseran yang begitu singnifikan, terutamanya adalah tentang dunia bisinis jual beli. Lalu, sekarang kira-kira bisnis apa sajakah yang diprediksi akan bisa memperoleh kesuksesan pada era serba digital seperti saat ini? Inilah jawaban dari beberapa pertanyaan bisnis tersebut:

1. Bisnis Toko Online / E-commerce.

Toko-toko online saat ini sudah berkembang dengan sangat subur di Indonesia. Bayangkan saja saat ini toko-toko online seperti: Tokopedia, Bukalapak, Olx, Lazada dan banyak lagi yang lainnya sudah bisa mengantongi laba perharinya rata-rata bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Sebuah angka yang begitu fantastis untuk ukuran kategori e-commerce asli dari Indonesia.

Saat ini masyarkatpun sudah mulai bergeser untuk membeli sesuatu ke toko-toko online karena memang sangat memudahkan para konsumennya. Juga stok barangnya pun juga berlimpah. Bayangkan saja, dari mulai barang-barang elektronik yang bernilai ratusan juta, sampai dengan mainan dan kaos kaki yang paling harganya ribuanpun juga dijual disana. Untuk kedepannya mungkin saja mall-mall di Indonesia hanya dijadikan sebagai alternatif tempat rekreasi dan tempat makan saja. Untuk berbelanja masyarakat sekarang sudah mulai bergeser lebih senang kepada e-commerce.

2. Jasa Periklanan Online/Digital Marketing.

Dengan semakin berkembangan toko online di Indonesia maka secara tidak langsung jasa periklanan onlinepun akan mendapatkan dampak yang lebih positif. Iklan-ikaln pada media online sekarang lebih banyak dilihat jika dibandingkan dengan media cetak atau TV. Dan hal ini juga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang besar bagi kita saat kita memiliki jasa periklanan online. Bisinis yang begitu menjanjikan karena memang setiap orang akan bisa sangat mudah untuk mengakses internet. Penggunaan di Indonesiapun sangat banyak dan beragam jenisnya. Dan nampaknya para pengiklanpun sekarang juga sudah mulai menyadarinya. Memasang iklan yang lebih efektif justru adalah dari media online tersebut.

3. Jasa Pembuatan/Perbaikan/Maintenance Website.

Seperti yang suda kita ketahui bahwa bisinis online sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia, oleh karena itu bisnis jasa pembuatan/perbaikan website juga memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan profit.

Masalahnya adalah tidak semua orang bisa dengan mudah untuk membuat toko online, karena memang terlalu rumit dan juga tidak semua orang menguasai ilmu untuk pembuatan website.
Nah bagi yang sudah memiliki website sendiri, suatu saat pastinya akan mengalami masalah. Website ibaratnya seperti sebuah motor. Suatu saat juga perlu di servicekan. Atau bahkan malah rusak karena terjadi sesuatu. Maka inilah peluang yang sangat bagus bagi Anda yang ingin berbisnis jasa pemeliharaan/maintenance website.

4. Bisnis Perangkat Gadget/Elektronik.

Siapa sih pada era serba digital seperti sekarang ini yang bisa jauh-jauh dari gadget? Hampir tidak ada. Iya memang manusia modern seperti sekarang sangat bergantung kepada gadget untuk melakukan sesuatu. Barang satu menit saja tidak memegang gadget akan terasa sangat berbeda. Apalagi bagi Anda yang memang benar-benar memanfaatkan gadget untuk keperluan pekerjaan.
Intinya adalah gadget akan sangat diburu oleh masyarakat luas di era serba digital seperti sekarang ini, karena memang sudah menjadi kebutuhan mereka. Tidak hanya itu, perangkat lainnya seperti kamera eksternal, headset juga masih laris manis pada era serba digital seperti sekarang ini.

5. Bisnis Jasa Ekspedisi.

Akibat dari semakin berkembangnya toko online, maka jasa pengiriman barangpun juga semakin berkembang. Jika kita membeli suatu barang di toko online, maka barang yang sudah kita beli akan dikirim melalui jasa ekspedisi. Sekarang orang dengan sangat mudah dapat membeli barang-barang tanpa harus keluar rumah, karena apabila kita membeli, maka barang akan diantarkan langsung sampai ke rumah. Meski jasa ekspedisi sudah banyak di Indonesia namun saat kita mencoba dengan pelayanan yang berbeda, maka tidak akan mungkin pelanggan yang sudah merasa nyaman dengan jasa pengiriman yang lain akan beralih kepada kita.

6. Alat Transportasi Online.

Seiring dengan semakin bekembangnya teknologi digital dengan merambah toko-toko online dan bidang-bidang bisnis yang lainnya. Maka sekarang alat transportasi onlinepun telah menawarkan alternatif yang berbeda-beda. Masyarkat bisa dengan mudah menggunakan alat transportasi tanpa harus kesana kemari mencari-carinya. Hanya tinggal pesan saja melalui gadged secara online dari rumah, hanya tinggal menunggu di depan rumah dengan santai. Maka beberapa menit kemudian akan segera datang alat transportasi tersebut ke rumah kita. Tidak perlu lagi kita harus bersusah payah untuk menunggu-nunggu angkuatan umum di pinggir jalan raya dan terminal ditengah teriknya matahari. Benar-benar semakin memudahkan kita bukan? Bahkan sekarang untuk kategori bisnis kecil seperti produk-produk UKM pun sudah mulai go online, artinya adalah sekarang pola model bisnis memang sedang mengarah kearah model bisnis online (e-commerce).

Itulah beberapa referensi dari bisnis-bisnis yang mungkin saja bisa kita coba pada era yang serba digital seperti sekarang ini, selamat mencoba dan salam sukses. Terimakasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>