«

»

Des 01

PERLUKAH SOP (STANDARD OPERATION PROCEDURE) UNTUK BISNIS ANDA?

Seperti yang kita ketahui, bisnis seperti MC Donald dan KFC, serta bidang makanan lainnya. Bisa beroperasi dengan sendirinya tanpa pemilik menunggu dan ikut menjalankan operasional bisnis tersebut. Secara logika jika pemilik bisnis harus ikutan mengelola bisnis, maka berapa banyak gerai yang harus diurus setiap hari. Rasanya kalau membagi setahun dengan waktu kedatangan pemilik maka tidak masuk akal. Dan pasti ada gerai-gerai dan bahkan banyak gerai-gerai tersebut keselip alias tidak mendapatkan giliran pemiliknya ikut mengurusnya. Keajaiban ini benar-benar nyata. Kenapa bisa begitu bisnis tersebut? Salah satunya adalah manajemen yang tertata dengan baik. Nah, salah satu dokumen penting yang biasa dipakai adalah SOP.

pembuat-sop-perusahaan

Keajaiban SOP sangat luar biasa apabila didokumentasikan dengan baik dan dipraktekan dengan baik pula. Oleh sebab itu judul diatas dijawab “ sangatlah perlu SOP untuk perusahaan apapun”. Lalu bagaimana cara membuatnya? Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah apabila bisnis kita baru, maka SOP yang dibuat akan mengacu pada industry yang sejenis meskipun dalam perjalanan bisnis SOP akan diubah sedemikian rupa. Jadi cara pengerjaannya adalah dengan menjiplak proses bisnis industry serupa. Lalu SOP diimprove sedemikian rupa menyesuaikan keadaan riil perusahaan. Pendampingan untuk pembuatan SOP baru oleh konsultan system manajemen sangat perlu dan penting.

Kedua adalah membuat SOP dengan menyesuaikan proses bisnis riil perusahaan sehari-hari dan dengan demikian SOP dibuat dengan cara tidak terpaksa. Untuk bagian kedua ini sangat bagus dan disarankan.

Namun walau begitu, masih banyak perusahaan yang belum memiliki SOP sehingga dalam perusahaan nampak begitu kacau dan tidak terorganisasi dengan baik. Kendala-kendala yang dihadapi adalah tidak ada pembimbingan maupun orang yang mengerjakannya. Inilah kesulitan utama SOP yang harus dibuat oleh perusahaan.

Konsultan manajemen akan sangat welcome dalam membantu pembuatan SOP perusahaan, sehingga dengan metode cukup baik, SOP akan dibantu disusun sedemikian rupa mengikuti proses bisnis yang ada di perusahaan. Oleh sebab itu peranan konsultan pembuat SOP sangat penting.

Bagaimana cara mencari konsultan SOP yang handal dan berpengalaman? Tentu saja pembaca bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Konsultan SOP memiliki pengalaman telah membantu banyak perusahaan dalam menerapkan SOP di perusahaan.

Konsultan SOP memiliki pengalaman pembuatan SOP yang sangat beragam dengan industry yang beraneka ragam.

Konsultan SOP dalam mengerjakan akan melibatkan para karyawan dalam menyusunnya, bukan mengacu pada pola pikir konsultan SOP, sehingga penerapan SOP tidak sesuai dengan yang ada di lapangan, atau sesuai dengan proses bisnisnya.

Konsultan SOP menyarankan perusahaan untuk menindaklanjuti pembuatan SOP ini ke ruang lingkup yang lebih besar, seperti menganjurkan perusahaan untuk mengambil sertifikasi ISO. Dengan demikian perusahaan teraudit dan terkontrol oleh pihak auditor independen.

Kalau mengetahui hal ini, maka hindari membeli SOP jadi dari pihak lain yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. SOP yang baik adalah SOP yang dibuat berdasarkan proses bisnis yang ada diperusahaan bukan yang mengambil SOP orang lain atau perusahaan lain dan di terapkan di perusahaan. Tentunya tidak akan cocok. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca. Apabila pembaca membutuhkan informasi lanjutan dan bimbingan dalam pembuatan SOP, silahkan email ke groedu@gmail.com atau kontak ke Hp 0818521172 atau ke 081252982900. Kami siap membantu. ( Frans M. Royan)

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>