Mar 07

PENYEBAB UTAMA MENGAPA PARA PENGUSAHA RITEL MODERN SERINGKALI HARUS MENGALAMI KEGAGALAN (KEBANGKRUTAN)

Tidak dapat disangkal lagi bahwa setiap kali akan mendirikan toko ritel modern, entah seperti apapun bentuk dan modelnya baik itu berupa: Supermarket, Minimarket, Apotek, Toko-toko khusus untuk bahan kue, toko bahan bangunan, toko oleh-oleh, oleh-oleh khas suatu daerah, toko Roti, toko Fashion, semuanya juga masih tetap membutuhkan adanya pengalaman dan proses pembelajaran untuk setiap masing-masing bidang.

Biasanya, apabila si pemilik masih kurang, bahkan sama sekali tidak pengalaman, maka si pemilik usaha ritel modern tersebut akan langsung dihadapkan pada suatu kondisi dimana masa tersebut masih berupa masa coba-coba (trial & error) yang bisa dibilang cukup panjang. Nah, jika sudah seperti ini, maka secara umum pada tahun pertama, tahun kedua, bahkan sampai kepada tahun ketiga perusahaan berjalan, sama sekali kurang, bahkan tidak ada yang memperoleh keuntungan. Karena terlalu banyaknya biaya-biaya, baik itu adalah biaya rutin maupun biaya-biaya yang sifatnya tidak terduga dan harus segera dikeluarkan untuk membayar segala biaya trial dan error (masa coba-coba/percobaan tersebut).

Dan yang lebih parahnya lagi adalah biasanya pengusaha ritel modern tersebut sudah merasa dirinya paling bisa dan cukup banyak mempelajari dunia bisnis ritel ini (karena terlalu lamanya proses trial and error/masa coba-coba yang terlalu panjang) padahal dalam praktek sebenarnya juga masih sangat banyak hal dari perjalanan proses dalam memulai bisnis ritel modern ini yang tidak diketahui terjadinya dilapangan.

Oleh karena itulah maka sangat banyak sekali diantara perusahaan-perusahaan ritel modern yang masih baru saja didirikan, namun pada akhirnya harus rela untuk bangkrut dan gulung tikar yang disebabkan karena perusahaan tersebut selalu saja merugi, kekurangan dana, bahkan sampai harus ditutup karena terlalu banyak menanggung hutang yang tidak mampu terbayarkan kepada pihak bank pemberi pinjaman kredit.

Mengapa kejadian-kejadian seperti ini harus berulangkali terjadi? Hal-hal dibawah inilah yang menjadi jawabannya dan terlampau sulit untuk bisa dipahami oleh para pengusaha-pengusaha ritel modern tersebut:

1. Pemilik usaha ritel telah mendapatkan barang-barang dagangan yang terlampau mahal, karena tidak memiliki jaringan relasi maupun pengetahuan yang cukup memadai tentang relasi atau para pemasok dengan tawaran harga yang jauh lebih murah.

2. Selanjutnya adalah dalam hal operasional secara lebih mendetail, si pemilik bisnis ritel modern sama sekali tidak mengetahui apa saja faktor-faktor yang seringkali menyebabkan perusahaan terus mengalami kerugian, misalnya pemberian barcode yang salah, yang disebabkan karena si pemilik terlalu berambisi ingin dengan segera membuka usaha secepat kilat dan langsung secara instan memperoleh untung lebih besar juga dengan secepat kilat pula. Selain karena tidak adanya pengalaman yang cukup memadai, juga bisaj jadi karena lebih bersifat untuk mencoba-coba. Dan karena hal inilah yang menyebabkan semakin membesarnya biaya trial dan eror yang harus dikeluarkan dan terlampau mahal.

3. Pengaturan karyawan yang tidak tepat, sehingga karyawan tidak mampu bekerja secara maksimal karena tidak adanya panduan kerja yang baku, intruksi kerja serta minimnya dukungan pengetahuan seputar produk knowlogde bagi mereka. Serta mereka bisa jadi juga karena terlalu miskin training, sehingga karyawan menjadi semakin lebih sering keluar masuk (turn over), dan yang lebih berbahayanya lagi adalah mereka keluar masuk sambil mencuri barang-barang penjualan ritel milik perusahaan.

4. Sistem manajemen yang terlalu kacau bahkan mungkin sama sekali tidak ada, sehingga banyak sekali mengalami kehilangan-kehilangan, kinerja tidak efektif, biaya operasional semakin membengkak dan tidak semestinya. Jadi semua inilah yang biasanya menyebabkan perusahaan malah semakin terbebani. Belum lagi para karyawan yang tidak mampu bekerja jika tidak dibimbing oleh si boss, karena hal-hal itulah yang juga menyebabkan si pemilik usaha ritel modern menjadi terlalu capek dan semakin strees. Tadinya yang begitu menginginkan memiliki bisnis sendiri yang bisa untung berlimpah, namun jadinya malah akhirnya buntung yang begitu tragis.

Beberapa keadaan seperti diatas adalah sebagian contoh kecil yang seringkali harus dihadapi oleh para pemilik usaha yang hanya bermodalkan nekat saja, tanpa sama sekali memperhitungan atau bahkan terlalu “pelit” untuk mengorbankan sebagian kecil uangnya untuk membayar seorang ahli dalam membuka/set up awal dari suatu perusahaan ritel modern. Namun tentu saja hal-hal seperti ini sangat dimaklumi bagi perusahaan dengan bermodalkan pas-pasan, akan tetapi jika harus membandingkannya dengan berinvestasi dari biaya trial & error (masa percobaan), maka biaya dari kegagalan dengan membayar seorang ahli dalam bidang men set up awal perusahaan ritel modern, maka akan menjadi jauh lebih ringan apabila dibandingkan dengan perusahaan baru yang sejak dari awal semuanya sudah ditangani sendirian. Karena itulah segera hindari hal-hal yang sia-sia eperti diatas jika perusahaan ritel modern milik Anda tidak ingin mengalami kegagalan ditengah jalan.

Apabila Anda memang sangat berniat ingin benar-benar berhasil, maka pilih dan carilah seorang konsultan yang professional dan berpengalaman yang cukup mampu dalam membantu Anda untuk men set up perusahaan agar perusahaan Anda bisa berjalan dengan lebih baik dan mampu memperoleh profit yang besar. Jangan sia-siakan waktu Anda hanya dengan mengambil keputusan yang terlalu panjang untuk menunda-nunda menggunakan jasa dari para ahli yang mampu membantu Anda dalam men set up bisnis ritel modern baru milik Anda.

Konsultan set up perusahaan baru biasanya sebelum bekerja akan menganalisa dan merancang terlebih dahulu perusahan Anda yang dimulai dari memeriksa struktur organisasi, sehingga akan bisa diketahui berapa banyak kebutuhan untuk proses perekrutan karyawan bagi bagi setiap posisi jabatan pada perusahaan Anda yang nantinya akan disesuaikan dengan jenis skalanya, agar tidak sampai terjadi yang lebih kacau, maka perusahaan juga harus segera dibuatkan SOP (Standar Operating Procedure), Intruksi kerja bahkan juga harus dilengkapi dengan software. Apapun yang nantinya akan dibuat oleh konsultan merupakan beberapa bagian dari sistem manajemen usaha ritel modern yang sedang Anda bangun, agar perusahaan tersebut dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses trial & error (masa coba-coba/percobaan) yang terlalu panjang.

Untuk Jasa Konsultan bisa menghubungi kami di Hp 0818521172 (XL), 081252982900 (Simpati) atau email : groedu@gmail.com. Terimakasih semoga bisa bermanfaat dan salam sukses.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.