Des 03

PENTING MEMBANGUN BRAND DITENGAH KERUMITAN PERSAINGAN, MULAI SAJA JANGAN RAGU!

Pada saat Anda terlalu sering, bahkan banyak mendengar tentang kata “Branding”, maka hal seperti apa yang akan muncul di pikiran, Anda? Ya, tentu saja bisa berupa gambaran Merk, Image, Nama baik produk atau berupa pencitraan belaka. Beberapa hal tersebut memang saling berhubungan langsung dengan branding. Dalam dunia bisnis, branding memang sangat mutlak harus dilakukan. Karena, dengan adanya basic branding yang lebih kuat, maka produk, jasa, lembaga, institusi apapun yang ingin kita pasarkan semakin lama maka akan semakin menjadi familiar (dikenal luas) oleh para konsumen dan calon konsumen.

Semakin lama usia dari sebuah brand bisnis, maka akan semakin familiar pula produk yang sudah dihasilkan dari brand tersebut dan tentunya akan semakin menumbuhkan rasa kepercayaan yang lebih tinggi dari para calon investor, klien, dan tentu saja para konsumen. Namun, jika kita masih baru pertamakali mendengarkan nama sebuah brand dari suatu produk. Yang menjadi pertanyaannya adalah: Jika seandainya kita adalah salah satu dari para calon konsumen yang sudah mereka targetkan. Lalu apakah kita akan langsung mempercayai dan mengambil langkah berani untuk mencoba membeli dan menggunakan produk dari brand baru tersebut? Tentu saja jawaban dari kemungkinan terbesarnya adalah tidak, bukan?

Namun sebaliknya, jika kita terlalu sering mendengar atau bahkan dimana-mana sudah banyak melihat merek-merek tertentu, baik di pemberitaan media, iklan, brosur, maupun flyer, maka tanpa sedikitpun kita sadari, sebenarnya kita sudah menjadi semakin familiar dengan brand tersebut. Dan alhasil, tanpa kita sadari, kita sudah mulai menumbuhkan adanya sedikit-demi sedikit rasa kepercayaan tahap paling awal terhadap suatu brand.

Terdapat sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa “TIDAK KENAL, MAKA TAK AKAN BISA SAYANG”, tentunya pepatah tersebut adanya benarnya juga bukan! Dan hubungannya dengan produk branding ini, entah itu adalah berupa properti, retail, jasa, personal (pribadi), atau hal-hal apapun yang ingin kita pasarkan, semakin produk tersebut banyak dikenal dengan baik oleh para calon konsumen, maka akan menjadi semakin mudah pula Anda dalam memasarkannya. Karena itulah KEBERADAAN dari BRANDING sebuah bisnis sangat dibutuhkan.

Branding, selain harus memperkenalkan, mempromosikan sebuah produk, juga dapat membentuk suatu image dan opini masyarakat/calon konsumen terhadap sebuah produk yang sudah kita pasarkan. Namun demikian, jika ingin membangun sebuah brand/image bisnis yang lebih kuat, maka tentunya juga tidaklah mudah. Dibutuhkan adanya strategi khusus yang lebih tepat, dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama, serta pastinya juga tetap membutuhkan adanya dukungan biaya yang mencukupi. Maka dari itu, menjadi sangat wajar jika terdapat banyak diantara para pebisnis yang akhirnya harus menerima kepahitan dari kegagalan dalam menjalankan bisnisnya karena mereka tidak berhasil dalam menciptakan brand image yang cukup kuat, sehingga produk yang selama ini sudah dihasilkan sama sekali tidak bisa bertahan lama di tengah semakin kuatnya tingkat persaingan dan perilaku pasar yang selalu berubah-ubah.

Kondisi tersebut menjadi bukti nyata bagi kita bersama, bahwa branding menjadi salah satu asset paling berharga bagi sebuah bisnis yang selanjutnya akan membawa dampak yang begitu besar terhadap sebuah perusahaan dalam usahanya untuk menuju ke puncak kesuksesannya.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para pebisnis ketika brand image atau merek yang selama ini sudah mereka bangun telah berhasil menguasai setengah, bahkan sebagian besar dari pasar. Maka beberapa hal berikut inilah yang selanjutnya akan Anda dapatkan, yaitu:

1. Memberikan daya tarik tersendiri yang lebih bagi para konsumen.
2. Lebih mudah menumbuhkan rasa kepercayaan dan untuk mendapatkan loyalitas dari para pelanggan.
3. Membuka adanya peluang yang lebih besar bagi Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi dan tetap bersaing dengan brand-brand bisnis lainnya.
4. Peluang terbaik bagi para pebisnis dalam mengembangkan diferensiasi produk.
5. Menjadi ciri khas tertentu dari sebuah produk yang membedakannya dengan produk yang sejenis.

Lalu, sarana seperti apa saja yang paling efektif untuk branding dari sebuah bisnis ni? Untuk saat ini, sarana yang dipandang paling efektif adalah dari berbagai media, terutamanya adalah dari media online, seperti: Facebook dan Instagram juga mulai mendapat perhatian yang lebih dari para pebisnis dalam mengenalkan brandingnya terhadap para calon konsumen baru.
Bagi perusahaan FMCG ( fast moving consumer good) branding bisa dilakukan diberbagai event, baik itu pameran, demo-demo memasak, atau kegiatan event lainnya dimana para konsumen sedang berkumpul dan membutukan barang-barang ketika event (pameran) diselenggarakan. Branding akan banyak dilakukan oleh pelaku marketing di perusahaan.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang seperti apa arti pentingnya membangun dan mengenalkan sebuah brand bagi sebuah bisnis ditengah semakin rumitnya persaingan pasar global seperti sekarang ini. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas atau bimbingan pembuatan team marketing, training promotion & event manajemen, dan lainnya silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak di 081-252-982900, atau 081-8521172, Tim kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.