Apr 24

ONE STOP SHOPPING DALAM SET UP MINIMARKET DAN SUPERMARKET

Urusan mendirikan minimarket dan supermarket  tidaklah gampang. Penderitaan utama adalah dalam menyiapkan infrastruktur mulai dari bangunan, rak, lay out toko, mesin kasir, software dan pengadaan orangnya. Rasanya kita tak sanggup untuk lakukan hal ini, bukan pekerjaan mudah kata orang! Kegagalan utama dalam set up ini umumnya dipicu oleh kegagalan ketika launching mini market atau supermarket pertama kali. Kalau tidak salah harga ya toko sepi oleh pengunjung. Jika salah harga seolah-olah toko kita ramai tetapi untuk tujuh hari kemudian toko kita bangkrut. Nah, persoalan ini seringkali terjadi ketika kita membuka usaha baru. Kalau pun selamat dari kegagalan karena merugi, maka ketika launching toko kita tidak seramai harapan. Wah, susah ya mendirikan ritel modern?

Untuk membuat lancar semuanya sebaiknya carilah pertolongan pada seorang konsultan ritel modern yang sudah pengalaman. Kita akan dituntun untuk melakukan dan menyiapkan hal-hal sebagai berikut :

Infrastruktur – seorang konsultan memiliki link atau channel supplier yang berkaitan infrastuktur mulai rak, mesin kasir, software, desainer interior dan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan oleh minimarket atau supermarket ketika beroperasional. Oh, tidak perlu itu …kalaupun tidak perlu agar toko kita ramai tentunya perlu suasana toko yang nyaman dan menyenangkan oleh sebab itu butuh jasa seorang desain interior. Dan tentu saja seorang konsultan ritel bisa membantu hal ini dengan baik. Kadang yang dirasa tidak perlu, selalu sulit untuk dipenuhi oleh seorang pemilik usaha. Hal ini tidak mudah dan butuh persiapan panjang.

SDM – setelah infrastruktur selesai dibangun, termasuk lay outnya, maka tugas berikutnya adalah menyiapkan SDM yang akan membantu mengoperasikan minimarket atau supermarket yang kita miliki. Mulai pencarian seorang manajer, jika toko diserahkan kepada seorang manajer, sampai dengan operasional toko terdiri dari pramuniaga dan lainnya. Seorang konsultan ritel bisa membantu lakukan hal ini agar pemilik usaha tidak kesulitan mencari orang. Sangat ribet dalam mendirikan supermarket atau minimarket tanpa didampingi seorang konsultan.

Sistem manajemen – kalau SDM sudah dicari , ternyata ada yang dibutuhkan lagi yaitu system manajemen untuk perusahaan ritel tersebut. Yakni dengan mengatur mekanisme kerja mulai fungsi setiap SDM dalam organisasi, job desnya, sampai aliran pekerjaannya seperti apa, dan dokumen penting yang dipakai apa saja. Sistem manajemen ini lebih menjadi landasan dasar operasional dari mini market atau supermarket agar perusahaan ritel ini bisa berjalan dengan baik.  Tanpa system manajemen operasional perusahaan ritel akan kacau.

Teknologi pendukung – setelah system manajemen ada lalu dibutuhkan teknologi pendukung yaitu software yang akan menunjang operasional seperti mesin kasir yang bisa beroperasional dengan melakukan penjualan melalui POS.  Hal ini penting  agar penjualan bisa dilakukan dengan cepat dan dibukukan secara system dengan baik. Bagian ini sering kali seorang pemula tidak memahami cara kerja dari POS. Dimana POS hanya melakukan penjualan dengan 1 gudang. Jika penjualan metodenya bisa dilakukan kredit dan menggunakan gudang lain, maka POS tidak bisa digunakan dalam system operasional penjualan di perusahaan ritel modern. Oleh sebab itu jangan sampai keliru ketika memilih teknologi pendukung. Seorang konsultan akan membantu untuk mendapatkan software yang bisa bekerja secara multi gudang. Ini berkaitan dengan system manajemen yang harus dibuat. Serta untuk lakukan mapping bisnis proses dalam system operasional hanya konsultan manajemen ritel.  Selain itu teknologi ini bisa membantu di sisi system accounting, sehingga laporan keuangan perusahaan bisa muncul dan seorang pebisnis bisa dengan mudah mengelola perusahaan ritelnya.

Tahap launching dan pra launching – ada dua kemungkinan yang terjadi di ritel kita. Pada saat launching terjadi penjualan lancar tetapi secara operasional ternyata tidak berjalan lancar. Konsumen sangat sedikit datang ke toko kita, maka konsultan bisa memandu seorang pebisnis untuk lakukan program-program penjualan yang tepat guna serta efektif. Nah, pengalaman untuk membuat program-program ini hanya bisa dilakukan jika anda menggunakan seorang konsultan yang tepat. Jadi bantuan seorang konsultan sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Analisa keuangan dan profit – pada akhirnya seorang pebisnis menghendaki usahanya profit. Untuk apa usaha jika tidak profit, oleh sebab itu perjalanan bisnis akan dipantau oleh seorang konsultan agar perusahaan bisa profit dan mengalami pertumbuhan. Dengan bantuan konsultan maka lengkaplah sudah set up mini market atau supermarket yang pembaca lakukan hingga perusahaan ritel kita berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga artikel ini membantu bapak ibu yang saat ini sedang mempersiapkan berdirinya bisnis ritel. Apabila membutuhkan bantuan dan pembimbingan dalam mendirikan ritel modern silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak kami di 0818521172 atau 081-252-98-2900, kami siap membantu. (Frans M. Royan)

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.