Des 25

MENYUSUN KEMATANGAN STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (STRENGTHS-WEAKNESSES – OPPORTUNITIES – THREATS)

Dalam persaingan dunia bisnis yang sudah semakin memprihatinkan serta begitu cepatnya perkembangan dunia teknologi pada era pasar global seperti sekarang ini, maka hal ini semakin memaksa para pebisnis dalam berbagai bidang bisnis untuk terus berinovasi dan harus memiliki strategi yang terbaik dalam mempertahankan eksistensi dan tingkat kredibilitasnya dalam dunia bisnis yang perkembangannya sangat sulit untuk bisa terprediksikan tersebut.

Diperluakan adanya sebuah analisis yang secara khusus untuk memprediksikan terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan merupakan salah satu langkah awal yang dirasa sebagai salah satu langkah terbaik dalam menyusun strategi bisnis yang lebih tepat sasaran, tentang bagaimana dalam membaca akan adanya pergerakan dari berbagai peluang-peluang bisnis dan bagaimana cara terbaik dalam memenangkan persaingan untuk merebut berbagai peluang-peluang bisnis tersebut.

Dalam membuat sebuah analisis dan menyusun serta untuk mengkonsepkan dari sebuah inovasi dan strategi bisnis yang secara khusus harus menyentuh berbagai macam jenis aspek, seperti:

• Aspek produk (termasuk didalamnya adalah jasa maupun barang).
• Sumber daya manusia (SDM).
• Aspek financial.
• Aspek marketing.
• Mengidentifikasikan berbagai macam faktor, baik itu adalah faktor lingkungan Internal maupun eksternal sehingga akan dapat teridentifikasi adanya berbagai peluang bisnis.
• Aspek ancaman-ancaman terhadap perusahaan.
• Aspek kekuatan.
• Aspek kelemahan perusahaan.

Hal ini tentu saja harus tetap memperhatikan kompetensi inti dari perusahaan itu sendiri dan faktor-faktor kunci sukses apa saja yang perlu dimiliki oleh perusahaan.

Lalu langkah-langkah seperti apa yang harus dilakukan?

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan cara membuat Analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis pada manajemen internal organisasi perusahaan yang secara tersistematis dapat membantu dalam upaya untuk penyusunan perencanaan (strategi) yang benar-benar matang agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan, baik itu adalah yang bersifat untuk tujuan jangka pendek maupun tujuan berjangka panjang.

Definisi lain dari analisis SWOT adalah: sebuah bentuk analisis dari situasi dan kondisi yang lebih bersifat deskriptif (memberikan gambaran). Analisis ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor masukan, lalu akan dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang harus diingat oleh para pengguna analisis ini adalah bahwa analisis SWOT ini semata-mata hanya sebagai sebuah analisis yang memang ditujukan untuk menggambarkan tentang bagaimana situasi sebenarnya yang sedang dihadapi oleh perusahaan, dan bukan sebagai sebuah alat analisis ajaib yang mampu memberikan jalan keluar terbaik bagi permasalahan bisnis yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
Analisis SWOT merupakan suatu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk:

1. Mengevaluasi Kekuatan (Strengths).
2. Mendeteksi Kelemahan (Weaknesses).
3. Memanfaatkan Peluang (Opportunities).
4. Memprediksikan Ancaman (Threats).

Dalam menjalankan sebuah bisnis. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah-milah terlebih dahulu seputar berbagai hal yang banyak berpengaruh besar terhadap keempat faktor diatas, selanjutnya harus menerapkannya ke dalam sebuah gambar matrik SWOT, yang mana aplikasinya adalah tentang bagaimana kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan dari berbagai peluang-peluang bisnis yang ada, sehingga kekuatan/kelebihan yang dimiliki tersebut akan mampu dalam menutupi berbagai kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, dengan kata lain pada saat terjadi ancaman (threats), maka perusahaan sudah sangat siap dalam menghadapi dan untuk melawati ancaman tersebut.

Dengan jalan melakukan analisis SWOT, maka pihak manajemen perusahaan akan dapat dengan cepat menentukan langkah-langkah apa saja yang harus segera dilakukan dalam usaha untuk mencapai target dan sasaran yang diinginkan oleh perusahaan. Karena pada prinsipnya dengan menggunakan alat analisis SWOT, maka perusahaan akan mampu untuk memahami kekuatannya sendiri sekaligus mengetahui kelemahannya serta akan mampu dalam mengidentifikasikan tentang adanya berbagai peluang-peluang yang masih bisa untuk diambil dahn memanfaatkan kekuatan sendiri untuk mengatasi berbagai jenis ancaman-ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan. Baik itu adalah ancaman yang berasal dari dalam (internal) maupun yang berasal dari luar (eksternal) perusahaan.

Nah, itulah pembahasan singkat seputar penggunaan alat untuk menganalisis untuk perencanaan strategi bisnis agar bisa menjadi lebih matang yang disebut dengan analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats). Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses. Untuk konsultasi bisnis atau penyusunan analisa SWOT, hubungi 081-8521172 atau 081-252982900

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.