Jan 20

MENGINDENTIFIKASI KERUGIAN BISNIS MINIMARKET DAN SUPERMARKET, WASPADALAH SEBELUM BANGKRUT!

Kerugian minimarket atau supermarket bisa saja terjadi apabila pemilik bisnis tidak jeli. Hal ini dimungkinkan sekali bisnis minimarket atau supermarket rugi. Kerugian-kerugian yang muncul di minimarket dan supermarket antara lain :

  • Barang dicuri oleh pelanggan.
  • Input data harga beli salah sehingga perusahaan tidak memiliki margin yang cukup baik.
  • Harga jual yang diberikan pada setiap barang tidak cermat, ada yang terlalu mepet dengan harga pokok pembeliannya.
  • Kehilangan barang digudang dan penyusutan di gudang.
  • Penjualan menurun sehingga antara pendapatan dan biaya tidak seimbang.

Mari kita bahas satu persatu masalah diatas. Untuk barang yang sering dicuri oleh pelanggan biasanya barang-barang dengan harga mahal dan bentuknya kecil. Misalnya susu kaleng S-26 dapat dicuri dengan memasukan di selakangan tanpa seorang satpam mengetahui. Banyak sekali pencuri-pencuri yang berkomplot dalam mencuri di supermarket atau minimarket.

Input harga beli salah sehingga ketika barang dijual dengan tanpa cek harga jual, munculah kerugian. Oleh sebab itu dibutuhkan seorang inventory control yang sangat teliti terhadap barang, sehingga penempelan barcode bisa di-cek ulang oleh inventory ini agar tidak keliru sehingga memunculkan kerugian.

Harga jual yang terlalu murah sehingga barang diborong oleh pembeli, sehingga ketika kulak lagi maka muncul kerugian. WASPADAI HAL INI sebab kerugian yang berulangkali bisa membuat bangkrut toko.

Kehilangan barang di gudang bisa saja terjadi. Misalnya barang makanan yang digigit tikus, expired dan terkena air, sehingga barang rusak. Supplier jarang mau mengganti jika tidak ada komitmen dari awal. Barang-barang expired ini yang sering membuat kerugian.

Penjualan yang menurun menyebabkan antara biaya dengan margin tidak sesuai lagi. Selain itu apabila setting SDM cukup banyak, maka beban biaya gaji akan membuat perusahaan mengalami kerugian.

Silahkan identifikasi apakah perusahaan minimarket atau supermarket anda mengalami problem ini. Apabila belum bisa memecahkan silahkan mendapatkan info ke groedu@gmail.com atau hubungi 0818521172 atau 081252982900. Kami siap membantu anda. (Frans M. Royan)

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.