Jun 09

MENGENAL MANAJEMEN BISNIS DAN APA SAJA MANFAATNYA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DARI SEBUAH BISNIS

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya tidak pernah bisa terlepaskan dari yang namanya mengalami beberapa permasalahan vital bisnis, seperti permasalahan dalam hal produksi, tersendatnya proses pemasaran dan penjualan. Dimana masalah-masalah tersebut yang seringkali terjadi dan biasanya adalah karena dipengaruhi oleh sistem manajemen bisnis yang terlalu buruk.

Manajemen bisnis yang terlalu buruk juga dapat mengakibatkan proses operasional bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih kacau bahkan akan beresiko besar untuk mengakibatkan terjadinya kerugian bagi perusahaan. Sebagai seorang pelaku bisnis, setidaknya Anda memang harus memahami akan betapa pentingnya untuk mengenal secara lebih mendalam tentang sistem manajemen bisnis dengan tujuan agar dapat meminimalkan hal-hal diluar dugaan yang dapat menjadi semakin buruk yang dapat terjadi pada bisnis Anda. Sehingga, secepatnya akan dapat menemukan adanya sebuah solusi dari permasalahan tersebut dengan lebih efektif dan efisien dan dapat terhindarkan dari terjadinya permasalahan yang jauh serius seperti halnya mengalami kerugian yang lebih fatal bagi bisnis Anda saat ini.

Karena itulah sangat penting artinya untuk lebih mengenal dan memahami tentang apa saja manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan sistem manajemen bisnis:

1. Untuk membantu dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan tentang adanya berbagai ancaman dari dalam dan luar bisnis Anda.

Sebagai seorang pelaku bisnis, Anda juga harus mampu untuk berfikir tentang banyak hal. Termasuk juga tentang berbagai ancaman atau berupa resiko-resiko yang nantinya akan dihadapi dan bagaimana solusi yang terbaik untuk permasalahan tersebut. Dimana untuk mengatasi permasalahan seperti ini salah satu solusinya adalah dengan menerapkan sistem manajemen bisnis yang baik dan benar. Sehingga, ketika muncul berbagai ancaman-ancaman terhadap bisnis yang saat ini sedang dijalankan. Maka seorang pebisnis tidak perlu lagi harus merasa khawatir, karena sebelumnya sudah menyiapkan berbagai rencana cadangan atau berupa solusi lain untuk menghindari berbagai permasalahan tersebut.

2. Sangat membantu dalam meningkatkan kinerja operasional bisnis.

Salah satu manfaat lain dari menerapkan sistem manajemen bisnis ini adalah untuk membantu dalam meningkatkan kinerja dan menjalankan operasional bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa manajemen bisnis akan mampu memberikan berbagai dampak yang lebih positif bagi perkembangan bisnis Anda, sehingga secara tidak langsung akan cukup mampu dalam meningkatkan kinerja operasional dari bisnis Anda. Dengan adanya peningkatan dari kondisi tersebut, maka juga akan semakin membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan.

3. Cukup membantu dalam menyusun berbagai strategi bisnis.

Strategi bisnis memang sangat penting dalam upaya pengembangan bisnis untuk kedepannya. Yang mana hal-hal seperti ini memang sangat berguna untuk mengatasi maupun untuk meminimalkan terjadinya berbagai permasalahan-permasalahan yang terjadi secara tiba-tiba tanpa pernah disadari oleh si pebisnis itu sendiri. Seperti contoh, dalam menyusun strategi untuk melakukan strategi pemasaran barang, maka seorang pebisnis akan segera mencari dan secepat mungkin untuk menemukan sebuah solusi dari berbagai permasalahan yang mungkin saja dapat menghambat berjalannya strategi pemasaran tersebut dan segera menemukan cara untuk pencegahan agar bisnis yang sedang dijalankan tidak sampai terjadi kerugian karena akibat dari strategi pemasaran yang masih kurang tepat tersebut.

4. Membantu dalam mengalokasikan sumber-sumber daya, dana dan waktu.

Manajemen bisnis memang seringkali terkait dengan tentang bagaimana dalam mengatur berbagai hal seperti dalam mengatur sumber daya, dana dan waktu. Karena hal seperti itulah ketika seorang pebisnis memiliki sistem manajemen bisnis yang baik, maka juga akan mampu untuk membawa dampak yang baik pula kepada bagaimana cara untuk mengalokasikan sumber daya, dana dan waktu dengan baik. Sehingga segala kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan bisnis yang nantinya akan dijalankan atau yang telah direncanakan akan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

5. Membantu dalam menciptakan budaya dan perilaku bisnis yamg lebih positif.

Manfaat dan manajemen bisnis lainnya adalah dapat menciptakan budaya dan perilaku bisnis yang lebih positif karena dampak terbesar dari sistem manajemen bisnis yang baik dan benar adalah seperti: membantu dalam mengintegrasikan antara perilaku pebisnis pada suatu organisasi perusahaan, mendorong pebisnis untuk berfikir lebih positif dimasa mendatang, menjadikan para pebisnis untuk semakin kooperatif, meningkatkan kedisiplinan dan formalitas pada manajemen bisnis serta banyak lagi hal-hal positif lainnya. Maka dari itu, sangat tidak mengherankan jika manajemen bisnis seperti ini memiliki dampak yang begitu besar untuk kesuksesan sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

6. Membantu dalam menyusun target-target kerja

Selain akan dapat membantu dalam menciptakan budaya dan perilaku bisnis yang lebih positif, manajemen bisnis juga dapat membantu dalam hal menyusun target-target kerja. Maksud dari target kerja ini adalah berkaitan dengan segala kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dijalankan berserta berbagai prioritas dari kegiatan bisnis. Sehingga ketika seorang pelaku bisnis yang mampu menerapkan atau memiliki manajemen bisnis yang baik dan benar, maka segala proses dari berbagai kegiatan yang berada dalam bisnis akan mampu terselesaikan dengan tepat waktu dan dapat sesuai dengan target yang diharapkan oleh perusahaan.

7. Cukup membantu dalam mempertahankan eksistensi sebuah bisnis.

Manajemen bisnis yang baik dan benar secara tidak langsung akan mampu mempertahankan eksistensi dari bisnis tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dunia bisnis akan selalu ada yang namanya persaingan yang saat ini sudah menjadi semakin ketat yang menjadikan seorang pebisnis harus melakukan strategi khusus agar dapat mengatasi hal-hal seperti itu. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan atau memiliki sistem manajemen bisnis yang lebih baik dan benar yang setiap tahunnya selalu mengalami perombakan perbaikan-perbaikan sistem manajemen bisnisnya.

8. Membantu dalam menarik perhatian para konsumen.

Para konsumen bukan hanya akan dapat merasa tertarik dengan kualitas dari barang atau jasa yang telah Anda tawarkan, namun juga mereka dapat merasa tertarik karena manajemen bisnis yang baik dan benar dari bisnis Anda. Hal itu bisa terjadi karena konsumen juga mampu menilai sendiri baik tidaknya sebuah sistem manajemen dari sebuah bisnis. Karena ketika suatu bisnis memiliki manajemen yang baik juga akan sangat berdampak besar dengan bagaimana strategi bisnis yang mereka jalankan, misalnya seperti strategi pemasaran. Pada saat melakukan proses pemasaran, maka seorang pebisnis akan sangat berkaitan dengan para konsumen. Jika sebuah bisnis mampu memberikan pelayanan pemasaran dengan baik, maka hal itu akan semakin menarik perhatian dan minat dari para konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Pada dasarnya memahami manajemen bisnis memiliki arti yang sangat penting dan sudah menjadi sebuah keharusan bagi seorang pebisnis dalam memahami betapa pentingnya untuk lebih mengenal tentang apas aja manfaat-manfaat sebenarnya dari menerapkan sistem manajemen bisnis yang baik dan benar serta sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila bapak ibu membutuhkan informasi terkait hal tersebut diatas, serta membutuhkan bimbingan dalam hal terkait bisnis seperti : pembuatan SOP manajemen perusahaan, setp up pemasaran, membutuhkan software accounting, membutuhkan HRD dan rekrutment level manager dan lainnya, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.