Feb 10

MEMANFAATKAN VALUE ADDED SERVICE (NILAI TAMBAH LAYANAN) DALAM MENYEWAKAN GUDANG

Bagi sebagian besar perusahaan yang menyediakan barang dan akan langsung dikirimkan kepada para customer seperti e-commerce dan juga penyedia barang-barang retail pastinya pernah merasakan bagaimana rumitnya proses persiapan barang yang seringkali lebih berbelit-belit. Padahal setiap perusahaan tentunya ingin melayani pembelinya dengan lebih cepat dan akurat. Selain harus melalui proses pengiriman, proses persiapan barangpun juga menjadi hal yang sangat penting. Dalam proses mempersiapkan barang, packing merupakan salah satu hal yang cukup memakan banyak sekali waktu. Tidak jarang dari beberapa perusahaan yang telah melakukan proses packing di dalam gudang untuk lebih mempersingkat waktu agar bisa segera dikirimkan.

Melihat hal itu, beberapa gudang pun telah menyediakan layanan value added service (nilai tambah layanan) seperti packing atau repacking atau bisa dibilang sebagai pengemasan ulang dalam gudang. Tentunya hal ini juga sangat menguntungkan bagi para penyewa gudang karena barang dari dalam gudang akan bisa segera dikirimkan kepada end customer dengan kemasan yang sudah sangat rapi.

Repacking sendiri merupakan sebuah proses pengemasan kembali, barang-barang satuan yang tadinya suudah dikemas dengan digabungkan. Ada kalanya barang yang tersimpan dalam gudang tidak dalam bentuk satuan, melainkan sudah dalam sebuah dus yang terdiri dari beberapa barang. Contohnya perusahaan yang memproduksi peralatan memasak seperti panci atau wajan. Biasanya produk yang telah diproduksi dari pabrik akan langsung disimpan dalam gudang dalam jumlah yang banyak, misalnya satu dus bisa berisi beberapa panci. Untuk dijual secara langsung kepada end customer, panci tersebut harus di repacking ulang satu- per satu (pengemasan satu persatu).

Proses repacking terdiri atas beberapa proses, seperti packing, wrapping dan penggunaan bubble wrap sebagai perlindungan untuk barang, serta labeling. Packing atau pengemasan merupakan proses yang mana barang yang akan masuk ke dalam gudang untuk kemudian akan dimasukan ulang kedalam dus untuk dikemas kembali dengan rapi agar semakin memudahkan untuk bisa dibawa pada saat proses pengiriman barang.

Sementara wraping adalah sebuah proses barang yang telah dimasukan ke dalam dus tersebut untuk segera dilapisi lagi dengan plastic wrap. Hal ini bertujuan agar barang tersebut tidak sampai basah apabila terkena air maupun benda-benda lain yang berbentuk bubuk atau semacam cairan.

Bubble wrap juga sering digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap barang-barang tersebut agar tidak mudah rusak pada saat terjadi goncangan selama proses pengangkutan maupun pada saat diperjalanan. Hal itu dapat dilakukan juga di dalam gudang, sehingga dapat lebih mempercepat proses untuk pengiriman barang.

Setelah produk tersebut telah dikemas dengan rapi dan sudah diberikan perlindungan, maka selanjutnya adalah proses labeling, yang mana labeling seperti ini merupakan sebuah proses untuk memberikan label terhadap produk tersebut agar dapat dikirimkan secara langsung terhadap para end customer.

Apa Saja Keuntungan Dari Menggunakan Value Added Service?

Tidak bisa disangkal lagi bahwa proses yang terlalu panjang dan sedikit berbelit-belit dapat menjadikan biaya semakin lebih besar lagi. Setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari bisnis yang sedang dijalankannya. Dan salah satu caranya adalah dengan mempersingkat proses persiapan barang dengan langsung melakukan packing dalam gudang. Proses repacking yang terjadi dalam gudang akan menjadikan proses pengiriman menjadi lebihn cepat. Pengiriman yang terjadi dengan lebih efektif akan semakin mempercepat proses transaksi dari perputaran uang. Hal itupun juga akan sangat berpengaruh terhadap semakin menurunnya biaya operasional karena situasi pergerakan barang yang sangat produktif dan lebih kondusif.

Proses pengiriman barang yang lebih cepat tidak hanya akan menjadikan operasional perusahaan menjadi semakin lebih hemat, namun juga dapat semakin meningkatkan kepuasan dari para pelanggan. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun, kepuasan pelanggan sudah menjadi fokus utama mereka. Pelanggan yang puas dengan produk atau layanan yang telah diberikan oleh perusahaan dapat semakin meningkatkan citra dan reputasi perusahaan tersebut. Reputasi perusahaan yang baik akan berbanding lurus dengan pendapatan yang akan diterimanya. Semakin bagus reputasi sebuah perusahaan, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang kemudian akan memberikan profit bagi perusahaan tersebut.

Namun, tidak semua gudang dapat menyediakan hal seperti ini, karena biasanya penyewa gudang hanya ada yang menyewakan ruangan saja atau space only tanpa adanya tenaga manusia (man power) yang akan membantu mereka dalam mengatur arus dan pergerakan badan didalam gudang. Untuk itulah, pastikan bahwa Anda mencari gudang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Semoga artikel diatas bermanfaat, apabila pembaca membutuhkan informasi terkait artikel tersebut diatas, atau membutuhkan bimbingan dalam penyusunan SOP logistic dan transportasi, software accounting, warehouse management, set up Perusahaan Distributor, serta set up ritel modern, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu! Terima kasih.

Konsultan manajemen Surabaya, Konsultan manajemen Semarang, Konsultan manajemen Jogjakarta, Konsultan manajemen Bandung, Konsultan manajemen Jakarta, Konsultan manajemen Palembang, Konsultan manajemen Medan, Konsultan manajemen Banjarmasin, Konsultan manajemen Palangkaraya, Konsultan manajemen Balik papan, Konsultan manajemen Samarinda, Konsultan manajemen Makasar, Konsultan manajemen Menado, Konsultan manajemen Denpasar, Konsultan manajemen Mataram, Konsultan manajemen kupang

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.