Des 13

MANFAAT DAN BEBERAPA PERAN PENTING DARI PENGGUNAAN SISTEM POS (POINT OF SALES SISTEM) PADA BISNIS MINIMARKET

Kali ini jasa Konsultan bisnis di Surabaya mengulas artikel mengenai POS untuk bisnis ritel. Jika Anda sedang memulai atau memang sudah lama mengelola sebuah bisnis minimarket, maka ada baiknya jika Anda menggunakan sistem yang biasanya banyak digunakan sebagai sistem pendukung untuk kelancaran dari proses penjualan dari bisnis minimarket tersebut, yaitu dengan menggunakan sistem Point of Sales System atau sistem (POS) yang akan digunakan untuk mengatur pengeluaran dan pendapatan dari minimarket Anda dengan lebih tepat dan cepat.

Terdapat banyak sekali peran-peran penting yang bisa dilakukan oleh sistem kasir POS tersebut dalam menjalankan bisnis minimarket, setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui, yaitu:

BEBERAPA PERAN VITAL DARI PENGGUNAAN SISTEM POS PADA BISNIS MINIMARKET

Terdapat beberapa peranan terpenting dari penggunaan sistem POS untuk menjalankan bisnis minimarket Anda, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memberikan laporan penjualan dengan lebih akurat dan cepat.

Sistem POS akan memberikan Anda sedikit gambaran yang lebih jelas tentang bisnis minimarket dengan tingkat transaksi tunai yang begitu cepat dan untuk penyimpanan catatan arus kas secara otomatis. Data-data tentang berbagai jenis produk akan dapat ditemukan dengan lebih mudah. Peran penting dari penggunaan sistem POS yang lainnya adalah kemampuannya dalam menyimpan berbagai jenis informasi tentang status keuangan Anda, status inventaris dan status penjualan Anda. Berdasarkan dari informasi tersebutlah, maka Anda akan dapat merencanakan pendapatan yang secara statistik sangat diharapkan untuk bulan ini, dua bulan selanjutnya dan untuk tahun-tahun selanjutnya.

2. Lebih aman untuk menyimpan tempat uang kembalian dan hasil penjualan sementara..

Meskipun trend dari pembayaran menggunakan kartu kredit saat ini sedang meningkat, namun untuk sekelas minimarket, pembayaran menggunakan uang tunai masih tetap lebih mendominasi untuk kalangan strata sosial menengah kebawah. Program POS akan memberikan Anda sebuah laci uang tunai (Cash Drawer) yang lebih aman untuk tempat penyimpanan uang sementara, dikombinasikan dengan penggunaan program yang akan memantau level kas perusahaan semakin lebih memungkinkan bagi Anda untuk melacak pengeluaran hari itu juga.

3. Menyesuaikan berbagai program-program penawaran seputar produk.

Dengan menggunakan sistem POS ini, maka Anda akan dapat dengan lebih jelas dalam mengidentifikasikan dari setiap masing-masing kategori produk mana yang paling menguntungkan dan juga tidak menguntungkan. Anda masih bisa mengetahui item-item apa saja dan mana saja yang tidak menghasilkan profit yang baik bagi bisnis minimarket Anda dan Anda juga bisa mengembangkan strategi penjualan untuk selanjutnya. Karena alasan itulah, maka Anda akan dapat menyesuaikan barang-barang Anda yang masih berada di toko atau barang-barang mana saja yang nantinya akan Anda dijual serta lebih banyak lagi strategi-strategi lainnya. Penggunaan sistem POS ini secara otomatis sudah menyediakan analisis yang lebih mendalam tentang bagaimana perilaku pembelian para pelanggan. Ya, tentu saja peran penting dari penggunaan sistem POS ini akan lebih memungkinkan bagi perusahaan Anda untuk menyesuaikan setiap kebutuhan dari masing-masing kelompok konsumen tanpa harus menggunakan jam kerja penelitian yang terlampau mahal.

4. Meminimalkan terjadinya kesalahan (Human error).

Peran penting lainnya dari penggunaan sistem POS ini dalam berbisnis minimarket adalah dapat mengubah harga dari suatu produk dan secara otomatis akan langsung memperbarui di seluruh sistemnya, sehingga harga akan selalu terlihat pada keseluruhan proses. Dan karena alasan itulah, maka minimarket Anda harus memastikan bahwa harga selalu sesuai dengan yang sudah diberikan kepada para pelanggan dan menghindari klien yang merasa tidak puas dengan perbandingan harga dari minimarket Anda.

5. Menyimpan berbagai informasi-informasi penting seputar penjualan dari minimarket Anda.

Sistem POS mampu menyimpan berbagai jenis informasi tentang pelanggan Anda. Bahkan, hal ini sangat memungkinkan bagi Anda untuk mencari tahu tentang apa saja produk favorit untuk setiap pelanggan Anda. Manfaat dari menggunakan sistem POS ini akan semakin terlihat jelas ketika Anda telah menyesuaikan penawaran produk dan promosi Anda untuk setiap masing-masing pelanggan. Mereka akan merasa di istimewakan dan diperlakukan dengan baik oleh pelayanan dari bisnis minimarket Anda.

6. Mengelola karyawan minimarket Anda.

Menggunakan sistem POS bisa bermanfaat untuk memeriksa penjualan tambahan yang biasanya seringkali dilakukan oleh setiap karyawan. Namun, untuk hal semacam itu juga dapat digunakan sebagai sebuah alat manajerial dan reward. Dengan melakukan hal itu, maka karyawan akan menjadi lebih termotivasi dan lebih efektif dalam bekerja. Karena alasan itulah, maka penjualan dari waktu ke waktu akan terus meningkat dan layanan pelanggan Anda juga akan ikut meningkat.

Pada sisi lain, karyawan akan dapat memeriksa bagaimana statistik dari penjualannya sendiri, yang akan dapat sangat membantu karyawan tersebut untuk menjadi semakin lebih sadar akan bagaimana tujuan pribadinya. Juga, semakin memungkinkan bagi mereka untuk melihat di mana angka-angka tersebut akan dapat ditingkatkan.

Ya, tentu saja menggunakan sistem POS akan menjadikan bisnis minimarket Anda bisa semakin lebih berfokus terhadap biaya, memberi Anda wawasan yang jauh lebih luas lagi tentang pendapatan, menjadikan Anda cukup mampu dalam menghemat waktu, meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan dan menggunakan data-data yang sudah tercatat sebelumnya untuk menciptakan peningkatan pendapatan yang lebih signifikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila bapak ibu membutuhkan informasi terkait artikel di atas, dan membutuhkan bimbingan dalam start up mini market, supermarket dan ritel modern lainnya baik untuk peralatan rumah tangga, bahan bangunan, consumer goods, serta lainnya silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-982900 (wa) kami siap membantu. Terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.