Jan 16

MANAJEMEN BISNIS: TIPS SUKSES DALAM UPAYA UNTUK MELAKUKAN EKSPANSI PENGEMBANGAN BISNIS

Memiliki bisnis yang akan selalu terus dan terus berkembang merupakan harapan terbesar dari semua pebisnis. Banyak diantara beberapa perusahaan yang berusaha keras untuk melakukan tindakan ekspansi bisnis dengan jalan membuka cabang-cabang bisnisnya pada beberapa kota atau dengan cara membuka jenis bisnis lain yang baru. Namun juga tidak jarang diantara mereka yang melakukan tindakan ekspansi bisnis terlalu gegabah karena sudah sangat haus dan tergiur akan secepatnya ingin menaikan pendapatan bisnisnya.

Maka akibatnya adalah, cabang baru dari bisnisnya tersebut tidak ada yang mampu bertahan lebih lama dari bisnis pusat atau bahkan malah semakin banyak menghabiskan dana dari perusahaan pusat dengan sia-sia. Ekspansi bisnis merupakan suatu proses bisnis yang akan terus berkesinambungan. Proses seperti ini tidak bisa langsung bertumbuh secara instan dengan kesan yang terlalu terburu-buru. Oleh karena itu, perencanaan untuk ekspansi bisnis harus dipikirkan dengan sangat matang.

Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, bisa menjadi peluang baru untuk melakukan ekspansi bisnis. Namun pada sisi lainnya, bisnis Anda akan semakin dituntut untuk senantiasa dapat berubah mengikuti perkembangan zaman, berinovasi dan mampu bergerak cepat serta bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan kondisi pasar. Hal ini dimaksudkan agar bisnis Anda masih dapat bertahan dalam memenuhi apapun berbagai kebutuhan dan permintaan konsumen (pasar).

Cara yang paling cerdas yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam upaya untuk melakukan ekspansi bisnis pada era yang sudah serba digital seperti sekarang ini adalah dengan jalan melakukan ekspansi bisnis yang sustainable growth (pertumbuhan yang semakin berkesinambungan). Apabila perusahaan ingin melakukan ekspansi bisnis, maka mereka juga harus melakukan tiga langkah utama berikut, yaitu: Fewer, Bigger dan Bolder.

1. Fewer.

Artinya adalah perusahaan harus lebih jeli dalam mengambil berbagai peluang yang ada. Pada saat ingin melakukan ekspansi, maka Anda tidak harus banyak menaruh dana atau tenaga Anda pada banyak tempat. Namun hanya cukup di satu ditempat saja atau pada satu jenis usaha yang memiliki prospek yang sangat bagus. Ibaratnya adalah seperti bermain saham, Anda jangan menaruh terlalu banyak dana Anda pada seluruh sektor saham. Namun pilihlah sedikit sektor saham yang memiliki potensi yang terbesar untuk memberikan profit yang besar bagi Anda.

2. Bigger.

Artinya adalah Anda harus mampu untuk mengenali potensi terbesar dari jenis usaha yang nantinya akan Anda ekspansi tersebut.

3. Bolder.

Pastikan bahwa jenis usaha tersebut memang memiliki keuntungan yang jauh lebih besar di masa yang akan datang.

Inti sebenarnya dari ketiga kunci sukses untuk ekspansi bisnis adalah hanya terletak pada fokusnya saja. Perusahaan harus bisa tetap fokus terhadap potensi-potensi yang akan bisa membawanya pada pertumbuhan yang akan selalu berkesinambungan. Dalam hal ini, perusahaan harus mampu untuk mengisolasi berbagai potensi-potensi pertumbuhan bagi perusahaan yang sudah termasuk di dalamnya, seperti: modal, peluang, program, sumber daya manusia dan lain sebagainya. Adapun kerangka kerja utama dari fokus tersebut adalah:

1. Strategy (Strategi).
2. People (Orang).
3. Organization (Organisasi).
4. Discovery (Penemuan).
5. Rallying Cry.
6. Metrics (Metrik).
7. Execution (Eksekusi).

Dalam proses discovery, perusahaan harus mamp untuk memetakan potensi-potensi terbesar yang dapat dimanfaatkan. Terkait akan hal ini perusahaan juga harus bisa untuk menganalisis data-data yang ada agar dapat membaca potensi tersebut. Lalu untuk strategi, perusahaan harus mampu untuk membuat prioritas peningkatan pada bidang-bidang mana saja yang sangat berpengaruh besar kepada tingkat pertumbuhan dari perusahaan.

Kemudian perusahaan harus membuat indikator-indikator keberhasilan yang ingin dicapai (Metrics), sehingga impelemtasi dan eksekusi dari ekspansi bisnis dapat diukur. Setelah itu, perusahaan juga bisa langsung memilih SDM yang lebih kompeten (People) dalam upaya untuk mengeksekusi strategi ekspansi bisnis tersebut. Selanjutnya perusahaan harus mampu untuk membangun organisasi (Organization) yang dapat berkolaborasi secara harmonis dari SDM-SDM yang telah terpilih tersebut.

Sebelum dieksekusi, strategi dari ekspansi bisnis harus dikomunikasikan secara menyeluruh kepada setiap elemen-elemen perusahaan sampai mereka benar-benar paham dan mengerti strategi ekspansi bisnis yang nantinya akan dijalankan (Rallying Cry). Komunikasi seperti ini dapat melalui berbagai macam cara, seperti: melalui slogan, konten, akronim, gambar dan lain sebagainya. Terakhir adalah memulai untuk mengeksekusi strategi ekspansi bisnis yang telah disusun sebelmnya (Execution). Setiap strategi yang telah dijalankanpun juga harus tetap dianalisis dan diukur dengan skala tingkat keberhasilan yang telah disusun sebelumnya.

Cara seperti ini adalah bukan menjadi sebuah patokan baku bagi Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Masih terdapat berbagai macam cara lain yang mungkin saja bisa Anda temukan dan pelajari dari para ahli manajemen bisnis yang lain. Sehingga Andapun juga masih perlu untuk membaca dan mempelajari sumber-sumber exspansi bisnis lainnya. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan bagi Anda sekalian yang mengingingkan ekspansi bagi bisnisnya, apabila membutuhkan bantuan dalam penyusunan desain system manajemen, mulai re-desain struktur organisasi, perapian job description dengan adanya proses bisnis baru, pembuatan SOP manajemen : Finance & accounting, Marketing, Produksi, SOP HRD, serta persiapan relokasi usaha ke kota dengan UMR rendah, dan kebutuhan software accounting silahkah hubungi 0818521172, atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.