Sep 17

MENGETAHUI DAN MEMAHAMI PERAN PENTING BIDANG AKUNTANSI KEUANGAN DALAM DUNIA BISNIS

Sebenarnya sudah sangat dipahami benar oleh semua pebisnis, bahwa kegiatan akuntansi bukanlah suatu kegiatan produktif yang bisa menghasilkan banyak laba untuk perusahaan, namun kegiatan akuntansi merupakan suatu alat yang nantinya akan digunakan untuk menghitung laba perusahaan.

Pihak manajemen dan investor sendiri juga tidak mengharapkan laba yang tidak mungkin dihasilkan oleh perusahaan yang semata-mata hanya bersumber dari kegiatan akuntansinya saja. Namun, dalam hal itu bukan berarti bahwa perusahaan harus mengabaikan dan sama sekali tidak membutuhkan adanya peran penting lain dalam bidang akuntansi pada sebuah bisnis. Bidang akuntansi akan mampu memberikan kontribusi yang jauh lebih besar lagi dalam meningkatkan kinerja dari produktivitas dari sebuah bisnis.

Sebelum membahas secara lebih mendalam tentang seperti apa peran dan arti penting bidang akuntansi dalam dunia bisnis, maka sebaiknya Anda harus dapat menjawab terlebih dahulu beberapa pertanyaan tentang mengapa bidang akuntansi sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan siapa saja yang berhak untuk menerima manfaat berupa informasi yang dihasilkan dari penggunaan bidang akuntansi ini? Dengan kata lain, Anda harus terlebih dahulu memahami tentang apa fungsi sebenarnya dari bidang akuntansi bagi sebuah bisnis.

Dari segi fungsinya sendiri bidang akuntansi dapat dikategorikan menjadi salah satu bagian dalam sistem informasi akuntansi. Dan berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang peran-peran dan setiap fungsi penting bidang akuntansi dalam sebuah bisnis:

1. Bidang Akuntansi Sebagai Suatu Jasa Untuk Aktivitas Dalam Memenuhi Kebutuhan Pihak Lain.

Sebagai suatu bidang aktivitas yang berhubungan langsung dengan jasa untuk memenuhi kebutuhan pihak lain, bidang akuntansi akan mengumpulkan dan mengolah data-data transaksi perusahaan dalam memenuhi beberapa hal seperti berikut ini:

• Kebutuhan akan informasi keuangan bagi pihak eksternal yang menyangkut perusahaan dan tentang kepatuhan terhadap berbagai ketentuan dan peraturan perundang-undangan.
• Kebutuhan dari pihak internal atau pihak manajemen tentang informasi yang masih diperlukan untuk membuat suatu perencanaan, melaksanakan, dan mengendalikan operasional perusahaan.

Dan karena hal itulah agar bidang akuntansi ini mampu dalam menjalankan setiap masing-masing fungsinya dengan lebih baik, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang tipe-tipe dari informasi yang sangat diperlukan. Untuk menjalankan setiap masing-masing fungsinya sebagai suatu aktivitas dalam penyediaan jasa bagi pihak-pihak tertentu, entah berhasil atau tidaknya suatu kegiatan dari aktivitas akuntansi tersebut tentunya masih dapat diukur berdasarkan dari tipe, kuantitas, dan kualitas dari informasi yang sudah dihasilkan dan disajikan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan tersebut. Secara garis besar, pihak yang berkepentingan dengan eksistensi dari bisnis akan dikelompokan kedalam dua macam kategori, yaitu:

1. Pihak internal, seperti para direksi/manajer.
2. Pihak eksternal, seperti: para investor, kreditur, pihak pemerintah dan masyarakat.

Yang mana, dari setiap masing-masing pihak juga tetap membutuhkan informasi keuangan yang berbeda-beda, karena kepentingan mereka masing-masing juga berbeda terhadap perusahaan baik dari segi tipe, waktu maupun dari frekuensinya.

2. Bidang Akuntansi Sebagai Salah Satu Bagian Dalam Sistem Informasi Akuntansi.

Bidang akuntansi mengidentifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi keuangan yang menyangkut suatu entitas bisnis dalam membuat suatu dasar sebagai keputusan akhir. Dan karena hal itulah, maka tugas utama dari seorang akuntan adalah untuk memberikan informasi dalam membantu para penggunanya untuk membuat suatu dasar keputusan. Keputusan-keputusan yang lebih strategis secara ekonomi tersebut akan menentukan bagaimana sumber ekonomi yang masih terbatas dan dalam jumlah yang akan dialokasikan bagi kepentingan sebuah bisnis.

Sebagai suatu sistem informasi, bidang akuntansi akan sangat membantu masyarakat dalam menentukan jenis dan kuantitas dari barang serta jasa seperti apa saja yang harus disediakan, berapa banyak barang atau jasa yang harus disediakan, kapan barang dan jasa tersebut harus disediakan, dan lain sebagainya. Bidang akuntansi berhubungan langsung dengan beberapa disiplin ilmu lain, seperti:

• Bidang ilmu ekonomi.
• Bidang ilmu manajemen.
• Bidang ilmu keuangan.
• Bidang ilmu psikologi.
• Bidang komunikasi.
• Bidang teknik, dan seterusnya.

Dengan cara mengaplikasikan prinsip-prinsip dari bidang ilmu-ilmu lain tersebut, maka seorang akuntan akan dapat mengetahui dan memahami dengan lebih jelas tentang bagaimana para pengguna dari laporan keuangan tersebut akan memproses informasi akuntansi dan tentang bagaimana informasi akuntansi tersebut akan sangat mempengaruhi keputusan akhir mereka.

Setelah memahami betapa pentingnya peran dari bidang akuntansi keuangan dalam dunia bisnis, maka sekarang sudah saatnya bagi Anda untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik dan benar. Agar lebih memudahkan dalam pengelolaan keuangan bisnis sebenarnya untuk saat ini bisa dilakukan dengan semakin mudah menggunakan bantuan dari software akuntansi online.

Penggunaan aplikasi/software akuntansi online menjadikan semuanya semakin lebih mudah dengan laporan yang serba cepat dan tentunya akurat, dapat membantu Anda dalam membaca laporan keuangan di mana saja dan kapan saja. Sangat penting untuk memantau bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda saat ini secara realtime demi masa depan dari bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam penyediaan software accounting, penyusunan laporan keuangan dan service accounting lainnya, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Atau email ke groedu@gmail.com Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.