Des 15

LANGKAH-LANGKAH METODE PENDEKATAN KONSULTASI TERSISTEMATIS DALAM KONSULTASI MANAJEMEN BISNIS

Metode dalam konsultasi manajemen bisnis yang biasanya banyak dilakukan oleh para konsultan manajemen memang lebih bersifat untuk pembenahan-pembenahan terhadap sistem manajemen, beberapa diantaranya lebih menekankan terhadap metode dan berbagai pendekatan konsultasi yang lebih tersistematis, efektif dan efisien seputar ruang lingkup manajemen internal bisnis, dan tahapan atau langkah-langkah untuk awal pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan dan Pengembangan Dokumen Internal Bisnis.

Penyusunan dan pengembangan dokumen dari sistem manajemen bisnis, setelah mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang alur atau flow process/alur proses dan berbgai karakteristik dari manajemen bisnis, maka konsultan akan melakukan penyusunan dan pengembangan dokumen sistem, mulai dari penyusunan kebijakan-kebijakan manajemen, prosedur Kerja yang baku pada setiap fungsi dan bagian dari proses bisnis agar dapat terkendali dan bisa berjalan dengan efektif serta sampai kepada form-form yang nantinya akan digunakan. Dalam hal ini dokumentasi dari para konsultan akan sangat membantu dalam hal penyusunan dari sistem dokumentasi, sehingga tidak sampai terlalu memberatkan para klien dalam hal dokumentasi.

IMG-20171019-WA0005

Konsultasi PT. Brothersindo – Jakarta

2. Kegiatan Diagnostic Assessment atau Gap Analysis (Analisis Gap).

Proses selanjutnya adalah diagnostic assessment/gap analysis yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran awal tentang bagaimana proses bisnis/alur dari proses, ketersediaan dan penerapan dari sistem manajemen yang selama ini telah banyak digunakan serta tentang kesiapan dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan cara melakukan analisis seperti ini, maka akan lebih mengenal tentang bagaimana kondisi dan karakteristik dari manajemen secara langsung. Selain itu tahap ini juga sangat berguna untuk mengetahui sampai sejauh mana sistem yang (mungkin saja) sudah ada pada Perusahaan? Apakah nantinya akan bisa dilakukan berbagai pembenahan-pembenahan/revisi ulang, atau harus melakukan pembuatan sistem baru, atau mungkin juga harus dilakukan proses merger document, bahkan harus dilakukan penghilangan dokumen/form yang dianggap tidak perlu.

3. Penerapan / Implementasi Sistem Manajemen

Setelah penyusunan sistem dan kegiatan diagnostic assessment (gap analysis) telah selesai dilakukan, maka selanjutnya akan direview dan disahkan oleh pihak manajemen, jika dirasa memang sudah sesuai, maka tahapan selanjutnya adalah untuk menjalankan sistem manajemen tersebut dalam keseharian dalam proses di perusahaan. Selama kegiatan penerapan dari sistem manajemen berlangsung, maka konsultan juga akan ikut dalam melakukan monitoring berbagai kegiatan untuk memastikan bahwa sistem telah dijalankan dengan konsisten serta untuk membantu apabila dalam perjalanan proses monitoring tersebut telah terjadi ketidaksesuaian dalam penerapan sistem.

4. Pelaksanaan Audit Internal dan Peninjauan Terhadap Sistem Manajemen.

Tujuan dari pelaksanaan audit internal adalah untuk mengukur seberapa efektif dari penerapan sistem manajemen yang selama ini sudah diterapkan. Setelah proses pelaksanaan audit internal sudah berhasil, maka harus dilaksanakan disertai dengan pelaksanaan berbagai perbaikan-perbaikan dari ketidaksesuaian yang selama ini telah ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah harus dilakukan pelaksanaan rapat tinjauan manajemen. Rapat untuk tinjauan manajemen ini nantinya akan membahas antara lain adalah tentang hasil dari pelaksanaan audit internal, tindakan perbaikan yang telah atau sedang dilakukan, pembahasan dari kinerja proses dan pencapaian sasaran dan lain sebagainya.

5. Monitoring dan Maintenance Sistem Bisnis.

Untuk memantau dan memastikan bahwa system sudah 100% benar-benar dijalankan dengan baik, Maka pihak konsultan biasanya akan melakukan audit sistem ditahun berikutnya yang akan dilaksanakan setiap per tiga atau enam bulan sekali selama setahun (proses monitoring tanpa dikenakan biaya).

Sekarang Anda pastinya sudah mengerti bukan, atau setidaknya memiliki sedikit gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana proses dari metode pelaksanaan konsultasi manajemen bisnis, semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Apabila bapak ibu membutuhkan konsultasi bisnis, sekitar pembenahan system manajemen perusahaan, mulai menyusun ulang struktur organisasi, pendetailan job specification, penyusunan SOP dan penyusunan KPI perusahaan, silahkan hubungi Frans di 0818521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu. *

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.