Apr 14

KEUNTUNGAN MENJADI DISTRIBUTOR DAN PILIHAN PELUANG UNTUK MENJADI PENGUSAHA DISTRIBUTOR

Bisnis Distributor adalah sejenis usaha yang dilakukan untuk menjadi sebagai perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufakturing) kepada para pengecer. Setelah pabrik menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual, lalu produk tadi akan dikirimkan kepada distributor yang sudah terdaftar menjadi salah satu distributor dari pabrik penghasil produk. Distributor lalu akan menjualnya kepada para pengecer. Sebenarnya peluang usaha distributor merupakan salah satu peluang yang sangat menguntungkan apabila bisa dijalankan dengan baik.

Dalam pengertian lain, distributor merupakan perantara diantara para produsen dan konsumen. Distributor memiliki tugas untuk membeli produk dari produsen yang lebih besar lagi, mengklasifikasi produk sesuai dengan jenis, ukuran, dan kualitasnya masing-masing dan memperkenalkan produk kepada para konsumen.

Agar dapat menjalankan bisnis distributor, maka Anda harus pintar-pintar dalam membaca situasi dan keinginan dari pasar. Terdapat beberapa keuntungan apabila Anda menjadi salah satu dari distributor, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Biaya produksi sama sekali tidak menjadi beban Anda, itu berarti bahwa kerugian akan dapat semakin diminimalisir.

2. Margin profit masih tergolong kecil, karena yang diandalkan dari bisnis ini adalah besaran dari distribusi produk.

3. Seorang pelaku distributor tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan masa kadaluarsa dari produk, karena masalah seperti itu sudah menjadi tanggungjawab sepenuhnya dari pihak yang memproduksi produk.

4. Menjadi distributor tidak perlu memikirkan tentang marketing, karena itu sudah menjadi tanggungjawab dari produsen. Itu sebabnya peluang untuk berbisnis distributor merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak sekali mencetak orang-orang kaya baru.

Terdapat banyak sekali jenis peluang dari bisnis distributor. Apa saja jenis usaha distributor yang bermodal kecil, namun memiliki untung yang lumayan besar?

1. Distributor Produk Minuman.

Penghasil dari produk minuman bermerek terkenal dan sudah sangat besar biasanya akan mencari distributor untuk dapat melakukan sistem titip. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu modal yang lumayan besar untuk menjalankannya. Produsen akan dengan senang hati menitipkan dagangan mereka kepada Anda. Anda hanya membutuhkan tempat. Cari tempat yang strategis dan semakin memungkinkan untuk peluang bisnis distributor ini. Apabila usaha ini semakin laris, maka Anda akan mendapatkan untung yang semakin besar. Namun resikonya pun juga terbilang minim. Anda bisa menyediakan berbagai minuman mulai dari kemasan kecil sampai yang berskala besar seperti galon.

Selain produk minuman mineral, Anda juga bisa menjadi distributor minuman berenergi, minuman ringan, dan kopi kemasan sachet. Tentu saja peluang dari bisnis distributor ini yang menjual aneka minuman akan menjadi prospek yang semakin bagus untuk ke depannya.

2. Distributor Produk Sembako.

Peluang dari berbisnis distributor lainnya adalah dengan cara menyediakan produk-produk sembako. Sembako, seperti beras, telur, gula, sayur-sayuran, daging, minyak goreng, susu, minyak tanah, dan garam, berpeluang untuk dijadikan sebagai usaha distributor. Peluang usaha distributor memiliki cakupan yang paling luas. Anda bisa menjadi seorang distributor dari beberapa produk sembako tadi, atau bisa juga seluruhnya. Untuk menarik para pelanggan, Anda bisa memainkan harga produknya.

3. Sebagai Distributor Pulsa.

Menjadi distributor pulsa elektrik merupakan peluang usaha distributor yang sangat minim modal. Selain itu, distributor pulsa tidak membutuhkan tempat khusus dan praktis. Anda hanya membutuhkan satu atau lebih telepon selular, sudah cukup dengan menjalankan bisnis seperti ini.

Terdapat dua macam cara dari sistem pemasaran distributor pulsa, yaitu offline dan online. Apabila offline, maka Anda harus datang dan mendeposit. Maraknya penggunaan smartphone untuk alat sebagai internet, tentunya peluang bisnis dari distributor pulsa sudah menjadi sangat basah. Anda bisa mengeruk banyak keuntungan dari bisnis ini, karena pada saat seperti ini orang-orang seperti sedang ketagihan smartphone.

4. Distributor Produk Makanan Ringan.

Cari dan temukan industri rumahan yang telah memproduksi makanan ringan. Jajanan ringan seperti ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha distributor terbaik sebagai pilihan Anda. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu memikirkan tentang modal, tinggal pasarkan saja. Yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus mencapai kesepakatan harga dengan sang produsen makanan ringan tersebut.

Volume produksi merupakan faktor penentu utama dari keuntungan Anda. Peluang usaha distributor akan semakin membuka kesempatan yang lebar bagi Anda yang ingin memulainya. Selain yang sudah disebutkan diatas, jenis peluang bisnis distributor lainnya yang perlu Anda coba adalah distributor dari hasil bumi, sandal dan sepatu, obat, mainan, buku dan alat-alat tulis, jajanan, mainan anak, gas elpiji, dan peralatan rumah tangga. Lalu sekarang tunggu apalagi? Apakah masih berpikir berulang-ulang kali untuk tidak menjadi seorang distributor?

Semoga artikel diatas menjadi inspirasi, dan apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas, seperti ingin mendirikan distributor baru dan mendapatkan produk sekaligus dibantu secara manajemen, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.