Mei 22

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERSAINGAN BISNIS RITEL MODERN

Jenis industri ritel yang semakin lama semakin terus berubah mengikuti perubahan teknologi, perkembangan dunia usaha serta berbagai kebutuhan konsumen. Bisnis ritel merupakan keseluruhan dari aktivitas bisnis yang terkait dengan urusan penjualan dan pemberian layanan terhadap konsumen yang sifatnya individu baik pribadi maupun keluarga. Agar dapat berhasil dalam pasar ritel yang sudah semakin kompetitif ini, maka peritel harus dapat menawarkan produk yang lebih tepat, dengan harga, waktu, dan tempat yang juga tepat. Karena itulah, maka pemahaman terhadap peritel terhadap berbagai karakteristik target pasar yang ingin dilayani adalah hal yang sangat penting.

Dalam operasionalnya bisnis ritel menjalankan beberapa fungsi penting, yaitu untuk membantu konsumen dalam menyediakan berbagai produk kebutuhan mereka. Menjalankan fungsi untuk memecah maupun menambah nilai sebuah produk, secara keseluruhan pengelola bisnis ritel membutuhkan adanya implementasi terhadap fungsi-fungsi manajemen dengan lebih terintegrasi, baik itu adalah fungsi keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, dan operasionalnya. Sehingga para peritel akan dapat memahami secara keseluruhan tentang ruang lingkup dari bisnis ritel mereka, strategi pengembangannya dan manajemen bisnisnya.

Strategi ritel merupakan pernyataan yang menjelaskan tentang:

1. Pusat sasaran pasar (Target market), berupa segmen pasar yang direncanakan untuk dilayani terkait dengan lebih memfokuskan sumber daya yang harus disiapkan oleh peritel.
2. Format yang direncanakan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dari target pasar. Format dari ritel merupakan gabungan ritel yang didasarkan kepada sifat atau ciri-ciri barang dan yang ingin ditawarkan, kebijakan untuk penentuan harga, pemasangan iklan dan program promosi, design toko, serta lokasi toko.
3. Dasar-dasar perencanaan ritel dalam memperoleh keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan atau keuntungan dari berbagai persaingan yang masih dapat dipertahankan untuk jangka panjang.

Dengan demikian maka setiap strategi ritel akan meliputi:

• Pemilihan segmen target pasar & penentuan format umum ritel.
• Pengembangan keunggulan bersaing yang lebih memungkinkan ritel untuk mengurangi tingkat persaingan yang dihadapi.

Konsep ritel merupakan orientasi manajemen yang lebih memfokuskan ritel untuk menentukan kebutuhan dari target pasar serta untuk memenuhi kebutuhannya dengan lebih efektif & efisien. Ritel Yang telah berhasil harus memenuhi apa saja kebutuhan pelanggan pada segmen pasar yang ingin dilayani secara lebih baik daripada yang telah dilakukan oleh pesaing. Tugas utama dalam mengembangkan bisnis ritel ini adalah dengan menetapkan sasaran pasar. Proses seperti ini harus diawali dengan menetapkan segmentasi pasar.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis ritel dalam mengembangkan keunggulan bersaing adalah:

1. Program loyalitas.

Program loyalitas merupakan bagian dari keseluruhan manajemen hubungan antar konsumen, Program seperti ini sudah sangat umum dijalankan dalam bisnis ritel, program loyalitas dapat bekerja sama dengan manajemen hubungan pelanggan/Customer Relationship Marketing (CRM). Anggota dari program loyalitas dapat diketahui saat mereka membeli, karena mereka menggunakan beberapa tipe kartu loyalitas, informasi pembelian akan disimpan dalam database yang besar, dari dari database ini akan dapat diketahui jenis-jenis barang apa saja yang sering dibeli oleh konsumen, dengan mengunakan cara seperti ini, maka pelaku bisnis ritel dapat menyesuaikannya dengan berbagai penawaran menarik untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang loyal dengan baik.

2. Lokasi

Lokasi merupakan faktor penunjang dalam pemilihan oleh konsumen. Dan ini juga sebagai salah satu keunggulan bersaing yang tidak mudah untuk bisa ditiru oleh pesaing.

Pemilihan lokasi yang tepat memiliki keuntungan yaitu:

• Merupakan komitmen sumber daya untuk jangka panjang yang dapat mengurangi fleksibilitas masa depan dari ritel itu sendiri.
• Lokasi akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari bisnis ritel dimasa yang akan datang, area yang telah dipilih harus mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi, sehingga akan dapat semakin mempertahankan kelangsungan hidup dari toko saat awal maupun pada masa yang akan datang.

Penentuan lokasi dapat dimulai dengan cara memilih komunitas, keputusan seperti ini akan menjadi sangat bergantung kepada potensi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas maupun persaingan serta iklim politik. selain itu juga lokasi geografis juga akan sangat menentukan.

3. Manajemen sumber daya manusia.

Bisnis ritel merupakan bisnis tenaga kerja intensif, para karyawan memiliki peranan terpenting dalam memberikan layanan pada konsumen dan untuk membangun loyalitas para konsumen.

4. Sistem distribusi & informasi.

Semua jenis ritel berusaha untuk mengelola usahanya dengan lebih efisien, mereka akan terus berusaha untuk memenuhi apapun kebutuhan konsumen, dan pada saat yang sama pula akan memberikan konsumen barang-barang dengan harga dengan lebih baik daripada para pesaingnya atau dengan memutuskan untuk mengunakan kesempatan dalam menarik perhatian para konsumen dari para pesaing dengan menawarkan jasa, barang, dan penyajian visual yang jauh lebih baik.

5. Menyajikan barang-barang yang unik.

Mengembangkan merek-merek yang berlabel (juga bisa disebut dengan merek-merek toko) yang merupakan produk-produk yang telah dikembangkan dan dipasarkan oleh bisnis ritel dan hanya tersedia dari ritel tersebut saja.

6. Layanan khusus bagi para konsumen.

Dibutuhkan waktu dan usaha ekstra untuk membangun sebuah tradisi dan reputasi terbaik untuk layanan konsumen, karena layanan konsumen yang bagus merupakan salah satu asset yang paling strategis dan juga sangat berharga.

Nah, itulah sedikit penjelasan seputar ruang lingkup dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menonjolkan keungulan bersaing dalam berbisnis ritel modern. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila anda membutuhkan informasi terkait artikel di atas dan membutuhkan pendampingan dalam mendirikan ritel modern, atau distributor silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-252-982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu. Terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.