Jul 22

CIRI-CIRI DARI KARAKTER SEORANG PENGUSAHA YANG BERMENTAL SUKSES MENURUT BOB SADINO

Entrepreneur atau berwirausaha merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini semakin mendapatkan banyak tempat di masyarakat. Dengan berbagai manfaat yang akan ditawarkannya, berwirausaha atau berbisnis sudah menjadi pilihan profesi yang banyak diminati oleh sebagian besar dari masyarakat kita.

Namun dalam menjalankan sebuah usaha yang penuh dengan berbagai rintangan dan tantangan yang tentunya bagi seorang pengusaha sejati tidak cukup hanya dengan mengandalkan modal (uang) dan sumber daya saja. Lebih dari itu mereka sangat membutuhkan hal lainnya yang lebih penting dari semua itu, yaitu harus bermental dan memiliki karakter pantang menyerah yang begitu kuat. Tidak sedikit diantara para pebisnis yang bahkan dengan sangat terpaksa harus menyerah dan akhirnya gulung tikar (bangkrut) karena mereka sama sekali tidak bermental dan karakter pengusaha yang tangguh serta tahan banting.

 

Ketika mereka tak kunjung mendapatkan keuntungan meskipun telah lama berjalan, para pengusaha yang tidak memiliki mental tanggung akan segera lenyap seperti ditelan bumi. Mental dan karakter seorang entrepreneur (pengusaha) sukses inilah yang kemudian menjadikan salah seorang maestro pebisnis sukses Indonesia, Bob Sadino, menjadi salah seorang pengusaha yang berhasil sekaligus sebagai pendiri dari Kemfood dan Kemchick.

Lalu, seperti apa ciri-ciri pengusaha (entrepreneur) yang bermental tangguh? Jawabannya adalah harus seperti apa yang dimiliki oleh seorang pengusaha sukses menurut Bob Sadino berikut ini agar dapat sukses dalam menjalankan bisnis Anda sendiri.

1. Memiliki niat yang besar dan bertekad baja.

Mental dan karakter untuk seorang entrepreneur sukses menurut Bob Sadino adalah harus memiliki niat dan tekad yang sangat kuat. Saat pertama kali memulai bisnis tentunya Anda akan langsung berhadapan dengan banyak sekali rintangan permasalahan untuk dapat mewujudkan rencana bisnis Anda.

Maka dari itu dengan niat dan tekad kuat, Anda akan mampu melewati segala rintangan dan dapat mewujudkan segala rencana bisnis Anda. Niat dan tekad yang kuat untuk berbisnis bagi para pengusaha ini menurut Bob Sadino dapat terlihat dari berbagai keseriusan dan waktu yang telah dikorbankannya untuk bisnisnya tersebut.

Apabila mereka masih menjadikan bisnis hanya sebagai sampingan saja, maka itu artinya niat dan tekadnya masih standar. Namun apabila pebisnis sudah memiliki niat dan tekad yang sangat kuat maka mereka akan selalu siap untuk mengorbankan seluruh waktunya hanya untuk menjalankan usahanya.

2. Memiliki Kemauan yang keras.

Dalam berwirausaha yang penuh dengan berbagai tantangan yang melekat padanya, hambatan dan rintangan tentunya akan menjadikan seorang pebisnis merasakan adanya sebuah gejolak pesimis atau memaksanya untuk berputus asa. Maka dari itu dengan memiliki mental dan kemauan yang kuat untuk bisa sukses, seorang pebisnispun akan mampu melewati segala permasalahan tersebut dengan baik dan bijaksana.

Masih menurut Bob Sadino, mental dan kemauan yang keras untuk bisa sukses memang sangat wajib untuk dimiliki oleh para entrepreneur yang ingin sukses, selain untuk dapat mengatasi berbagai tantangan juga untuk membuka ruang dan jalan bagi rencana-rencana bisnis Anda untuk ke depannya.

3. Cukup berani dalam mengambil segala resiko.

Sebagai seorang pemilik usaha, seringkali Anda akan dipaksa untuk menetukan keputusan bisnis yang mungkin saja bisa saja menentukan nasib dan kelangsungan hidup dari bisnis Anda. Nah dari sinilah Anda akan dituntut untuk berpikir keras, karena keputusan Anda begitu berarti untuk bisnis Anda sendiri.

Alih-alih akan mundur, Anda juga dituntut untuk berani dalam mengambil resiko dari setiap keputusan-keputusan yang harus diambil. Keberanian dalam mengambil resiko bisnis inilah yang menurut Bob Sadino merupakan karakter dan mental seorang entrepreneur sejati yang akan sukses. Rasa takut untuk rugi? Itu sudah biasa terjadi, seorang pebisnis harus sudah siap dengan berbagai resiko, bahkan untuk yang terburuk sekalipun dari bisnis yang selama ini dia jalankan. Bagi mereka yang tidak ingin menanggung resiko terburuk, maka Bob mengusulkan agar mereka tidak perlu repot-repot menjadi seorang pebisnis.

4. Sikat tahan banting dan tidak cengeng seperti bayi yang merengek.

Berwirausaha adalah proses pembelajaran agar bisa menjadi mandiri dan juga untuk menyediakan lapangan pekerjaan baru. Nah, agar bisa mandiri para pebisnis memang harus siap untuk tahan banting dan tidak boleh cengeng yang merengek-rengek seperti bayi saat menghadapi banyaknya tantangan dan rintangan dalam menjalankan usaha. Bagaimana jadinya apabila mereka para pebisnis ini masih cengeng saat mereka ingin menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain?

Tentunya hal ini sama sekali tidak sinkron dengan keadaan sebenarnya. Menurut Bob Sadino, seorang entrepreneur haruslah orang yang tahan banting dan tidak cengeng seperti bayi, karena mereka pasti akan menghadapi banyak sekali problematika dalam menjalani usahanya. Apabila mereka tidak tahan banting, maka bisa dipastikan bahwa mereka akan dengan mudahnya tergerus dan tereliminasi dari dunia usaha.

5. Entrepreneur (pengusaha) sukses harus selalu ikhlas dan bersyukur.

Yang terakhir, mental dan karakter untuk seorang pengusaha sukses versi Bob Sadino adalah mereka harus selalu ikhlas dan bersyukur. Meskipun pada satu sisi pengusaha harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat dalam mewujudkan impiannya. Namun di sisi lainnya, seorang entrepreneur (pengusaha) juga dituntut untuk selalu ikhlas dan bersyukur dalam segala kondisi dan pencapaian dari usahanya.

Untuk bisa menjadi sukses menurut Bob Sadino seorang pebisnis memang membutuhkan adanya proses yang harus dilalui dengan penuh rasa ikhlas dan syukur. Rasa ikhlas dan syukur inilah yang nanti akan menjadikan pengusaha tersebut untuk dapat memaknai dari setiap hasil yang didapatnya dari usahanya tersebut, bahkan untuk sekecil apapun profit (laba) dari usaha yang telah ia dapatkan. ( Dari Berbagai sumber)

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.