Feb 20

CARA TERBAIK DALAM UPAYA UNTUK MELATIH DAN MEMPERTAJAM KEMAMPUAN INSTING BERBISNIS ANDA

Dalam dunia bisnis memang seringkali dipenuhi dengan berbagai ritme yang cukup menantang dan sama sekali tidak terduga. Penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya, selera pasar (konsumen) yang setiap saat dapat berubah-ubah, semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis dan berbagai macam hal-hal lain yang harus mampu dihadapi dengan berbagai kesiapan mental dan bekal yang cukup untuk seorang pebisnis.

Tuhan sebenarnya telah menganugerahkan kepada kita sebuah insting sebagai modal awal dalam menghadapi berbagai macam kendala tersebut, dan juga sudah menjadi tugas kita untuk terus mengasahnya agar bisa menjadi semakin tajam. Insting atau biasa juga disebut dengan naluri, yaitu: suatu pola dari perilaku dan kecepatan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak mungkin bisa dipelajari namun sudah ada semenjak masa kelahiran dari makhluk hidup dan telah diperoleh secara turun-temurun.

Setiap orang memiliki instingnya masing-masing, namun tidak semua orang memiliki insting yang kuat. Mungkin saja karena jarang sekali dipergunakan sehingga kemampuan dari insting tersebut sama sekali tidak pernah terasah dengan baik dan lambat laun akan semakin melemah. Namun dalam dunia bisnis, insting dalam berbisnis yang kuat juga sangat diperlukan untuk mengahadapi berbagai tantangan-tantangan bisnis tersebut.

Menjalankan sebuah bisnis sebenarnya tidak cukup hanya dengan bermodalkan logika saja. Dan adakalanya Anda juga harus lebih mengandalkan ketajaman dari insting bisnis daripada sekedar mengedepankan logika bisnis saja. Karena alasan itulah maka berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana caranya dalam mempertajam kemampuan insting untuk berbisnis:

1. Mengamati dan Menganalisis.

Setidaknya Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk mengamati terhadap berbagai macam hal yang berkaitan atau yang sebenarnya juga tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. lalu coba analisislah, kemudian saling kaitkan antara pengamatan dan analisis Anda tersebut, maka pastinya Anda akan menemukan suatu jalan keluar baru yang belum pernah Anda sangka-sangka sebelumnya.

Lakukan secara terus-menerus kegiatan untuk mengamati dan menganalisis sehingga dengan sendirinya kemampuan dari insting berbisnis Anda akan semakin terasah dengan lebih baik. Anda dapat melakukannya secara mandiri atau bisa juga melakukannya ketika sedang mengikuti suatu pelatihan bisnis, bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan orang-orang, berdiskusi dan lain sebagainya, kesemuanya itu adalah sebuah bentuk latihan untuk melatih kemampuan dari insting berbisnis Anda.

2. Belajar dari Para Mentor-Mentor Bisnis yang Profesional dan Berpengalaman.

Salah satu fungsi utama dari seorang mentor bisnis adalah untuk mengakselerasi atau menjembatani Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Dari mentor-mentor bisnis inilah, maka Anda akan banyak sekali belajar dan dapat menghindari salah langkah yang sebelumnya pernah dialami oleh mentor bisnis tersebut agar Anda tidak mengulangi kembali terjadinya kesalahan yang sama tersebut. Dan Anda juga masih dapat mengadopsi serta menambahkan sedikit (memodifikasi) sendiri langkah-langkah jitu apa saja yang sudah dilakukannya. Mempertajam kemampuan insting dalam berbisnis dari seorang mentor bisnis yang professional dan berpengalaman memang salah satu cara dalam mempertajam insting yang cukup efektif.

3. Take Action (Segera Mengambil Tindakan).

Jangan menunggu pertimbangan terlalu lama, segeralah untuk jalankan bisnis Anda. jangan terlalu lama hidup dalam angan-angan dan perencanaan serta keraguan Anda. Dengan merasakan langsung untuk terjun ke dalam medan dunia bisnis yang sesungguhnya, maka Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali berbagai macam jalan keluar yang terbaik sebagai salah satu langkah untuk perbaikan-perbaikan dari bisnis Anda dimasa mendatang. Jatuh bangunnya Anda dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis tersebut adalah cara yang paling kuat dalam melatih dan mempertajam kemampuan insting berbisnis Anda.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara yang terbaik dalam upaya untuk melatih dan semakin mempertajam kemampuan insting berbisnis Anda, semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda tentang kemampuan insting dalam berberbisnis. Anda membutuhkan bimbingan dalam stategy bisnis dengan memulai dari analisa laporan keuangan, serta konsultasi lainnya terkait : desain system management, pembuatan SOP, penggunaan software accounting, redesain struktur organisasi dan pembimbingan dalam pengembangan bisnis, silahkan hubungi Frans M. Royan, SE,MM, di groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900, kami siap membantu. (Terima kasih)

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.