Apr 11

CARA MEMASARKAN PRODUK BARU HASIL PABRIKAN YANG EFEKTIF

Kalau sudah membangun pabrik dan pabrik sudah berjalan tentunya kendala utama yang akan dihadapi adalah bagaimana memasarkan produk yang sudah dihasilkan oleh perusahaan itu bisa dipasarkan secara maksimal. Apabila pabrik dibangun dan sudah memiliki pasar yang luas maka pabrik sudah dalam kondisi aman, tetapi bila pabrik tidak dalam kondisi aman, artinya produk belum diserap pasar maka beban pabrik akan sangat tinggi.

Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk secara luas adalah dengan mendirikan kantor cabang sendiri, atau minta bantuan para distributor untuk membantu dalam memasarkan produk buatan pabrik. Seperti yang diketahui, distributor selain sebagai dari bagian supply chain, distributor juga memiliki fungsi untuk memasarkan produk. Distributor memiliki sales people yang cukup baik dalam memasarkan produk. Oleh sebab itu apabila produk pabrik belum diserap pasar dengan baik, pabrik bisa membangun saluran distribusi produk dengan bermitra dengan para distributor. Seperti yang diketahui dua kubu ini memiliki peran yang berbeda. Kalau produsen nantinya akan memiliki peran sisi marketing, artinya produsen akan memiliki peran bagaimana memperkenalkan produk ke masyarakat dengan program-program promosinya serta aktivitas marketing lainnya. Sedangkan distributor akan membantu dalam menyalurkan produk dari distributor kepada penyalur kecil lainnya yaitu distributor.

Dua peran ini jika diempan secara bersama maka proses pemasaran produk kepada konsumen akan berjalan dengan lancar. Sedangkan aktivitas marketing yang dilakukan pabrik adalah merchandising yaitu memajang produk di rak-rak supermarket dan toko tradisional, membuat program promosi consumer atau trade. Sedangkan distributor akan aktif melakukan penetrasi ke toko-toko yang dikelolanya dengan cara penjualan kredit, konsinyasi atau tunai. Dengan penetrasi ini diharapkan konsumen dapat mengenali produk yang dihasilkan oleh pabrik. Begitu seterusnya aktivitas dijalankan demikian rupa hingga dicapai penjualan yang maksimal.

Apabila dalam percobaan ini pembaca belum mendapatkan titik terang dan hasil maksimal, silahkan evaluasi apakah apa yang dijalankan sesuai panduan di atas sudah benar atau belum. Sedangkan apabila sudah benar tetapi belum mendapatkan impact yang cukup baik, silahkan layangkan email untuk mendapatkan informasi tambahan ke groedu@gmail.com atau  silahkan hubungi 0818521172 untuk mendapatkan bimbingan, bagaimana memasarkan produk pabrik atau produk new launching anda.

 

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.