«

»

Des 21

CARA EFEKTIF MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK HASIL MANUFACTURING

1111497streetview-motox780x390

Tidak dapat dipungkiri sekarang ini melakukan penjualan sangat sulit. Pengaruh utama adalah krisis ekonomi yang berkepanjangan sehingga menurunkan daya beli konsumen. Namun jangan kuatir bagi perusahaan manufacturing yang saat ini pemasarannya tidak meluas dan memiliki wilayah pemasaran tertentu. Misalnya pabrik saat ini melayani konsumennya seputar wilayah Jawa Timur misalnya. Nah untuk meningkatkan penjualan secara praktis dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Tinjau kapasitas produksi manufacturing kita selama ini rata-rata berapa besar. Lalu cek kembali metode penjualan produk yang sedang dilakukan saat ini. Ada yang memproduksi hanya untuk perusahaan distribusi lainnya, sementara pabrik belum punya perusahaan distribusi sendiri. Kalau seperti ini mulailah memikirkan, bagaimana kalau membuat perusahaan distribusi produk sendiri dengan merek yang dimiliki sendiri. Apabila selama ini sudah memiliki perusahaan distribusi sendiri dan produk hanya diproduksi untuk perusahaan distribusi sendiri, maka yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :a) Perluas wilayah distribusi.  b) Dirikan kantor cabang, atau bekerja sama dengan distributor lain untuk mendistribusikan produk anda. Lengkap baca buku winning in the battle with distribution strategy.  c)Tambah sales force people dan bangun organisasinya sedemikian rupa dengan remunerasi dan insentif yang menarik.d) Bangun manajemen autopilot, dengan menyerahkan pemasaran produk pada manager profesional.e)Bangun infrastruktur sedemikian rupa, gudang dan mobil delivery. Jika tidak bisa investasi sendiri dapat bekerja sama dengan distributor lokal. serta buat skema kerja sama yang menarik dengan para distributor lokal.
  2. Apa yang sudah dilakukan di poin pertama, lanjutkan dengan pengasahan SDM penjualan sedemikian rupa dengan berbagai ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu dibutuhkan training antara lain : basic selling skill, sales territory management, distributorship management, pengelolaan piutang penjualan ( AR Management)
  3. Apabila poin satu dan dua belum dilengkapi dengan sistem manajemen distribusi dan penjualan yang baik, maka buatlah sistem manajemen distribusi yang baik, meliputi : aturan main manajemen penjualan, SOP penjualan, laporan-laporan yang digunakan dalam penjualan, serta lainnya dalam kancah penjualan.

Meningkatkan-Penjualan-Produk

Poin 1, 2 dan 3 adalah langkah-langkah power full dalam meningkatkan penjualan perusahaan manufacturing secara strategis. Oleh sebab itu langkah-langkah efektif ini patut direnungkan kembali dan patut didiskusikan dalam rapat pembuatan marketing plan tahun 2016. Apabila dengan panduan tersebut bapak/ibu pembaca masih membutuhkan bimbingan dalam mengembangkan dan meningkatkan penjualan perusahaan, silahkan hubungi kami di 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com. (penulis : Frans M. Royan, SE,MM adalah Konsultan manajemen pemasaran yang telah membantu ratusan klien dalam pendistribusian dan peningkatan penjualan sejak tahun 2005)

 

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>