Jul 20

CARA EFEKTIF MENGHITUNG BPJS, PP21 DAN POTONGAN LAIN KARYAWAN

Ada seorang HRD yang mengeluh sekarang ini kepalanya sering sakit sebelah, begitu pula yang lain sering mual dan pusing. Dokter juga telah memeriksa kedua HRD tersebut, sebab utama adalah strees, sehingga keduanya sering sakit kepala. Sakit kepala itu bisa ke migrain maupun vertigo. Masalah kesehatan yang mengganggu ini tentu saja sangat mengurangi aktivitas, apalagi kalau sudah menjelang akhir bulan dimana gaji karyawan harus dihitung dengan cermat dan tidka boleh keliru. Sebab kalau sudah keliru bisa menimbulkan masalah yang berkepanjangan.Ingat gaji yang dibagi itu masalah sensitif, sehingga perlu kecermatan dalam menghitung. Inilah sumber sakit pada HRD di perusahaan. Sebenarnya kalau karyawan jumlahnya sedikit di perusahaan, menghitung pajak karyawan dan potongan lainnya sangat mudah dilakukan seperti urut-urutan di bawah ini.

  1. Menggunakan excel sebagai bantuan dalam menghitung baik gaji, dan potongan-potongan yang harus dilakukan ke gaji karyawan. Di excel sudah ada rumus-rumus yang bisa digunakan menghitung secara efektikf.
  2. Gunakan mesin absensi yang sudah bisa ditarik otomatis datanya. Apabila tidak ada mesin absensi, ya mesti rajin untuk melakukan rekap setiap minggu agar pekerjaan akhir bulan tidak menumpuk.
  3. Mesti punya rekapan penggajian bulan sebelumnya, semacam data histori penggajian karyawan. Tanpa histori data seperti ini tentu saja akan membuat bingung dan bahkan kekeliruan. Ini masalah penting yang mesti diperhatikan.

Poin di atas mungkin bisa dilakukan apabila karyawan kurang dari 100 orang. Tapi bagaimana dengan perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 100 orang? Nah, mungkin  bertambah pusing untuk menghitungnya. Oleh sebab itu agar semuanya bisa dilakukan dengan cermat dan praktis memang sebaiknya menggunakan software Pay Roll & HRD, dimana di dalam software ini tertera lengkap data karyawan secara historis dan dapat menghitung secara otomatis potongan-potongan yang mesti harus dipotongkan ke gaji karyawan. Software semacam ini biasanya juga ada fitur sisa cuti, sisa pinjaman, sisa uang pengobatan dan lain-lain.  Kalau dilihat tentunya akan sangat pas untuk perusahaan yang memiliki 100 lebih karyawan. Cara pakai software ini antara lain dengan sewa atau beli paketnya. Jadi tinggal menyesuaikan dengan budget yang ada di perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut dapat klik di sini.

Sekali lagi pembaca dapat mengefektifkan waktu dan tidak harus “stress” ketika waktunya akhir bulan dan membayar gaji para karyawannya. Nah untuk informasi lain apabila dengan artikel ini belum cukup dapat menghubungi 0818521172 atau email langusng ke groedu@gmail.com. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.