Agu 30

CARA EFEKTIF MEMASARKAN PRODUK HASIL PRODUKSI MANUFACTURING

Seringkali perusahaan salah langkah ketika memasarkan produk  yang dihasilkan oleh pabrik yang baru dibangunnya. Untuk sementara pembuatan produk semata-mata untuk memenuhi trial mesin industry yang canggih. Sedangkan pasar yang akan dibidik masih abu-abu, kalaupun sudah melalui riset yang mendalam tetapi masih ada yang ketinggalan yaitu saluran pemasaran yang belum diketahui dengan pasti.

Untuk mengatasi hal ini ada salah satu cara adalah membangun saluran pemasaran local yang tentu saja kurang menjadi perhatian selama ini. Khususnya perusahaan multi nasional yang baru masuk ke pasar Indonesia, umumnya akan menyerahkan kepada Distributor Tunggal yang tidak bisa bekerja secara detail. Seperti yang diketahui persaingan pasar di Indonesia begitu ketat, dengan strategi pamungkas masing-masing perusahaan lokal, perusahaan yang baru masuk tidak bisa melawan produk local. Kegagalan demi kegagalan terjadi satu persatu.

Lalu bagaimana mengatasinya? Kerja sama dengan para pemain local adalah kuncinya. Tunjuklah distributor local sebagai mitra bisnis sehingga produk yang sedang diproduksi dengan mesin canggih tidak gagal total di kancah persaingan yang gencar. Mengapa harus menggunakan Distributor local? Alasannya adalah :

  1. Distributor local memiliki saluran distribusi yang sangat detail di wilayah masing-masing sesuai dengan area cover yang dimilikinya.
  2. Distributor local telah dikenal oleh saluran retail dan grosir yang sudah diketahui oleh mereka sehingga setiap kehadiran produk baru berkat pertolongan para penyalur ini bisa terpenetrasikan ke customer lebih intensif.
  3. Oleh karena sudah bekerja bertahun-tahun dan saling berhubungan dengan penyalur kecil tersebut, maka lebih dipercaya apabila Distributor local memberikan produk ke saluran itu dengan cara konsinyasi ataupun dengan cara tunai. Toh mereka bisa mengembalikan ke distributor local sewaktu-waktu jika tidak laku. Berbeda dengan distributor tunggal yang jangkauannya cukup jauh dan sulit diajak komunikasi jika terjadi sesuatu dengan produk pra- launchingnya.
  4. Bekerja dengan banyak distributor local bagaikan meletakan pundi-pundi uang ke keranjang tidak sama sehingga resiko yang terjadi terbagi di berbagai kantong-kantong, artinya jika terjadi kerugian maka tidak hanya pada satu titik, karena kerja sama dengan distributor tunggal.
  5. Distributor local akan menerima segala resiko piutang penjualan yang tidak perlu harus ditanggung oleh produsen. Oleh sebab itu bisa berbagi dengan berbagai distributor local mengenai resiko piutang adalah keunggulan jika memasarkan produk menggunakan saluran distributor local.

Oleh sebab keungulan-keunggulan tersebut diatas apabila pembaca sedang memiliki produk dan sekarang sedang diproduksi dan belum menemukan model penyalurannya, maka silahkan menggunakan metode ini sebagai cara memasarkan produk baru yang dibuat oleh mesin canggih seperti apapun. Silahkan cek produk yang dihasilkan mesin canggih ini sangat berhasil ketika di pasarkan dengan saluran distributor local.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan apabila menginginkan informasi sangat detail silahkan hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap membantu!

 

 

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.