«

»

Agu 16

BUDGETING (PENGANGGARAN) DAN APA SAJA KEUNTUNGAN MELAKUKAN BUDGETING BAGI BISNIS

Banyak diantara pebisnis yang selalu mengeluhkan seputar pengeluaran yang terlalu besar di awal pengembangan bisnis. Pengeluaran yang besar juga menyebabkan bisnis menjadi semakin rawan untuk terjadinya kegagalan dan tidak mampu untuk tetap bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sebenarnya, hal ini masih dapat diatasi dengan adanya budgeting (penganggaran) bisnis. Budgeting bisnis menjadikan setiap pemasukan serta pengeluaran perusahaan dapat terprediksi dengan baik sehingga akan sangat membantu para pebisnis dalam menentukan kemana arah usaha di kemudian hari. Lantas, apa sebenarnya budgeting itu? Dan apa saja keuntungan melakukan budgeting?

Pengertian Budgeting (Penganggaran)

Budgeting, atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai penganggaran, merupakan suatu perencanaan yang sudah disusun secara tersistematis dan meliputi seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter, serta berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang.

Sederhananya, budgeting bisnis sama halnya seperti seorang chef yang akan membuat sup. Dia akan menuliskan terlebih dahulu bahan-bahan dari resep apa saja yang dibutuhkan dan harus dibeli untuk proses pembuatan sup, kemudian akan segera membelanjakannya dari setiap hal yang sudah dituliskan tersebut. Dan hal-hal apa saja yang tidak termasuk dalam daftar list resep pembuatan sup tidak perlu untuk dibeli. Itulah dasar prinsip sebenarnya dari sebuah budgeting (penganggaran).

Budgeting sendiri harus diikuti dengan empat macam unsur penting, yaitu: perencanaan awal, meliputi: seluruh kegiatan perusahaan, dinyatakan dalam unit moneter, serta untuk jangka waktu mendatang. Perencanaan sangat berguna sebagai langkah awal perusahaan dalam mencapai tujuan dari budgeting. Kegiatan budgeting juga harus meliputi seluruh kegiatan perusahaan, mulai dari pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi, dan personalia. Budgeting juga harus dinyatakan dalam unit moneter yang dapat diterapkan terhadap berbagai kegiatan organisasi perusahaan yang bermacam-macam. Terakhir, budgeting juga harus berisi tentang taksiran-taksiran apa saja yang akan terjadi dan apa saja yang akan dilakukan di masa mendatang.

Keuntungan Melakukan Budgeting

Terdapat berbagai macam alasan mengapa sebuah perusahaan harus melakukan budgeting untuk dapat lebih meningkatkan produktivitasnya masing-masing.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dalam melakukan budgeting bagi bisnis yang wajib untuk Anda ketahui sebagai seorang pemilik bisnis.

1. Mampu dijadikan sebagai pedoman kerja.

Budgeting akan sangat membantu pihak manajemen dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan semula, yaitu berupa tujuan jangka panjang. Dengan begitu, target perusahaan akan tetap dapat tercapai dengan baik karena setiap orang tidak memiliki tujuannya sendiri-sendiri.

2. Mereview keuntungan perusahaan.

Sangat mudah bagi Anda untuk melihat sumber-sumber keuntungan dari perusahaan dengan cara budgeting. Setiap bagian yang tidak produktif juga akan tetap terlihat dengan jelas sehingga pihak manajemen akan dapat melakukan sesuatu terhadap bagian tersebut, baik itu adalah berupa langkah-langkah perbaikan diri atau mungkin saja harus melakukan efisiensi karyawan (pengurangan biaya).

3. Membantu dalam hal evaluasi kinerja.

Anda masih dapat bekerja bersama dengan karyawan Anda untuk membantu dalam membangun tujuan bersama dalam sebuah periode budgeting, atau mungkin juga bisa untuk menganggarkan insentif sekaligus berupa bonus pada saat mereka mampu mencapai target masing-masing. Hal ini juga sekaligus akan memberikan karyawan kesempatan dalam mengembangkan diri untuk dapat menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

4. Membantu dalam hal koordinasi kerja.

Karena memiliki tujuan yang sama, maka setiap karyawan juga akan dengan sangat mudahnya untuk berkoordinasi dengan baik dan mampu untuk saling bekerja sama sebagai sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama. Saling menunjang antara satu dengan yang lainnya dan bekerja sama adalah kunci utama dari sebuah keberhasilan dari perusahaan dan tidak diragukan lagi akan dapat dicapai oleh perusahaan apabila ingin menerapkan budgeting dalam setiap proses bisnis mereka masing-masing.

Budgeting sesungguhnya tidaklah sesulit seperti pandangan buruk tentang apa yang pernah Anda bayangkan sebelumnya untuk bisa dilakukan, Anda dapat mulai belajar untuk penyusunan budgeting perusahaan setiap bulannya, agar dapat mengetahui pengeluaran per bulan dari sebuah perusahaan maka budgeting pun akan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan semakin efisien.

Sebagai pebisnis, Anda wajib mengetahui tentang budgeting serta keuntungan apa saja dari balik penerapan sistem budgeting tersebut. Penerapan budgeting sendiri diharapkan akan dapat membantu perusahaan agar mampu menjadi lebih efektif dalam mengembangkan diri. Semoga bisa bermanfaat dan salam sukses. (Dr Berbagai Sumber)

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>