«

»

Jul 09

BERBAGAI MANFAAT YANG BISA DIDAPATKAN DENGAN MENGIKUTI PELATIHAN BISNIS BAGI PARA PENGUSAHA

Agar dapat mengembangkan sebuah bisnis memang dibutuhkan adanya keterampilan khusus dan pengetahuan yang cukup dari para pelaku bisnis tersebut. Dengan adanya acara Seminar dan pelatihan dalam kewirausahaan yang lebih tepat akan dapat menjadi salah satu alternatif terbaik dalam meningkatkan soft dan hard skill dari para pelaku bisnis, tidak hanya bagi para pelaku bisnis menengah, kecil, dan mikro, namun juga bagi para pengusaha pemula dan juga para pengusaha yang ingin dapat mengembangkan bisnisnya untuk menjadi lebih besar lagi. Menurut Beach yang diterjemahkan oleh Sofyandi (2008) tujuan dan manfaat dari pelatihan akan dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Mempersingkat masa belajar agar dapat memenuhi standar kinerja yang telah ditentukan.

Dengan cara mengikuti pelatihan sebelum akan memulai bisnis, para pengusaha akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka sehingga mereka akan dapat bekerja secara lebih optimal, tanpa harus memprediksi terlebih dahulu tentang langkah apa yang harus mereka lakukan dan akan dapat semakin memaksimalkan waktu yang telah ada.

2. Meningkatkan kinerja dari pekerjaan.

Pelatihan bisnis bertujuan untuk semakin meningkatkan kinerja dalam menghadapi berbagai pekerjaan-pekerjaan yang sedang dihadapi, sehingga akan menjadi lebih efektif dan semakin efisien, serta akan dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru bagi bisnis mereka.

3. Pembentukan sikap Entrepreneur.

Setelah memperoleh pelatihan bisnis diharapkan akan dapat membentuk sikap dan tingkah laku para pengusaha dalam menjalin hubungan yang baik diantara sesame pengusaha, seorang pengusaha dengan patner bisnisnya, seorang pengusaha dengan para karyawannya, atau seorang pengusaha dengan para konsumennya.

4. Pelatihan bisnis akan sangat membantu dalam mencari solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan operasional perusahaan sehari-hari yang seringkali terjadi, seperti mengurangi terjadinya kecelakaan kerja, mengurangi absen, mengurangi turn over karyawan, dan untuk meminimalkan indikasi masalah-masalah operasional lainnya.

5. Pelatihan bisnis tidak hanya memiliki tujuan jangka pendek saja, namun juga terhadap tujuan jangka panjang, yaitu untuk mempersiapkan para pengusaha agar dapat memperoleh keahlian dalam bidang tertentu yang memang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti halnya dengan mengambil beberapa sertifikasi dalam bidang yang memang sangat dibutuhkannya.

6. Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk dapat menjalankan bisnis.

Manfaat terakhir dari adanya pelatihan bisnis adalah agar para pengusaha mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang cukupsehingga para pengusaha akan memperoleh rasa aman dan akan dihargai, dan mampu menciptakan kepuasan dalam dirinya sebagai seorang entrepreneur.

Selain beberapa manfaat tersebut, terdapat juga keuntungan lain dari mengikuti suatu seminar dan pelatihan tentang bisnis (kewirausahaan), seperti:

• Akan menemukan patner dan mentor yang lebih tepat untuk usaha yang nanti akan atau sedang dijalankan.
• Hal utama yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha sudah benar-benar memahami bisnis mereka masing-masing sehingga para pengusaha akan tahu dan mengerti benar dari seminar dan pelatihan semacam apa atau jenis apa yang harus mereka ikuti selanjutnya. ( Dari Berbagai sumber)

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>