Agu 13

BEBERAPA TEHNIK YANG HARUS DILAKUKAN PEBISNIS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LABA BISNISNYA

Tujuan utama dalam berbisnis adalah untuk bisa memperoleh laba (keuntungan) dari bisnis yang sedang dijalankannya tersebut. Keuntungan juga merupakan satu indikator bahwa bisnis Anda sudah bisa berjalan sampai ke tahap yang bagaimana? Apakah semakin berkembang? Apakah semakin menurun atau dalam posisi stagnan (tidak berkembang juga tidak sama sekali semakin menurun).

Terkadang dari para pebisnis pemula sendiri malah semakin terlena oleh besarnya nilai angka dari omset yang baru saja mereka dapatkan dengan susah payah, padahal ternyata profitnyapun (keuntungan) yang hanya sesaat saja. Profit yang terbilang masih kecil atau bisa dibilang masih stagnan akan menjadikan perputaran dari bisnis Anda menjadi tidak sehat atau bisa dikatakan kurang bisa berkembang dengan baik.

Jika bisnis sudah mulai berkembangpun pastinya Anda akan berfikir tentang bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan keuntungan agar bisa menjadi lebih besar lagi daripada saat ini bukan? Jika memang begitu, maka baiklah, jangan pernah untuk menyia-nyiakan energi Anda hanya karena sebuah bisnis yang ternyata tidak mampu dalam menghasilkan keuntungan apapun dalam segala kegiatan usahanya. Segera evaluasilah dan melakukan perbaikan dalam bisnis tersebut, lalu kuatkan kembali energi Anda untuk mencari strategi yang lebih tepat dan efektif dalam berupaya untuk semaksimal mungkin dalam meningkatkan keuntungan dari bisnis Anda tersebut.

Teknik-Tehnik Dalam Upaya untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Berikut ini merupakan beberapa tehnik tentang bagaimana dalam upaya untuk semakin meningkatkan keuntungan dari sebuah bisnis, yang lebih sering disebut dengan Teknik “Five Business Chasis oleh Bradley J Sugars:

1. Memperbanyak jumlah konversi.

Konversi merupakan jumlah dari prospek yang akhirnya akan membeli produk Anda. Misalnya dari 1000 prospek yang sudah pernah masuk ke toko Anda, terdapat sekitar 250 orang yang positif cukup berpotensi untuk membeli produk dari Anda. dan itu artinya bahwa konversi Anda saat ini adalah kurang lebih sekitar 25%. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menaikkan konversi tersebut? Contohnya adalah: dengan memberikan garansi, memberikan adanya sebuah jaminan untuk uang kembali, membidik sasaran yang lebih tepat, memberikan spesifikasi produk yang unik dan yang mereka butuhkan, boleh mencicil, menaikan variasi dari jumlah produk, dan lain sebagainya.

2. Memperbanyak prospek (Leads) atau dari Para Calon Pelanggan.

Adalah dari orang-orang yang sudah pernah datang atau penelepon atau hanya sekedar datang dan ingin bertanya-tanya ke tempat usaha Anda, dikarenakan adanya program promosi secara langsung atau secara tidak langsung. Caranya adalah? Dengan memasang iklan, membuka kantor cabang baru, menyebarkan selebaran brosur, mengikuti pameran dan lain sebagainya.

3. Menaikkan jumlah transaksi pembelian produk.

Jumlah transaksi merupakan seberapa banyak transaksi yang sudah pernah terjadi di toko Anda per harinya, per minggu atau bahkan untuk per bulannya. Bagaimana cara Anda dalam menaikkan jumlah transaksi tersebut? Lakukanlah berbagai macam cara agar para pelanggan Anda bisa menjadi lebih sering untuk berbelanja, misalnya dengan cara memberikan hadiah, bonus, point, voucher, member card, dan lain sebagainya.

4. Naikkan jumlah rata-rata pembelian.

Dari jumlah transaksi tersebut, maka berapa rata-rata dari transaksinya? Misalnya setiap kita berbelanja di minimarket dan akan membayar, maka pelayannya akan selalu bertanya: “sekalian isi pulsanya pak/bu?, “Mau tambah produk “A” pak mumpung lagi ada promo beli 2 dapat 3?”. Barang-barang yang sedang menjadi promo memang dengan sengaja di jejerkan di depan meja pembayaran kasir.

5. Menaikkan margin dari keuntungan dengan segala upaya untuk menambah pemasukkan dan menekan pengeluaran.

Hal seperti ini hanya dapat dilakukan jika ikatan emosi antara Anda dengan pelanggan sudah sangat kuat. Caranya adalah? Naikanlah harga terlebih dahulu, kemudian buatlah promo untuk produk yang marginnya lebih besar, terutamanya untuk jenis produk yang tidak bisa dibandingkan dengan para kompetitor, hapuskan diskon, jual kualitas dengan cara menaikkan image dari merk Anda, tingkatkan efektivitas pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dari beberapa teknik untuk dapat meningkatkan keuntungan bisnis seperti diatas, maka rancanglah dengan lebih matang tentang bagaimana cara yang paling sesuai dengan jenis produk dan dari kondisi usaha Anda sendiri. Untuk menjalankan beberapa teknik dalam meningkatkan keuntungan bisnis tersebut, maka setidaknya Anda perlu untuk memperkuat tim marketing dan tim penjual Anda. Semakin kuat tim marketing dan tim penjualan Anda, maka akan menjadi semakin besar pula laba yang akan bisa Anda dapatkan dari bisnis Anda tersebut. Terimakasih, semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda, apabila anda membutuhkan software accounting yang dapat membantu menghitung laba dari perusahaan serta pembuatan SOP finance dan accounting, dan layanan penyusunan laporan keuangan serta audit. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.