Mar 31

BEBERAPA FAKTOR YANG DIBUTUHKAN DALAM PENGEMBANGAN BISNIS DI MASA KINI

Jika kita membicarakan tentang hal-hal apapun yang berhubungan tentang bisnis, tidak menutup kemungkinan juga topik selanjutnya akan menjadi lebih mengarah tentang apa saja segala sesuatunya yang berhubungan langsung dengan berbagai faktor-faktor yang semakin lebih banyak dalam mempengaruhi bisnis tersebut, apakah bisnis tersebut akan mampu untuk berjalan dengan baik atau tidak, mulai perwujutan dari ide-ide bisnis itu sendiri, lebih terfokus dalam bidang apakah bisnis tersebut akan dijalankan sampai dengan penentuan lokasi usaha yang lebih strategis mana yang nantinya akan dipilih untuk memulainya.

Agar proses berbisnis dapat berjalan dengan lebih baik, maka segala informasi dari berbagai bidang yang mampu memberikan berbagai informasi tentang resiko dari bisnis. Dengan berbagai pemahaman tersebut maka akan dapat disadari bahwa proses bisnis hanya dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien, apabila informasi dari berbagai aspek atau bidang tersebut diyakini ada manfaatnya bagi kelancaran dari berbagai aktivitas bisnis.

Banyak diantara bisnis yang telah dijalankan oleh orang-orang yang masih belum memiliki pemahaman dan pengalanan yang mencukupi tentang bidang bisnis yang sedang mereka jalankan. Padahal sebenarnya kegagalan dalam berbisnis juga sangat ditentukan oleh pihak-pihak yang akan mengelola bisnis tersebut.

Beberapa faktor-faktor penting yang begitu berpengaruh besar terhadap keberhasilan atau kegagalan dari sebuah bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis yang sedang dijalankan.

Sebelum Anda akan memutuskan untuk mulai berbisnis, maka terlebih dahulu Anda harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang bidang bisnis yang ingin Anda jalankan tersebut. Pengetahuan tentang bisnis ini tentunya sangatlah penting karena dengan cara memahami bisnis seperti apa dan bagaimana bisnis tersebut akan Anda jalankan setidaknya anda masih dapat mengontrol segala hal yang berhubungan langsung dengan bisnis tersebut.

Jika Anda hanya sekedar asal-asalan saja dalam memilih bidang bisnis dan Anda sendiri tidak memiliki sedikitpun pengetahuan tentang bisnis yang sedang Anda jalankan. Meskipun sebenarnya Anda masih memiliki modal yang besar, maka dalam waktu yang relative lebih singkat Anda akan segera mengalami kegagalan bisnis. Dasar-dasar pengetahuan seputar bisnis yang ingin dijalankan akan menjadi jalan keluar terbaik bagi Anda dalam menghadapi berbagai hambatan dan rintangan untuk menuju kesuksesan yang bisnis sesungguhnya.

2. Faktor Permodalan.

Modal merupakan salah satu hal terpenting bagi keberlangsungan dari bisnis yang akan dijalankan. Terkadang kegagalan dalam berbisnis ini seringkali terjadi pada permasalahan permodalan yang dimiliki. Jika modal masih sangat cukup, maka bisnis tersebut akan bisa berjalan dengan lebih maksimal, namun apabila permodalan dalam berbisnis tersebut masih sangat kurang, bahkan tidak ada sama sekali. Maka tentu saja hal seperti ini akan bisa menjadi suatu penghalang utama dalam menjalankan bisnis tersebut.

3. Faktor Kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia).

Jika Anda memang sedang menjalankan sebuah bisnis yang lebih besar dan memiliki kualitas SDM-SDM terbaik dalam internal perusahaan Anda, maka tentu saja bisnis Anda akan bisa berjalan dengan lebih baik. Kualitas SDM terbaik akan mampu mengontrol segala jenis aspek-aspek bisnis Anda, seperti halnya keuangan atau yang lebih bersifat secara administratif. Selain itu SDM yang berkualitas baik juga akan bisa semakin meningkatkan penjualan dan profit bagi perusahaan.

Namun apabila kualitas SDM sangat rendah, maka secara pengontrolan administrasi dan keuangan milik perusahaan akan menjadi semakin kacau, bahkan bisa saja menyebabkan terjadinya tindak kecurangan oleh para karyawannya.

Dari sinilah peran penting dari manajemen tertinggi perusahaan memang sangatlah dibutuhkan agar bisa mengontrol segala aktivitas karyawan dan berjalannya proses produksi perusahaan. Segala hal yang berhubungan langsung dengan proses bisnis harus lebih diperhatikan agar kegiatan operasional dan administrasi bisa tetap berjalan dengan baik. Sedikit saja terjadinya kelalaian dari manajemen tertinggi perusahaan akan bisa berakibat sangat fatal, yaitu terjadinya kegagalan dalam bisnis tersebut.

4. Faktor Proses Pemasaran dan Penjualan Produk.

Pemasaran dan penjualan dari hasil proses produksi perusahaan akan bisa menjadi penentu utama dari keberhasilan atau kegagalan dari sebuah bisnis. Jika proses pemasaran dan penjualan produk perusahaan semakin tinggi, maka profit yang mampu dihasilkan oleh perusahaan juga akan menjadi lebih besar dan modal akan menjadi semakin bertambah.

Pertambahan modal seperti inilah yang sebenarnya masih bisa digunakan oleh pengelola bisnis untuk proses pengembangkan usahanya. Namun jika penjualan perusahaan sangat rendah, maka tentu saja perusahaan akan mengalami kerugian dan permodalan akan menjadi semakin menipis. Terlalu sedikitnya modal yang dimiliki oleh perusahaan tersebut bisa saja mejadi tanda-tanda awal dari kegagalan bisnis yang sedang dijalankan.

5. Faktor kekuatan mental berbisnis.

Sebagai seorang pengelola bisnis Anda akan selalu dituntut untuk memiliki mental yang sekuat baja, sehingga Anda akan bisa tetap bertahan ketika Anda sedang mengalami kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Kegagalan dalam berbisnis seringkali terjadi ketika perusahaan sedang menghadapi berbagai permasalahan dan pengelola utama dari perusahaan bermental sangat rendah, sehingga mereka lebih cenderung hanya pasrah dan menyerah dalam menghadapi berbagai permasalahan seputar kesulitan bisnis tersebut. Seharusnya ketika perusahaan sedang mengalami proses kemunduran, maka pada saat itulah seorang pengelola bisnis sangat dituntut untuk lebih bermental baja yang lebih kuat agar tetap mampu berpikir dengan positif dalam menghadapi situasi dan kondisi yang cukup menyulitkan tersebut.

6. Faktor perencanaan yang lebih matang untuk menjalankan strategi bisnis selanjutnya.

Sebelum menjalankan sebuah bisnis, setidaknya Anda harus bisa merencanakan terlebih dahulu bisnis apa yang akan Anda jalankan. Bagaimana cara Anda dalam memulai bisnis tersebut dan langkah seperti apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkannya agar bisa menjadi perusahaan yang lebih besar lagi.

Dalam hal proses perencanaan bisnis, salah satu hal terpenting dari yang paling penting dan yang dapat mempengaruhi bagaimana sukses atau tidaknya sebuah bisnis adalah dari pemilihan lokasi bisnis, apakah lokasi dari bisnis tersebut sudah benar-benar strategis? Apakah lokasi tersebut termasuk lokasi yang tepat sehingga kemungkinan besar akan bisa sukses jika bisnis menempati lokasi tersebut? Pertimbangkanlah beberapa pertanyaan tersebut, karena lokasi bisnis juga termasuk sangat menentukan apakah bisnis Anda akan bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Sebaik apapun harga dari produk yang ingin Anda tawarkan, seperti apapun produk yang ingin Anda jual, namun jika sejak dari awal sudah salah dalam memilih lokasi untuk memulai bisnis, maka segala sesuatu yang selama ini sudah Anda rencanakan dan sudah dipersiapkan dengan sangat matang hanya akan menjadi sia-sia saja. Maka dari sinilah terdapat adanya koneksi yang begitu kuat antara proses berbisnis dengan upaya penentuan lokasi terbaik untuk menjalankan sebuah bisnis.

Semoga penjelasan yang singat ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, khususnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis baru. Semoga artikel di atas membantu pembaca, apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas, atau membutuhkan pendampingan dalam set up bisnis baru, membuat SOP perusahaan, membutuhkan software accounting dan sebagainya silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.