Jul 01

BEBERAPA BISNIS RITEL MODERN YANG SEDANG BERKEMBANG SAAT INI BERDASARKAN CIRI-CIRI TERTENTUNYA

Berbisnis ritel terutamanya adalah jenis ritel modern merupakan bentuk aktivitas bisnis yang lebih banyak melibatkan penjualan barang-barang secara langsung kepada para konsumen akhir. Pada perkembangannya, untuk saat ini bisnis ritel modern di Indonesia sudah mulai melakukan berbagai transformasi dari jenis bisnis ritel yang awalnya masih bersifat tradisional untuk menuju kepada jenis bisnis ritel modern. Perkembangan dari jenis bisnis ritel modern di Indonesia yang sudah semakin banyak pada hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Dan hal itu memang sudah dapat terlihat dari semakin banyaknya toko-toko ritel modern yang telah membuka cabangnya pada berbagai wilayah di Indonesia.

Jenis perusahaan ritel modern secara umum dapat dikategorikan berdasarkan ciri-ciri tertentu berikut, yaitu:

1. Toko Diskon (Discount Stores).

Merupakan jenis toko ritel modern pengecer yang menjual berbagai macam jenis barang-barang kebutuhan dengan harga yang sedikit lebih murah dan mampu memberikan pelayanan minimum.

2. Toko Khusus (Speciality Stores).

Adalah sejenis toko eceran yang telah menjual barang–barang dari jenis lini produk tertentu saja yang lebih bersifat spesifik.

3. Departemen Stores.

Adalah sejenis toko eceran yang berskala lebih besar dengan cara pengelolaannya yang telah terpisah-pisah dan sudah terbagi menjadi bagian-bagian dari departemen–departemen yang telah menjual bermacam-macam jenis barang-barang yang juga berbeda–beda.

4. Toko Swalayan (Convenience Stores).

Berupa pengecer yang telah menjual jenis dari item-item produk yang lebih terbatas, dan bertempat yang lebih nyaman dengan jam buka yang jauh lebih panjang.

5. Toko Katalog (Catalog Stores).

Merupakan suatu jenis toko yang lebih banyak untuk memberikan berbagai informasi produk melalui media katalog yang telah dibagikan terhadap para konsumen yang lebih potensial untuk membelinya.

6. Toko Cabang (Chain Stores).

Merupakan pihak pengecer yang memiliki lebih dari satu gerai dan sudah dimiliki oleh perusahaan yang sama.

7. Supermarket.

Merupakan jenis toko eceran yang telah menjual berbagai macam jenis produk makanan dan juga sejumlah kecil dari produk non-makanan dengan sistem konsumen yang melayani dirinya sendiri dari (toko swalayan).

8. Hypermarkets

Merupakan sejenis toko eceran yang menjual berbagai jenis barang-barang kebutuhan dalam jumlah yang sangat besar atau bisa lebih dari 50.000 item dan sudah mencakup banyak sekali jenis produk. Hypermarket merupakan gabungan antara retailer toko diskon dengan jenis hypermarket.

9. Minimarket.

Merupakan sejenis toko kelontong modern yang menjual segala macam jenis barang dan makanan, namun juga tidak sebesar dan selengkap seperti halnya supermarket dan hypermarket. Namun untuk jenis minimarket juga sudah menerapkan sistem seperti swalayan.

Terdapat tiga hal pokok yang harus lebih diperhatikan dalam menjalankan jenis usaha toko ritel modern, yaitu:

1. Dalam berbisnis ritel modern, orang-orang yang ingin membuka toko ritel modern tidak bisa selalu melakukan segala pekerjaan tersebut sendirian, maka dari itu dibutuhkan adanya seorang manajer yang lebih handal dan cukup mampu dalam mengerjakan pekerjaannya sesuai dengan ekspektasi dari pengusaha.

2. Harus ada konsep yang lebih jelas dan lebih terarah tentang jenis usaha ritelnya seperti apa dan dengan menggunakan sistem yang lebih bagus baik dalam hal manajemen maupun yang berasal dari rantai produksi agar bisa dipastikan sampai langsung ke tangan para konsumen. Selain itu perusahaan juga harus memiliki sistem penjualan yang lebih efektif dan cukup efisien, terutamanya adalah dalam hal mempromosikan agar pesan dari brand Anda dapat tersampaikan dengan lebih baik kepada para calon konsumen.

3. Yang terakhir adalah memperhatikan harga dari suatu produk ritel modern harus tetap dijaga agar tetap dapat menjadi lebih kompetitif, dan tidak sampai terpaut jauh dengan yang berada di pasaran. dan para pengusaha juga harus mampu untuk mengisi celah atau dengan cara-cara yang belum pernah terpikirkan untuk dimanfaatkan oleh para kompetitor atau para pesaing lainnya. Mereka harus mampu dalam melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan tersebut dengan lebih baik dan mendapatkan hasil yang juga baik pula.

Itulah sedikit penjelasan singkat seputar beberapa kategori dari jenis-jenis bisnis ritel modern yang sedang berkembang saat ini berdasarkan dari ciri-ciri tertentunya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila anda membutuhkan informasi terkait artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam mendirikan Ritel modern atau grosir modern, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke kami 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.